Mengenal Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Perangkat keras komputer - Dunia saat ini berada di era mileneal, dimana segala sesuatunya selalu berhubungan dengan penerapan fungsi-fungsi bilangan biner, salah satunya dalam bidang teknologi.Teknologi terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Bahkan saat ini, pemanfaatan teknologi sudah menyentuh ke setiap bidang aktivitas manusia, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, transportasi, industri, pertahanan, dan masih banyak lagi.Semua bidang tersebut menggunakan teknologi komputer dalam menjalankan kerjanya.

perangkat keras komputer

Oleh karena itu, karena semakin pentingnya keberadaan komputer bagi manusia, maka dipandang perlu mengetahui perangkat keras komputer beserta penjelasannya. Mengetahui pengertian perangkat keras komputer ini sangat penting supaya Anda tidak hanya bisa menggunakannya saja, tetapi juga dapat mengetahui seluk beluk komputer itu sendiri. Sehingga apabila terjadi sesuatu yang salah dengan komputer yang Anda gunakan dalam segala aktivitas, maka Anda dapat mengetahui dimana kerusakan tersebut mungkin terjadi. 

Perangkat keras komputer atau disebut juga dengan istilah Hardware mengandung berbagai definisi atau pengertian, namun secara umum pengertian perangkat keras komputer adalah semua bagian dari komputer yang berupa bagian-bagian fisik.

Namun apabila definisi atau pengertian dari perangkat keras secara lengkap adalah bagian-bagian fisik dari komputer yaitu bagian-bagian yang bisa dilihat secara kasat mata yang memiliki fungsi untuk memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran dan digunakan oleh sistem di dalam komputer sesuai dengan perintah yang dijalankan oleh pengguna.

Beberapa Pengelompokkan Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras / Hardware dapat dibagi menjadi tiga jenis perangkat yaitu perangkat keras input (masukan), perangkat keras pemrosesan, dan perangkat keras output (keluaran). Berikut adalah penjelasan dari macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya.


1. Perangkat keras input (masukan)

Perangkat keras input ini memiliki pengertian yaitu segala sesuatu dari perangkat keras yang memberikan input atau masukan kepada sistem komputer untuk bisa diproses. Untuk mengetahui apakah perangkat keras tersebut termasuk dalam perangkat keras input atau bukan, maka Anda dapat mengetahuinya dari cara penggunaan perangkat keras tersebut. Perangkat keras input ini digunakan dengan cara ditekan, digerakkan atau juga dapat menerima masukan untuk diteruskan ke dalam sistem komputer. Perangkat keras input ini ada beberapa macam, yaitu :

# Keyboard

perangkat keras komputer dan fungsinya

Keyboard termasuk dalam perangkat keras penting dari sebuah perangkat komputer.Keyboard memberikan instruksi berupa huruf, angka dan simbol-simbol lainnya.bentuk dari keyboard ini adalah sebuah papan dengan deretan tombol yang memiliki gambar huruf, angka, atau simbol-simbol lain di atasnya. Keyboard ini memiliki fungsi untuk mengetik huruf, angka dan simbol yang kemudian akan dimunculkan dalam layar komputer. 

Sebelum teknologi komputer semaju saat ini, dahulu keyboard merupakan satu-satunya perangkat keras masukan komputer karena fungsinya yang sangat penting dari sebuah perangkat komputer.Namun saat ini, keyboard tidak hanya berbentuk papan lebar saja yang terpisah, namun sudah dapat disatukan dalam layar monitor pada komputer-komputer khusus atau komputer touch screen.

# Mouse

perangkat keras komputer

Mouse merupakan perangkat keras input selanjutnya. Mouse merupakan suatu alat yang fungsinya adalah untuk menggerakkan pointer atau kursor yang tampak di layar monitor. Mouse ini nantinya akan menunjuk suatu fungsi atau sistem dalam komputer. Mouse digunakan pertama kali dalam sistem windows. 

Nama perangkat ini diambil dari nama hewan yaitu mouse atau tikus karena bentuknya yang seperti tikus, yaitu menempel pada suatu permukaan seperti meja kemudian digerakkan. Bentuk dari mouse ini terdiri dari dua tombol di sebelah kanan dan kiri yang keduanya memiliki fungsi berbeda.namun, semakin majunya teknologi, mouse tidak lagi sekadear terdiri dari dua tombol saja, tetapi dapat juga terdiri lebih dari dua tombol seperti tombol untuk scrool ke bawah dan ke atas.

Baca Juga : Fungsi Keyboard Dan Mouse Komputer

2. Perangkat Keras Komputer Pemrosesan

Perangkat keras komputer pemrosesan disebut juga dengan CPU atau prosessor.CPU ini merupakan otak dari sebuah komputer, tanpa CPU komputer tidak bisa dijalankan. CPU ini memiliki banyak sekali perangkat yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberpa perangkat keras komputer yang terdapat di dalam sistem CPU.

# Motherboard

perangkat keras komputer

Kita dapat menyebutnya sebagai "papan induk", yaitu sebuah papan rangkaian elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen dan slot - slot mikro dan makro chips. Terkadang disebut juga dengan istilah Maindboard. Secara umum fungsi motherboard adalah sebagai papan rangkaian inti yang berisi perangkat pemroses lain menjadi sebuah rangkaian terpadu yang berjalan secara sinergis. Semua jenis perangkat terhubung pada satu papan rangkaian ini. Oleh sebab itu disebut sebgai "papan induk rangkaian" dengan istilah Mother.

# Processor

perangkat keras komputer
Inilah perangkat keras yang berfungsi sebagai otak komputer. Dalam sistem pemroses, processor ini berfungsi sebagai pemegang komando. Semua perintah yang kita input melalui perangkat mouse atau keyboard akan diproses oleh perangkat ini sehingga dapat menghasilkan output atau keluaran yang kita inginkan. Processor juga merupakan satu perangkat yang memiliki andil paling bersar dalam kecepatan kinerja komputer.

