Sabtu, 19 Januari 2019

7 Cara Mudah Mengatasi Komputer Lemot


Komputer lemot memang cukup menyebalkan, apalagi untuk anda yang sedang dikejar dead line pekerjaan. Tentu saja hal ini dapat menghambat anda dalam menyelesaikannya. Namun tahukah anda mengapa komputer bisa menjadi lemot ? Ada cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan komputer menjadi lemot atau lambat. Berikut ini bisa komputer akan mencoba membahas bagaimana mengatasi komputer lemot dengan tips yang mudah. 

Ada banyak sekali kemungkinan yang bisa menyebabkan satu komputer menurun kinerjanya. Salah satu yang pasti adalah masa atau umur komputer itu sendiri. Contoh anda menggunakan pentium 4 pada saat ini tentu anda akan mengatakannya sangat lemot. Padahal komputer berjalan normal, namun memang kemampuannya yang hanya sampai pada batas tersebut. 

cara mengatasi komputer lemot

So, kita akan membicarakan diluar kemampuan itu. Komputer dengan spek yang seharusnya bisa berjalan cepat, namun ternyata jalannya sangat lemot. Nah, inilah yang akan menjadi bahasan kita pada kesempatan ini. Oke, langsung saja, inilah beberapa langkah yang bisa coba anda aplikasikan untuk mengatasi masalah ini. 

Cara Mengatasi Komputer Lemot


Kinerja komputer secara umum ditentukan oleh dua macam perangkat di dalamnya, yaitu software atau perangkat lunak, dan juga hardware atau perangkat keras komputer. Lalu, apa yang harus kita lakukan. 

1. Hapus Program Yang Tidak Pernah Anda Gunakan

Coba periksa program atau software yang terpasang di komputer anda. Apakah diantara sekian banyak program tersebut ada diantaranya yang tidak pernah anda gunakan ? Jika iya, list porgram tersebut dan hapus (uninstall) dari komputer anda. Terlebih lagi apabila software tersebut memiliki kapasitas cukup besar. Hal ini akan memenuhi memory system dan akhirnya secara tidak langsung dapat membuat komputer menjadi lemot. 

Baca : Cara uninstall program komputer dengan mudah

2. Bersihkan Hardisk Dari Sampah Komputer

Setiap kali komputer kita gunakan maka secara otomatis akan meninggalkan file samoah yang sering disebut dengan istilah “cache” atau file registry. Apabila hal ini berlangsung dalam waktu lama, maka bisa membuat komputer menjadi lemot karena beban kinerjanya bertambah. Walaupun file ini berukuran kecil, namun tetap saja akan lebih baik dibuang atau dihapus. 

Baca : Cara membersihkan sampah komputer

3. Periksa Lisensi Sistem Operasi Komputer Anda

Sekarang ini cukup banyak software bajakan beredar, termasuk juga Operating System atau Sistem Operasi komputer yang merupakan perangkat lunak komputer induk yang paling dasar dan sangat penting pada komputer kita. Berdasarkan pengalaman saya, ternyata ketika masa trial habis, atau sistem minta aktivasi komputer terasa lemot. Dari sini saya bisa berpendapat, bahwa hal ini termasuk menjadi penyebab komputer menjadi lemot. Oleh sebab itu, usahakan melakukan aktivasi dengan cara yang sah. 

4. Scan Virus Komputer

Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya adalah dengan menginstall atau mengupdate / aktivasi antivirus di komputer. Sangat bersar kemungkinan, lemot pada komputer disebabkan oleh infeksi virus komputer yang tidak kita ketahui. Terlebih lagi apabila komputer kita selalu terhubung dengan jaringan internet. Akan sangat mudah sekali terinfeksi apabila kita tidak teliti. Oleh sebab itu, software yang harus aktif dengan baik dan selalu siap startup adalah Antivirus komputer.

5. Defrag Hardisk

Point ini berkaitan juga dengan langkah menghapus sampah komputer. Defrag merupakan proses penataan kembali file – file di komputer yang acak karena aktifitas kita membuka dan menutup file secara terus menerus setiap harinya. 

Ibarat perpustakaan, apabila kita mengambil buku kemudian mengembalikannya sembarangan, secara ototmatis keesokan harinya kita tentu kesulitan menemukan buku itu kembali. Proses fragmentasi hardisk akan membuat file tertata kembali dengan urut. Sehingga ketika kita akses, sistem akan dapat dengan mudah menemukannya. 

6. Seting Startup Program

Apa itu startup ? Yaitu sebuah sistem pada komputer yang memungkinkan kita untuk mengaktifkan (menjalankan) program bersamaan dengan proses booting sistem operasi. Jika program yang di start up terlalu banyak, secara otomatis akan membuat komputer lemot pada saat pertama kali dinyalakan. Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi komputer yang lemot pada saat booting adalah dengan meminimalkan program di sistem startup 

7. Tambah Kapasitas RAM

Mungkin hal ini juga perlu anda coba lakukan untuk mengatasi komputer yang lemot. Bisa jadi memory akses di komputer anda overload karena kapasitasnya yang kecil. Coba cek berapa kapasitas RAM komputer anda, dan cobalah anda tambah atau anda ganti dengan kapasitas yang lebih besar, musalkan dua kali lipat. 

Itulah beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan sebagai upaya mengatasi komputer lemot. Mungkin ada beberapa cara lagi yang bisa anda lakukan seperti menonaktifkan visual efek, menggunakan tema basic dan sejenisnya. Mungkin sampai di sini saja tips kali ini, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan selamat mencoba. Semoga berhasil !

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon