Cara Merawat Printer Canon Ip 2770 Agar Awet dan Tahan Lama

Cara merawat printer dengan benar merupakan salah satu faktor yang membuat barang ini awet dan bertahan cukup lama daripada yang lainnya. Sudah menjadi hukum alam, sesuatu benda akan bisa bertahan lebih lama apabila dijaga dan dirawat dengan benar. Begitu juga dengan benda yang satu ini. Printer merupakan perangkat komputer yang juga apabila dirawat akan bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Lalu bagaimana cara merawat printer yang benar ? Ikuti selengkapnya di bisakomputer.id berikut ini.


Banyak orang mungkin mengeluhkan termasuk juga anda mengalaminya. Printer yang dibeli dan digunakan cepat sekali rusak. Ini sebenarnya perlu dicek terlebih dahulu, apa benar yang dimaksud "rusak" adalah tidak berfungsi sama sekali, atau rusak dalam arti hanya beberapa bagian saja yang eror seperti tidak ada tulisan eror ketika ngeprint, tinta tidak keluar, dan sejenisnya. Dan sebenarnya tidak semua kerusakan membutuhkan service total. Nah dengan mengetahui cara merawat printer yang benar anda bisa mengatasi hal - hal yang mungkin terjadi selama ini pada anda.

Cara Merawat Printer Canon ip 2770 


Mungkin anda juga tahu printer fenomenal ini. Ip 2770 sampai saat ini masih memiliki peminat yang cukup banyak. Selain fungsinya hanya sebagai printer, jenis Ip 2770 juga sangat mudah dimodifikasi seperti dijadikan printer infus dan juga paling mudah perawatannya. Namun anda yang memiliki jenis printer lain tidak perlu khawatir karena langkah - langkah perawatan printer canon ip 2770 bisa anda terapkan pada semua jenis printer.

1. Jangan diamkan printer dalam waktu yang sangat lama

Tips cara merawat printer yang pertama adalah selalu gunakan printer anda secara berkala. Ketika anda mendiamkan printer dalam waktu yang sangat lama. Mulut semprot pada "Cartridge" lama kelamaan akan mengering karena terkena udara panas dan dingin setiap hari. Hal ini jelas akan menghambat jalannya tinta yang keluar ketika printer digunakan. Akibatnya tinta printer tidak keluar. Hal ini oleh kebanyakan orang dikatakan "Rusak"

Oleh karena itu, selalu gunakan printer secara berkala. Walaupun anda tidak akan menggunakannya untuk kebutuhan anda. Tapi setidaknya gunakan printer tersebut untuk mencetak selembar atau dua lembar tulisan agar mulut semprot pada Cartridge tidak mengeras.

2. Jangan paksakan printer diluar batas kemampuan

Menggunakan printer diluar kemampuan bukan merupakan tindakan yang benar. Bahkan bisa jadi membuat printer anda rusak dalam seketika. Oleh karena itu, tips cara merawat printer yang kedua adalah gunakan printer dengan cara yang benar. Ip 2770 termasuk printer yang cukup tangguh. Meskipun demikian apabila anda gunakan nonstop tanpa henti. Pasti akan rusak juga.

Cara menggunakan printer yang benar adalah maksimal 30 lembar dalam sekali proses cetak. Kemudian biarkan printer istirahat beberapa menit kemudian barulah anda bisa memulai lagi untuk mencetak. Bila ini tidak anda perdulikan, saya yakin setangguh apapun printer anda, maka akan tumbang juga.

3. Lakukan "Cleaning" printer secar berkala dan jangan terlalu berlebihan

Bagi anda yang sudah sering menggunakan printer, mungkin sudah mengetahui teknik maintenance printer yang satu ini. Cleaning printer biasanya dilakukan ketika tinta yang dikeluarkan kurang lancar shingga timbul garis - garis atau tebal dan tipis tidak sama pada tulisan. Nah hal ini dapat diatasi salah satunya dengan cara clenaing printer.

Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam melakukan ini. Karena pada dasarnya mulut penyemprot akan dibersihkan kemudian printer akan menyedot tinta dan mengeluarkannya pada saat proses cleaning dilakukan. Jika anda terlalu sering dan berlebihan dalam melakukan ini. Ini justru akan merusak printer anda karena mulut penyemprot akan panas dan akhirnya rusak. Jadi tip cara merawat printer dengan cleaning usahakan seperlunya saja.

4. Sesekali waktu lakukan cara maintenance ini

Bukalah lembar kerja microsoft Word, buatlah bulatan atau kotak dengan menggunakan insert auto shapes. Buatlah lingkaran dengan diameter kurang lebih 2 cm sejumlah 4 buah. Warnai masing- masing bulatan tersebut dengan warna, merah, hitam, hijau dan kuning. Setelah itu, cetaklah dengan kualitas paling tinggi. Hal ini akan membuat printer bekerja maksimal yang kemudian akan berdampak pada lancarnya proses printing anda.

Untuk cara merawat printer infus tidak juga terlalu berbeda dengan 4 cara yang sudah kita bicarakan. Hanya saja ada beberapa point yang cukup penting. Yaitu selalu cek tinta pada tabung jangan sampai tinta pada tabung ke dua kosong tanpa anda ketahui. Hal ini akan membuat selang tinta terisi angin dan ini akan membuat Cartrodge printer kehabisan tinta dan akhirnya mengering apabila dibiarkan terlalu lama.

Baca juga : Sejarah printer komputer lengkap

Silahkan anda praktekan pada printer anda dan rasakan bedanya. Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kepada anda di kesempatan ini, semoga cara merawat printer ini bisa bermanfaat untuk anda.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon