5 Macam Virus Komputer Yang Perlu Kita Waspadai

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang penting bagi kehidupan manusia dalam kesehariannya. Semua hal menjadi mudah dengan adanya komputer. Selain untuk keperluan tugas atau perkerjaan, komputer juga menjadi sarana hiburan. Seperti menonton film dan mendengarkan musik. Tetapi dibalik itu semua, komputer juga dapat terserang virus. Virus tersebut membuat komputer menjadi error dan juga dapat memabuat komputer lemot. Bahkan ada virus yang dapat mengenkripsi sebuah file. 

Terkadang, kita tidak sadar bahwa komputer kita terdapat virus. Karena virus dapat menyerang secara tiba tiba dan tanpa terdeteksi. Ada berbagai cara mencegah virus komputer, seperti memasang antivirus atau melakukan scan file. Terlepas dari itu semua, terdapat banyak virus komputer yang berbahaya dengan tingkat sedang hingga tinggi. Berikut daftar 5 virus komputer yang cukup berbahaya. 


5 Macam Virus Komputer Yang Perlu Kita Waspadai

Virus komputer sejatinya adalah, perangkat lunak komputer yang dibuat secara khusus oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk merusak komputer lain dengan tujuan tertentu. Nah, dari sekian banyak macamnya, berikut ini saya ulaskan 5 jenis virus yang cukup berbahaya agar kita waspadai

1. Ground.exe 

virus komputer berbahaya


Mungkin kamu pernah melihat gambar diatas di laptop teman. Virus ground.exe biasanya membuat gambar di komputer kita terdapat tulisan Im sory!!!!! mengapa hal ini bisa terjadi?. Ground.exe merupakan virus yang menyerang aplikasi berekstensi .exe. 

Virus ini menduplikat salinan palsu dari beberapa aplikasi dengan menghidden aplikasi yang asli dengan tambahan huruf "g" didepannya. Jika kamu memiliki aplikasi berformat callofduty.exe, maka berubah menjadi gcallofduty.exe. Virus ini merubah file gambar .jpg dengan tulisan Im Sory!!!!! di pojok kiri bawah. Biasa nya virus ini merubah size suatu aplikasi menjadi 522 KB 

atau lebih rendah. Banyak orang yang tidak menghiraukan virus ini di komputernya. Sebenarnya virus ini cukup berbahaya, jika tidak segera dihilangkan. 

# Beberapa ciri ciri virus ground.exe :
  • Menghidden suatu aplikasi & menambahkan huruf "g" dibelakangnya. 
  • Menular melalui aplikasi yang berekstensi .exe. 
  • Jika membuka gambar di komputer yang sudah terinfeksi virus ground.exe, maka di pojok kiri gambarnya terdapat tulisan Im Sory!!!!!. 
  • Merubah size aplikasi menjadi lebih kecil. 
# Cara mencegah virus ground.exe :
  • Selalu rutin mengscan seluruh file yang ada di komputer kamu. 
  • Hindari download sesuatu di situs yang mencurigakan 
  • Usahakan download suatu file atau aplikasi yang sudah terekstrak dengan .rar .zip dan lainnya. 
2. Memory Resident Virus 

virus komputer


Memory resident virus adalah sebuah virus komputer yang dapat menginfeksi & menyerang memori RAM dalam komputer. Efek virus ini membuat sebuah kinerja komputer menjadi terhambat serta kurang maksimal. Virus ini mendapatkan hak kontrol penuh atas memori sistem seperti RAM. 

# Ciri ciri memory resident virus adalah :
  • Menyerang memori suatu komputer seperti RAM 
  • Membuat kinerja komputer menjadi kurang maksimal 
  • Sulit dideteksi 
# Cara mencegah memory resident virus antara lain :
  • Memasang antivirus seperti McAfee, Avast, Avira, dan lain lain. 
3. Worm Virus 

virus komputer


Virus worm atau yang biasa disebut worm adalah sebuah virus yang mengganggu sistem komputer dengan menambahkan banyak file acak didalam sebuah drive. Worm berbeda dengan virus komputer lainnya, worm tidak memiliki kemampuan untuk merusak sebuah sistem komputer. 

Namun hanya sebagai parasit didalam komputer. Selain itu worm tidak perlu memanfaatkan program atau aplikasi untuk menyerang komputer. Salah satu efek yang ditimbulkan adalah kinerja komputer menjadi terasa sangat lambat karena aktivitas virus worm. 

# Ciri ciri dari virus worm : 
  • Tidak perlu sebuah aplikasi untuk menyerang suatu sistem komputer 
  • Bersifat sebagai parasit. Karena worm hanya melambatkan kinerja kompter. 
# Cara untuk mencegah virus worm adalah :
  • Selalu mengupdate windows atau sistem komputer 
  • Rutin pindai program atau aplikasi dengan antivirus. 
4. Overwrite Virus 

macam virus komputer


Overwrite virus adalah virus komputer yang menyerang sebuah file atau program aplikasi yang ada didalam komputer. Overwrite memiliki kemampuan untuk menghapus file tanpa mengubah ukuran file tersebut, bahkan tanpa mengurangi kapasitas hardisk. 

Jika kamu memiliki sebuah file dengan ukuran yang lumayan besar namun tiba tiba terhapus tanpa mengurangi kapasitas hardisk, maka dapat dipastikan komputer kamu terserang oleh overwrite virus. Jadi, pada dasarnya file akan hilang tanpa mengurangi kapasitas hardisk. Selain hilang, file akan terinfeksi oleh virus, sehingga file tidak dapat dipakai dan dibuka lagi. 

# Ciri ciri dari overwrite virus adalah :
  • Memiliki kemampuan untuk menghapus sebuah file secara tiba tiba. 
  • Memanfaatkan file atau program yang ada didalam sebuah komputer. 
# Cara pencegahan overwrite virus :
  • Selalu rutin memindai file di komputer. 
  • Menghapus file yang sudah terinfeksi virus overwrite. 
5. Multipartite Virus 

jenis virus komputer


Multipartite virus biasanya menyerang sebuah hardisk komputer. Virus ini biasanya bersembunyi didalam sebuah memori lalu menginfeksi hardisk. Efek yang ditimbulkan adalah beberapa aplikasi menjadi tidak bisa dibuka. 

# Ciri ciri dari multipartite virus : 
  • Selalu bersembunyi didalam memori atau hardisk komputer 
# Cara pencegahan multipartite virus :
  • Rutin melakukan scan dengan antivirus 
Jika sudah terkena virus ini maka langkah mengatasi nya adalah dengan cara melakukan Defrag Hardisk.

Baca juga : 5 Macam Antivirus PC terbaik yang recomended

Itulah daftar 5 virus komputer yang cukup berbahaya bagi pengguna komputer atau laptop. Sebagai pengguna, tentulah kita harus bijak dalam menggunakannya. Tidak sembarangan download adalah salah satu pencegahannya, walaupun sebenarnya ada virus yang dapat menginfeksi komputer tanpa menyisipkan virus didalam suatu aplikasi. Selain itu rutin scan atau pindai file komputer adalah hal terpenting untuk mencegah virus. Gunakanlah antivirus pilihan kamu sebagai proteksi komputer. Sekian, semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "5 Macam Virus Komputer Yang Perlu Kita Waspadai"