Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon yang Bergaris

Sekarang ini, printer memang sangat penting untuk kebutuhan semua kalangan. Tapi jika printer rusak seperti ngadat, kepentingan kita bisa terhambat. Sebenarnya cara memperbaiki cartridge printer canon yang bergaris tidak terlalu sulit dan Anda bisa melakukannya sendiri. Printer adalah alat pencetak. 

Mulanya hanya sebuah file microsoft word atau gambar dan data lainnya, dengan dicetak menggunakan printer, data tersebut sudah tercetak di kertas. Bagi mahasiswa, kebutuhan akan barang elektronik bernama printer ini sangat penting. Mahasiswa adalah orang yang paling sering ke tempat fotokopi, terutama saat skripsi, untuk itulah mempunyai printer sendiri di rumah itu sangat penting. 

Penyebab Hasil Cetakan Printer Bergaris

Akibat dari printer yang rusak, hasil printer canon bergaris tidak akan jelas untuk dibaca. Belum lagi jika tintanya keluar terlalu banyak hingga hasil cetakannya sama sekali tidak bagus. Jika Anda telah menemukan hasil cetakan yang bergaris, lebih baik Anda segera melakukan perbaikan pada printer. 

cara memperbaiki cartridge printer canon bergaris


Di mana ada kerusakan, di situlah pasti ada penyebabnya. Tidak mungkin hasil printer menjadi bergaris jika tidak ada penyebab yang menyertainya. Berikut beberapa penyebab hasil cetakan printer bergaris : 
  1. Jika hasil cetak printer yang bergaris, biasanya karena tintanya menggumpal ataupun kotor, sehingga tidak bekerja sesuai apa yang seharusnya berjalan. 
  2. Apabila koneksi printer dengan mengandalkan user komputer yang menggunakan selang infus, cetakan yang bergaris atau tidak jelas diakibatkan karena terdapat penyumbatan pada selang, atau selang menjadi kotor. Sehingga saluran tintanya tidak mengalir dengan optimal. 
  3. Karena encouder yang kotor. Encouder adalah sensor printer yang terletak di belakang cartridge yang terbuat dari bahan plastik seperti mika, bentuknya persegi panjang yang membentang dari ujung kanan printer hingga ke ujung kiri. Jika encouder ini kotor dan terkena cipratan tinta, hasil cetakannya pasti bergaris-garis. 
  4. Dan yang terakhir, penyebab cetakan bergaris-garis juga diakibatkan karena kerusakan atau kelemahan dari head cartridge sehingga tidak dapat mencetak secara optimal dan membuat hasil cetakannya bergaris-garis. 
Baca juga : Cara simpel merawat Printer Canon ip2770

Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Canon Bergaris Sendiri


Jika mengetahui hal tersebut, Anda sebagai pemilik printer atau orang yang memiliki usaha fotokopi harusnya menjaga dan merawat kebersihan printer agar tidak mudah rusak dan hasil cetakannya juga bagus, usaha Anda pun juga lancar. Jika sudah seperti itu, apabila printer bergaris-garis, berikut adalah cara mengatasi hasil cetakan printer canon bergaris yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah : 
  1. Tinta jenis infus yang salurannya tersumbat, dapat dilakukan pembersihan dengan menggunakan dumper yang membantu melancarkan aliran tinta kembali.
  2. Cartridge yang rusak menjadi penyebab utama dari hasil cetak printer yang bergaris-garis, untuk itulah dianjurkan untuk mengganti cartridge lama dengan yang baru atau mengubah pengaturan printer menjadi high quality agar tidak ada hasil yang bergaris-garis. 
  3. Encouder yang kotor dapat Anda bersihkan secara perlahan dan penuh kehati-hatian dengan menggunakan tisu yang bertekstur halus. Atau jika Anda mau, cabut sementara enoudernya untuk direndam dalam air bersih. 
  4. Jika tinta printer yang menggumpal, Anda bisa mencopot sementara cartridge nya kemudian direndam dengan menggunakan air alkohol. Lalu, Anda bisa sedot tinta pada cartridge. 
Bagaimana, mudah bukan cara memperbaiki cartridge printer canon yang bergaris? Anda tidak perlu datang ke tempat service untuk memperbaiki kerusakan kecil tersebut. Tapi, apabila Anda masih ragu, lebih baik datang ke tempat service agar ditangani oleh yang ahli.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki Cartridge Printer Canon yang Bergaris "