Sabtu, 07 April 2018

Ternyata Seperti Inilah Cara Kerja Printer Inkjet Yang Sering Kita Gunakan


Saat ini ada banyak jenis printer yang dapat kita pilah pilih di pasaran. Jenis printer inkjet banyak digunakan terutama untuk printer rumahan seperti canon ip2770. Kemampuan mesin cetak tersebut sesuai dengan kebutuhan untuk mencetak yang tidak terlalu banyak dengan efektif dan efisien serta dengan harga yang terjangkau. Cara kerja printer jenis inkjet menggunakan teknologi yang disebut dengan dor or demand. 

Teknologi tersebut yang membuat printer akan bekerja menyemprot tinta pada kertas. Untuk kebutuhan cetak ringan, printer jenis inkjet ini bisa menjadi pilihannya. Berikut adalah cara kerja dari mesin cetak atau printer inkjet.

Cara Kerja Printer Secara Umum




Berikut ini beberapa opsi mengenai cara kerja printer secara umum dan pada khususnya printer jenis InkJet seperti yang sedang kita bahas pada kesempatan ini. 

1. Persiapan dan pengaturan

Tahap pertama dimulai dengan menghubungkan printer ke sumber listrik dan juga komputer. Seperti cara kerja printer secara umum, untuk jenis inkjet juga harus dipersiapkan dulu kertasnya. Media untuk mencetak diletakkan di paper tray dan kemudian mengatur output yang diinginkan. Printer inkjet dibekali dengan pengaturan untuk memilih ukuran posisi kertas, pemilihan warna, dan ukuran kertas.

2. Tahap transfer data komputer ke PCB printer

Setelah pengaturan print out selesai, komputer akan mengirimkan ke printer data dan pengaturan tersebut. Cara kerja printer dalam mentransfer data menggunakan kabel USB yang menghubungkan printer dengan komputer. Informasi dikirim dalam bentuk bilangan biner melalui port USB tersebut. Semua bagian dari dokumen yang akan dicetak dan juga pengaturan print out yang sudah dibuat. Semua informasi tersebut akan dilanjutkan ke PCB. PCB merupakan salah satu bagian dari printer yang memuat informasi yang berasal dari komputer.

3. Tahap PCB mengirim perintah ke stepper

Cara kerja mesin printer selanjutnya adalah mengirim perintah ke stepper. PCB printer yang sudah menerima semua informasi data dari komputer akan mengatur pergerakan printer. Perintah ke stepper tersebut yang akan menggerakan kertas. Selain itu, cara kerja printer pada bagian stepper ini juga akan menggerakan kepala printer. Kertas akan ditarik untuk memasukan data yang akan disalin ke kertas. Terdapat sebuah roller yang akan menggulung atau menarik kertas yang sudah dipersiapkan. Kertas akan masuk ke dalam bagian cetak printer.

4. Tahap mencetak data ke kertas

Selain kertas yang ditarik, printer juga bekerja pada bagian cartridge untuk tinta. Cara kerja printer inkjet ini berbeda dengan dot matrix yang menggunakan pita untuk mencetak pada kertas. Pada printer inkjet, cartridge yang berisi tinta akan mengeluarkan isinya dengan cara disemprot. Tinta akan disemprot ke kertas yang digunakan untuk media cetak. Kepala printer juga ikut bergerak ke kanan dan kiri untuk mencetak data. Ada sebuah microchip yang berfungsi untuk mengubah informasi berupa bilangan biner menjadi huruf biasa. Hasil perubahan tersebut adalah yang bisa dilihat pada kertas.

5. Tahap finishing printing

Cara kerja printer selanjutnya adalah mengembalikan kertas yang sudah ditarik ke dalam roller. Setelah tinta disemprotkan ke kertas, kepala printer akan menarik kembali kertas untuk dikembalikan ke posisi yang sama di paper tray. Pada beberapa printer, penarikan kertas tersebut cukup kuat sehingga kertas dapat terlempar jauh. Hal tersebut juga bisa terjadi pada saat mencetak dalam jumlah banyak. Penarikan kertas oleh roller untuk dikembalikan ke paper tray yang terlalu kuat terkadang bisa membuat berantakan kertas yang sudah ditata. Setelah kertas kembali keluar ke paper tray, maka proses printing sudah selesai.

Artikel penting terkait printer :

Merawat dan menjaga kebersihan printer penting dilakukan agar tidak mengganggu cara kerja printer serta agar hasilnya juga bagus dan maksimal. Hasil kerja mesin cetak dapat dilihat pada dokumen atau kertas tersebut. Untuk kondisi bagus, hasil cetakan jelas dan rapi serta sesuai dengan ekspektasi. Namun terkadang bisa juga hasil cetakannya tidak bagus, seperti kertas yang keriting atau tulisan yang bergaris.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon