Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Dan Excel Dengan Berbagai Cara

Cara menyimpan dokumen yang sudah kita buat, baik pada Microsoft Word atau juga pada Microsoft Excel merupakan hal yang seharusnya kita tahu. Sebab apabila kita tidak bisa menyimpan dokumen, ketika pekerjaan kita selesai akan hilang begitu saja apabila komputer dimatikan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, kita akan sedikit belajar hal yang paling dasar dalam Ms Word dan Excel yaitu bagaimana cara menyimpan dokumen yang sudah selesai kita buat.

Dalam Microsoft Office baik itu Word, Excel dan juga Power Point yang sudah kita pelajari tempo hari, terdapat banyak menu – menu pada tool bar, Quick Access, Ribbon dan lain sebagainya. Salah satu menu yang paling penting yaitu icon bergambar disket komputer yang berfunsi untuk menyimpan dokumen. Itulah “Save” dan “Save As”. Lalu bagaimana cara menggunakannya atau cara menyimpan dokumen pada kedua software tersebut. Yuk kita pelajari selengkapnya.

Baca lagi : Bagian - bagian Microsoft Word dan Fungsinya

Cara menyimpan dokumen pada Microsoft Word


Di sini saya gunakan Ms Office 2007, jadi kita akan mencoba untuk belajar bagaimana cara menyimpan dokumen pada microsoft word 2007. Namun sebelumnya, kita harus membuat dokumen pada lembar kerja word yang kemudian akan kita simpan. Berikut langkah – langkahnya

1. Nyalakan komputer anda
2. Jalankan program Microsoft Word yang ada di komputer anda
3. Buatlah sebuah dokumen, terserah mau berupa tulisan atau insert gambar. Jika anda belum bisa maka cobalah untuk belajar mengetik satu atau dua kalimat saja.

Nah selanjutnya mari kita simpan, dokumen tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyimpan dokumen. Pertama kita gunakan Office Buton.

1. Klik pada logo office, kemudian klik “save” (ikon gambar disket)

Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Dan Excel

2. Kemudian pilihlah lokasi (direktori) dimana anda akan meltekkan file tersbut, kemudiak beri nama file, lalu klik “Save”

Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Dan Excel

Nah sekarang dokumen anda sudah tersimpan di komputer anda. Cara ke dua dengan mengeklik icon “save” bergambar disket pada menu Quick Access, dan kemudian ikuti perintah seperti diatas.

Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Dan Excel

Cara lain yaitu dengan menggunakan tombol keyboard anda. Untuk melakukan save atau menyimpan file anda bisa tekan tombol “Ctrl + S”. Itu adalah tombol rahasia keyboard untuk melakukan perintah menyimpan file.

Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Excel


Sepertinya, saya tidak akan membahas tentang bagaimana cara menyimpan file dokumen pada microsoft Excel. Mengapa demikian ?

Karena cara menyimpan dokumen pada microsoft excel sama persis dengan cara menyimpan dokumen microsoft word 2007. Sama sekali tidak ada bedanya. Jadi tidak usah dibahas yah. Sedikit tambahan mengenai perbedaan “Save” dan “Save As”.

Mengapa ada dua jenis perintah menyimpan, dan apa perbedaannya ?

“Save” digunakan untuk menyimpan dokumen pertama kali, dan untuk menyimpan kembali dokumen yang sedang kita edit pada tempat (direktori) dan dengan nama yang sama serta extensi file yang sama.

Sedangkah “Save As” digunakan apabila anda akan menyimpan dokumen yang sedang anda edit dengan nama file atau extensi file yang berbeda meskipun isinya tetap sama.

Baca Juga : Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya Lengkap

Nah, kurang lebih demikian. Sangat mudah bukan ? Sekian dan semoga bermanfaat. Simak terus tutorial belajar komputer microsoft Word dan Excel hanya di bisakomputer.id

Jangan lewatkan :

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Dan Excel Dengan Berbagai Cara"