# Fan Processor

perangkat keras komputer
Sekilas seperti perangkat aksesoris, namun perangkat ini wajib dan harus ada. Perangkat ini menempel pada processor dengan termal pasta yang dioleskan diantara keduanya. Fan ini berfungsi sebagai pendingin processor agar tidak mengalami overheat.

# RAM

perangkat keras komputer

Random Access Memory (RAM) merupakan bagiaan dari sistem penyimpanan. Hanya saja, file yang tersimpan di dalam RAM bersifat sementara. Ketika komputer dimatikan, Power Off, maka semua file ini akan hilang. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat menyimpan perintah yang akan diproses oleh Processor, tempat transit antrian proses dan juga proses yang teleh selesai dilakukan. Proses lalu lalang ini membutuhkan kapasitas tertentu. Oleh sebab itu, kapasitas RAM juga memiliki pengaruh terhadap kecepatan kinerja komputer.

# HardDisk


Selain RAM, terdapat juga perangkat yang berfungsi sebagai memory penyimpanan. Tidak bersifat sementara seperti RAM. Namun bersifat permanen yaitu Hardisk. Perangkat ini menyimpan semua file digital atau perangkat lunak kecuali sistem BIOS komputer. Hardisk juga memiliki kapasitas tertentu yang besarnya jauh lebih tinggi daripada RAM. Hal ini karena fungsinya yang berbeda.

# Power Supply

perangkat keras komputer


Komputer merupakan perangkat elektronik, tentu saja tidak dapat bekerja tanpa menggunakan aliran listrik. Perangkat komputer menggunakan listrik DC. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah Power Supply yang sekaligus berfungsi sebagai pengubah arus AC (bolak - balik) menjadi arus DC (searah) yang akan digunakan oleh perangkat komputer. 

# Sound Card


Disebut juga dengan istilah "kartu Suara", yaitu sebuah rangkaian pendukung yang berfungsi untuk mengeluarkan suara digital. Suara ini nantinya akan diperkeras atau dikuatkan oleh Speaker sebagai perangkat keluaran. Sound Card biasanya sudah terpasang secara default pada Motherboard, biarpun demikian apabila anda ingin menggunakan Sound Card external dengan kualitas yang lebih baik, anda bisa menggunakannya.

# VGA Card


Memiliki fungsi yang mirip dengan sound card, hanya saja VGA berfungsi sebagai penerjemah gambar, pengatur resolusi gambar, menyesuaikan ukuran gambar bila ditampilkan pada jenis layar dengan resolusi yang berbeda. Dan juga mengatur kualitas gambar yang disesuaikan dengan kebutuhan. VGA Card secara default juga sudah terdapat pada rangkaian Motherboard. Namun apabila komputer digunakan untuk pengolah gambr, vidio dan game HD. Biasanya menggunakan VGA Card External.


3. Perangkat Keras Komputer Output (Keluaran)

Perangkat keras output ini merupakan pengolah dari data dan informasi baik berupa data atau informasi fisik, elektronik, analog atau digital. Beberapa jenis dari perangkat keras output adalah :

# Monitor

macam perangkat keras komputer

Monitor komputer merupakan prangkat paling kelihatan, paling mencolok diantara yang lain. Sebab, perangkat ini terletak di bagian depan dan secara langsung ada di depan mata pengguna. Perangkat monitor ini berfungsi sebagai display dari berbagai macam perangkat lunak yang terdapat di dalam komputer. Layar monitor akan menampilkan hasil dari informasi yang telah diproses di bagian pemrosesan. Keluaran yang ditampilkan adalah gambar elektronik.

# Speaker

perangkat keras komputer dan fungsinya


Secara umum, speaker merupakan perangkat pendukung. Artinya, tanpa padanya perangkat ini komputer pun tetap bisa digunakan walaupun tetap kurang. Speaker juga termasuk perangkat output karena berfungsi pada sistem keluaran. Yakni mengeluarkan suara dari data dan informasi yang dikelola oleh CPU.

# Printer


Printer berfungsi untuk mengeluarkan output berupa gambar atau tulisan dalam selembar kertas. Ada berbagai macam jenis printer di pasaran. Anda bisa pilih yang mana saja sesuai dengan kebutuhan anda apabila diperlukan. Sebagaimana Speaker, Printer juga termasuk perangkat pendukung yang apabila tidak dipasang, komputer tetap dapat berfungsi.

# Scanner

Scanner adalah perangkat keras input selanjutnya. Scanner merupakan perangkat keras yang memiliki nama lain yaitu alat pemindai. Scanner ini memiliki kemampuan untuk mengubah suatu gambar analog menjadi gambar digital.

Hal ini bisa dilakukan scanner dengan adanya cahaya dari dalam scanner yang akan memindai gambar analog kemudian melalui perangkat lain dapat diubah ke dalam gambar digital. Gambar ini nantinya dapat muncul di layar komputer.Scanner berbentuk seperti dua kotak yang ditumpuk, kemudian di bagian tengahnya terdapat sela-sela yang dilapisi kaca.

Artikel terkait : Cara scan dokumen dengan Printer 

Kalau kita mau pelajari lebih dalam lagi, tentu akan kita temukan lebih banyak lagi perangkat keras komputer dengan masing - masing fungsinya. Namun demikian, beberapa jenis perangkat yang sudah kita sebutkan diatas kiranya cukup mewakili pengetahuan kita mengenai informasi komputer dasar agar lebih menambah wawasan kita tentunya. Sekian, semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "Mengenal Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya"