Fungsi Keyboard Dan Mouse | Materi Dasar Komputer

Fungsi Keyboard dan Mouse adalah sebagai perangkat input pada komputer. Keyboard berfungsi untuk menginput atau memasukkan perintah berupa tulisan, angka, dan juga banyak perintah lain yang bisa kita lakukan dengan keyboard. Sedangkan mouse lebih spesifik yaitu menginput perintah "klik" atau bisa kita katakan Enter. Untuk lebih jelasnya, kita akan simak pembahasan lengkapnya pada kesempatan kali ini. 

Siapa yang tidak tahu apa itu Mouse dan apa itu Keyboard. Semua orang baik yang tidak mahir komputer lebih - lebih yang sudah bisa komputer pasti tahu mengenai dua alat ini. Seperti juga anda, saya yakin anda sudah paham betul apa yang dimaksud dengan keyboard dan mouse. Namun tetap kita akan bahas pada kesempatan ini, karena kita akan belajar komputer dari dasar

Pengertian Keyboard dan Mouse


Oke, seperti yang sudah kita katakan tadi. Pertama kita akan membahas pengertian tentang dua perangkat ini. Yaitu keyboard dan mouse.

1. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk input data berupa tulisan, angka, symbol dan juga beberapa perintah cepat lainnya pada saat kita menggunakan komputer. Keyboard termasuk ke dalam jenis perangkat keras input. Secara fisik keyboard berupa sebuah papan yang berisi tombol - tombol berupa tulisan atau angka serta symbol tertentu. Cara menggunakan keyboard hanya dengan menekan tombol sesuai kebutuhan dan fungsinya. 

Jadi sekarang kita tahu fungsi keyboard komputer yaitu untuk memasukkan perintah atau input berupa tulisan, atau angka dan juga beberapa perintah singkat ketika kita menggunakan komputer. Ada beberapa jenis keyboard komputer yang banyak dijual dipasaran. Namun kebanyakan adalah keyboard standar yang bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Fungsi Keyboard Dan Mouse

Fungsi keyboard dan mouse sama tapi berbeda, sama - sama sebagai perangkat yang termasuk dalam kategori alat input. Namun berbeda dari segi bentuk dan juga fungsinya secara umum. Beberapa jenis keyboard mungkin akan kita jelaskan pada kesempatan lain. Yang terpenting, dalam pembahasan komputer dasar anda tahu fungsi dan cara menggunakannya.

2. Mouse

Setelah anda tahu penjelasan tentang keyboard, sekarang kita lanjutkan dengan membahas Mouse komputer. Mouse merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti "tikus". Mungkin penamaan ini dikarrenakan bentuknya yang mirip dengan tikus. So tidak perlu dibahas panjang lebar, sekarang apa pengertian mouse ?

Mouse merupakan slah satu perangkat atau piranti komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa perintah - peringtah tertentu. Mouse itu biasanya dipasangkan atau disandingkan dengan keyboarad sebagai perangkat input standar untuk komputer.

Mouse pada umumnya memiliki beberapa bagian yaitu dua tombol "klik" dan satu roda scrol yang terletak di tengah dua tombol klik tersebut. Ketika anda menghubungkan mouse dengan komputer, baik melalui USB port atau lewat Mouse Port, anda akan melihat pointer yang akan bergerak ketika kita menggerakkan mouse.

Sekarang sudah jarang sekali ditemukan mouse dengan sensor bola yang berada pada bagian bawah. Pada masa sekarang ini, yang kita jumpai adalah mouse dengan sensor infra merah. Namun keduanya sama saja, cara menggunakannya digerakkan dan menekan tombol klik baik kanan atau kiri.

Fungsi Keyboard Dan Mouse


Fungsi Keyboard Dan Mouse

  
Nah sekarang anda sudah paham tentang pengertian dan fungsi dari keyboard dan mouse komputer. Artinya fungsi keyboard dan mouse sangat penting dan anda tidak bisa menggunakkan komputer secara maksimal apabila tidak menggunakan salah satu atau dua perangkat ini. Kesimpulannya, fungsi keyboard dan mouse komputer adalah sebagai alat input yang kita gunakan untuk memberikan perintah berupa angka, huruf, symbol, enter, opsional, dan juga scroll.

Baca juga yang ini : 
Mungkin sampai di sini saja pembahasan kita tentang keyboard dan mouse. Semoga pembahasan singkat ini dapat bermanfaat dan sedikit menambah wawasan kita untuk menuju materi komputer yan lebih tinggi dan detail. Sekian dan jangan lupa update terus informasi atau tutorial belajar komputer hanya di bisakomputer.id.

Posting Komentar untuk "Fungsi Keyboard Dan Mouse | Materi Dasar Komputer"