Perangkat Lunak Komputer, Macam, Contoh & Fungsinya Lengkap

Perangkat lunak komputer merupakan satu bagian atau komponen komputer yang harus ada agar komputer bisa digunkan sebagaimana mestinya. Lalu, sudah tahukah anda apa itu perangkat lunak ? Kalau belum, kebetulan sekali karena Bisa Komputer di kesempatan ini akan mengulas secar khusus mengenai bahasan penting ini yaitu tentang macam - macam perangkat lunak, fungsi dan juga contohnya. So, jangan kemana - mana dan teruskan membaca. Okey !

Komputer adalah kebutuhan pokok bagi manusia modern. Komputer terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras komputer disebut juga dengan istilah hardware. Yaitu perangkat komputer yang memiliki wujud yang nyata. Sedangkan perangkat lunak komputer, disebut dengan software. Yaitu sebuah perangkat yang tidak bisa kita sentuh dengan tangan kita, namun bisa kita lihat, perangkat ini berbentuk digital yang bisa kita manfaatkan ketika menggunakan komputer.

perangkat lunak komputer

Ada banyak pengertian perangkat lunak komputer. Singkatnya, perangkat lunak komputer adalah perangkat di dalam komputer yang dirancang khusus untuk program komputer, data digital, dan beragam informasi yang bisa diakses, diubah, dibaca, dan ditulis dalam bentuk digital. Dalam pembuatannya, sistem perangkat lunak komputer membutuhkan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman ini dirancang oleh para ahli di bidang informatika, terutama pemrograman. Bahasa pemrograman tersebut kemudian dikompilasikan dengan aplikasi komputer dan menghasilkan serangkaian kode yangakan dikenali oleh perangkat keras komputer.

Macam-macam perangkat lunak komputer


Ada banyak sekali jenis dan macam perangkat lunak komputer, namun kita bisa mempelajarinya dengan mengenal beberapa jenis atau kategori perangkat lunak bedasarkan fungsinya. Berikut beberapa mcam perangkt lunak dan fungsinya yang hampir ada di semua komputer.

1. Perangkat Lunak Sistem

Sistem operasi atau operating system adalah salah satu perangkat lunak yang bisa dikatakan “jantung” dari komputer. Tanpa adanya sistem operasi, perangkat lunak komputer tidak bisa dijalankan. Begitu pula dengan perangkat keras komputer yang tidak bisa dioperasikan. Sehingga, memiliki suatu sistem operasi di dalam sebuah komputer sangatlah penting untuk mendukung beroperasinya komputer.

Baca juga : Mengenal BIOS sistem pada komputer

2. Perangkat Lunak Aplikasi

Jika perangkat lunak sistem operasi adalah “jantung” dari sebuah komputer, maka perangkat lunak aplikasi adalah “organ” di dalam komputer. Adanya perangkat lunak aplikasi atau application software membuat komputer bisa menjalankan berbagai fungsinya seperti mengolah kata, memutar file media, dan fungsi-fungsi lainnya.

3. Pengendali Perangkat Keras

Perangkat lunak devicedriver atau pengendali perangkat keras adalah perangkat lunak di dalam komputer yang menghubungkan antara perangkat keras komputer dengan komputer. Devicedriver biasanya diperlukan untuk mengoperasikan perangkat keras tambahan pada komputer seperti scanner, printer, wifirouter, speaker, LCD projector, dan lain sebagainya.

4. Perangkat Lunak Menetap

Perangkat lunak menetap adalah perangkat lunak komputer yang sudah tertanam secara otomatis di dalam perangkat komputer. Perangkat lunak menetap atau disebut dengan firmware yang ditanam di dalam perangkat komputer berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi yang sangat mendasar, seperti jam dan kalender.

5. Perangkat Lunak Kongsi

Perangkat lunak kongsi atau dikenal juga dengan shareware didefinisikan sebagai perangkat lunak di dalam seperangkat komputer yang bisa diakses oleh para pengguna komputer secara gratis dengan cara uji coba. Karena digunakan secara gratis, perangkat lunak kongsi memiliki keterbatasan seperti jangka waktu yang sudah ditentukan, fitur yang terbatas, keamanan yang tidak terjamin, dan keterbatasan lainnya.

Perangkat lunak kongsi bisa dinikmati seluruh fitur lengkapnya jika pengguna komputer memutuskan untuk membeli lisensi dari program tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan.Tujuan dari adanya perangkat lunak berjenis kongsi ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pengguna komputer untuk menggunakan program aplikasi tertentu sebelum memutuskan untuk membeli lisensi dari program aplikasi tersebut.

6. Perangkat Lunak Perusak (Virus Komputer)

Ternyata perangkat lunak di komputer tidak hanya berfungsi untuk mendukung fungsi-fungsi yang ada pada komputer. Ada juga perangkat lunak di komputer yang berfungsi untuk merusak komputer. Perangkat lunak berjenis ini disebut dengan perangkat lunak perusak atau istilahnya adalah malware. Perangkat lunak yang sangat berbahaya bagi komputer ini dirancang secara khusus untuk merusak sistem komputer.

Biasanya perangkat lunak perusak melakukan operasinya dengan menyusup sistem keamanan di komputer dan menyebarkan virus yang merusak sistem atau jaringan komputer. Perangkat lunak perusak terdiri dari berbagai macam seperti virus, trojan, cacing komputer, spyware atau perangkat lunak pengintai, adware atau perangkat lunak pengiklan, ransomware atau perangkat lunak pemeras, dan masih banyak lagi perangkat lunak perusak yang perlu diwaspadai.

Baca : 5 Macam Virus Komputer yang perlu diwaspadai

7. Perangkat Antivirus

Jika tadi kita sebutkan ada perangkat perusak, tentunya juga ada perangkat yang bisa memperbaiki atau mencegahnya. Perangkat ini kita kenal dengan Antivirus. Software ini sengaja dibuat untuk mencegah dan juga mengobati serangan - serangan dari perangkat perusak (virus) yang bisa membahayakan sistem komputer kita. Ada banyak antivirus yang sudah dibuat dan kita bisa mendapatkannya secara gratis atau berbayar. 

Contoh Perangkat Lunak Komputer 


Diatas telah disebutkan beberapa macam atau jenis perangkat komputer berdasarkan kategori atau kriteria fungsinya, nah sekarang untuk memperlengkap pembahasan kita pada kesempatan kali ini. Berikut ini beberapa contoh perangkat lunak komputer dan fungsinya yang biasa digunakan oleh para pengguna komputer, termasuk kita,

Mozilla Firefox


perangkat lunak komputer

Mozilla Firefox termasuk ke dalam golongan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.Mozilla Firefox bisa menjalankan berbagai macam fungsi seperti mencari informasi secara online, mengunduh file, dan mengunggah file. Selain Mozilla Firefox, masih ada banyak perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk berselancar di internet seperti Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari, dan masih banyak lagi.

Microsoft Office


perangkat lunak komputer

Microsoft Office adalah perangkat lunak di dalam komputer yang sudah wajib ada di dalam perangkat komputer. Microsoft Office sangat berfungsi untuk mengolah berbagai macam data seperti data berbentuk huruf, angka, gambar, dan lain-lain.Microsoft Office memiliki beberapa aplikasi anak yang memiliki fungsi yang berbeda.

Misalnya, Microsoft Word yang berfungsi untuk membuat serta mengedit suatu dokumen yang berisi huruf.Ada juga Microsoft Excel yang berfungsi untuk membuat dan mengolah dokumen yang berisi data berupa angka. Untuk membuat slide presentasi bisa menggunakan Microsoft Power Point. Ada juga Microsoft Publisher yang berfungsi untuk membuat dokumen untuk publikasi seperti selebaran, pamflet, spanduk, layout majalah, undangan, amplop, dan lain-lain.

Baca artikel terkait : Pengertian Microsoft Word, penjelasan dan fungsinya lengkap

Winamp


perangkat lunak komputer

Jika kita ingin memutar file musik dan rekaman suara yang memiliki format mp3 atau amr bisa menggunakan perangkat lunak pemutar musik seperti Winamp. Tidak hanya memutar musik saja, di Winamp ada beberapa fitur yang menyuguhkan suara musik berkualitas tinggi yaitu fitur equalizer. 

Melalui fitur equalizer para pengguna Winamp bisa menentukan efek dari musik yang didengarkan seperti rock, jazz, pop, balada, disko, dan efek lainnya. Selain Winamp, ada perangkat lunak pemutar musik yang direkomendasikan seperti AIMP3, BaiduMusicPlayer, WindowsMediaPlayer, dan masih banyak lagi.

Corel Draw


perangkat lunak komputer

Aplikasi Corel Draw adalah aplikasi yang penting dalam dunia desain grafis.Perangkat lunak aplikasi CorelDraw berfungsi untuk membuat gambar untuk keperluan publikasi dengan kualitas yang tinggi seperti membuat spanduk dan undangan. Selain Corel Draw, ada juga perangkat lunak komputer Adobe Photoshop yang memiliki fitur yang sangat canggih dalam membuat dan mengedit gambar. Sedangkan, untuk membuat gambar dengan format tiga dimensi maka pilihan aplikasi yang terbaik adalah Blender.

Java

Java adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk mencari aplikasi permainan. Biasanya Java ada di komputer pada gamers. Selain perangkat lunak komputer yang sudah kita bahas diatas, tentunya masih banyak sekali jenis dan contoh perangkat lunak lain yang sengaja dibuat untuk mempermudah kita dalam pekerjaan yang menggunakan perangkat komputer. 

Baca Juga : 
Kita akhiri pembahasan mengenai perangkat lunak atau Software komputer sampai di sini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Tetap update informasi seputar tips dan trik serta pengetahuan kompuer hanya di bisakomputer.id.

Posting Komentar untuk "Perangkat Lunak Komputer, Macam, Contoh & Fungsinya Lengkap"