Cara Memperbaiki Printer Canon IP 2770 Tinta Tidak Keluar

Printer bermasalah adalah hal yang paling menjengkelkan, apalagi jika Anda sedang tergesa-gesa. Masalah yang paling sering terjadi pada printer adalah tinta macet sehingga hasil cetakan tidak sempurna atau bahkan tidak keluar sama sekali. Apabila Anda menggunakan printer Canon IP 2770 dan mendapati masalah yang sama, ketahui cara memperbaiki printer Canon IP 2770 tinta tidak keluar. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Printer IP2770 Tinta Macet


Sebelum membahas tentang cara memperbaiki masalah tinta macet pada printer, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab tinta tidak keluar, terutama tinta berwarna hitam. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang paling sering menyebabkan tinta printer tidak keluar : 

cara memperbaiki printer Canon IP 2770 tinta tidak keluar


1. Terlalu Banyak Mencetak

Printer yang dipaksa untuk mencetak terlalu banyak ternyata berpotensi menimbulkan masalah, salah satunya tinta hitam yang tidak keluar. Untuk printer Canon IP 2770, batas maksimal pencetakan adalah 50 lembar dalam sekali cetak. Jika ingin mencetak lebih dari jumlah tersebut, disarankan untuk dibagi menjadi beberapa kali cetak. Istirahatkan printer minimal 1 menit sebelum cetakan selanjutnya. 

2. Terlalu Lama Tidak Dipakai

Sebaliknya, printer yang terlalu lama didiamkan dan tidak dipakai juga bisa mendatangkan masalah. Jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama, tinta akan mengering. Lama kelamaa, nozzle head akan tertutup sehingga menyebabkan printer Canon IP2770 tidak keluar tinta. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan rutin agar printer dapat berfungsi optimal, misalnya mencetak minimal 1 lembar per minggu.

Baca juga : Langkah mudah mengatasi hasil cetakan printer bergaris

Apabila printer terlanjur mengalami masalah macet tinta, Anda perlu mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan dalam memperbaiki tinta macet pada printer Canon IP 2700. Cobalah cara yang pertama terlebih dahulu. Apabila tidak efektif, beralihlah ke cara kedua. 

1. Cara pertama

Cara ini merupakan penanganan ringan dari masalah tinta hitam tidak keluar. Ikuti langkah-langkah berikut ini : 
  • Lepaskan cartridge dengan hati-hati. 
  • Tempelkan tisu pada ujung kepala cartridge untuk mengecek apakah tinta tidak keluar. 
  • Jika tisu dalam keadaan bersih, berarti tinta tidak keluar. Anda perlu membersihkan kepala cartridge. 
  • Ambil head cleaner dan teteskan pada ujung cartridge. 
  • Diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan tisu. Cek apakah tinta sudah keluar. Jika belum, lakukan cara kedua. 
2. Cara kedua

Cara mengatasi printer IP2770 tinta tidak keluar yang selanjutnya merupakan penanganan lanjutan apabila cara pertama tidak berhasil. Sebelumnya, pastikan Anda telah menjalankan cara pertama terlebih dahulu. Jika benar-benar tidak efektif, ikuti langkah berikut ini : 
  • Persiapkan alat dan bahan yang meliputi air hangat, mangkuk dan tisu. 
  • Masukkan air hangat ke dalam mangkuk dengan ketinggian sekitar 1 cm untuk merendam cartridge. 
  • Lepaskan cartridge dari printer kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Pastikan chip dan lubang tinta tidak terendam. 
  • Lakukan perendaman selama 5 hingga 10 menit dan jaga agar air tetap dalam kondisi hangat.
  • Angkat cartridge dan bersihkan menggunakan tisu hingga kering. 
  • Bila diperlukan, jemur cartridge atau keringkan dengan hair dryer. 
  • Jika Anda yakin cartridge telah benar-benar kering, pasang kembali pada printer. Jangan memasang cartridge yang belum kering meskipun sisa air tinggal sedikit karena bisa merusak board printer. 
  • Lakukan cleaning printer dan coba untuk mencetak dokumen. Apabila cara ini juga belum efektif, Anda bisa menggunakan toolkit printer dari Canon yang bisa didapatkan di toko komputer.
Sebenarnya Printer seri IP2770 merupakan jenis printer ink jet yang cukup mudah diperbaiki. Simpel dan juga cara merawatnya pun mudah sekali. Seperti yang sudah kita bahas pada postingan cara merawat printer canon ip 2770 pada waktu yang telah lalu. Silahkan anda coba solusi yang sudah kita pelajari bersama di sini, semoga masalah anda bisa teratasi. 

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Printer Canon IP 2770 Tinta Tidak Keluar"