Jenis Jenis Printer Lengkap Dengan Penjelasannya

Pada saat ini merupakan zaman dimana semua perkembangan teknologi sudah semakin berkembang dengan sangat cepat. Kini juga sudah cukup banyak ilmuwan-ilmuwan yang menciptakan banyak alat-alat teknologi yang serba canggih. Bahkan berbagai alat teknologi yang canggih ini dapat membantu banyak manusia untuk melaksanakan tugasnya.

Contohnya yaitu ada banyaknya jenis jenis printer yang sudah bisa Anda temui di beberapa toko-toko elektronik yang ada di seluruh Indonesia. Pada zaman dahulu ketika belum adanya sebuah printer, orang-orang menggunakan mesin ketik yang berfungsi untuk mencetak beberapa dokumen dan beberapa berkas penting lainnya. Namun, karena kini banyak orang cerdas yang menciptakan barang-barang canggih, kemudahan pun mulai bisa dirasakan semenjak munculnya sebuah printer ini.

Apa itu printer? Printer merupakan salah satu benda kemajuan teknologi yang digunakan untuk mencetak beberapa dokumen bahkan yang berisikan gambar, kemudian tulisan, dan lain sebagainya. Bahkan sebuah printer juga mencetak beberapa dokumen yang memiliki warna-warna yang Anda inginkan. Bagi seseorang yang merupakan karyawan, atau pekerja kantoran tentu membutuhkan benda ini yang akan mereka gunakan sebagai benda untuk mencetak dokumen-dokumen penting yang ada di kantor mereka.

Baca Juga : Sejarah Printer Komputer

Bukan hanya seorang pekerja kantoran saja yang akan membutuhkan sebuah printer, namun bagi para mahasiswa juga tentunya membutuhkan printer yang akan mereka gunakan untuk mencetak beberapa tugas kuliah yang penting. Ada berbagai jenis jenis mesin printer yang bisa Anda beli bahkan harga yang ditawarkan pun juga sangat bermacam-macam.

Namun, ketahuilah sebelumnya mengenai jenis jenis printer dan fungsinya berikut ini:

1. Printer Ink Jet


Jenis Jenis Printer Lengkap
Jenis printer yang pertama yaitu jenis printer Ink Jet, printer ini merupakan sebuah printer yang banyak dimiliki oleh banyak orang dan banyak ditemui di pasaran. Printer ini sebuah printer yang juga menyemprotkan tinta sehingga nanti hasilnya berbentuk sebuah gambar. Bahkan Anda juga bisa mencetak beberapa dokumen-dokumen bergambar dengan menggunakan printer ini yang memiliki banyak warna sekalipun.


2. Printer Dot Matrix



Jenis Jenis Printer Lengkap

Printer ini merupakan sebuah printer yang memiliki mesin seperti jarum sehingga nanti hasilnya akan membentuk sebuah titik-titik pada kertas. Selain berbentuk titik-titik pada kertas, jenis printer ini juga memiliki hasil yang kasar. Namun, printer ini masih digunakan untuk mencetak beberapa dokumen penting seperti pembuatan kwitansi, kemudian continues form, dan lainnya.

3. Printer LED atau LCD


Jenis Jenis Printer Lengkap
Jenis printer ini merupakan sebuah printer yang cara mencetaknya dengan menggunakan sinar laser. Kualitas yang dihasilkan oleh printer jenis LED atau LCD ini memiliki hasil yang sangat baik, bahkan cetakan dokumen yang berbentuk gambar sekalipun akan terlihat dengan sangat jelas.

4. Printer Laser Jet


Jenis Jenis Printer Lengkap
Jenis printer ini merupakan sebuah printer yang cara mencetaknya dengan menggunakan laser. Ada banyak kelebihan yang terdapat pada printer ini seperti memiliki kecepatan mencetak dokumen dengan sangat cepat, kemudian memiliki hasil cetakan yang sangat baik, bahkan mesin printer ini nantinya tidak akan menimbulkan suara yang berisik seperti jenis printer-printer lainnya.

5. Printer Label


Jenis Jenis Printer Lengkap
Jenis printer ini merupakan sebuah printer yang berfungsi untuk mencetak label. Biasanya jenis printer ini dimiliki oleh beberapa toko atau supermarket yang akan mencetak sebuah label dengan berbagai bentuk dan juga desain yang mereka inginkan.

Itulah sebagian penjelasan singkat mengenai jenis jenis printer dan fungsinya yang biasanya dijual di pasaran. Sebelum membeli sebuah printer, tentu ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam membeli sebuah printer. Ada berbagai macam jenis jenis mesin printer yang biasanya dijual di pasaran salah satunya dengan merek Canon. 

Merek ini merupakan sebuah merek yang dinilai memiliki kualitas terbaik, bahkan printer ini juga sangat bertahan lama dan memiliki banyak seri yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Membeli sebuah mesin printer tentu tidak boleh asal-asalan, apalagi dalam memilih merek yang akan Anda gunakan. Walaupun semua fungsi printer adalah sama yaitu untuk mencetak dokumen, akan tetapi tetap saja merek yang terbaik harus Anda pilih. 

Agar ketika Anda akan mencetak dokumen, Anda akan mendapatkan hasil yang sangat terbaik. Salah satu merek yang sangat direkomendasikan oleh banyak orang yaitu printer dengan merek Canon. Printer Canon ini juga memiliki berbagai jenis dan juga seri yang dijual di pasaran. Inilah beberapa jenis jenis printer Canon yang dijual di pasaran, seperti :
  • Printer Canon PIXMA IP8770.
  • Printer Canon PIXMA IP7270.
  • Printer Canon PIXMA MP287.

Di atas merupakan sebagian contoh dari jenis jenis printer Canon. Selain membeli printer dengan merek Canon, masih banyak lagi beberapa merek-merek yang terkenal dan menghasilkan kualitas yang terbaik. Anda bisa melihat referensi yang ada di internet tentang jenis jenis printer lengkap beserta dengan merek dan juga harga-harganya yang dijual di pasaran. Bahkan dengan melihat referensi di internet, Anda juga bisa mengetahui jenis-jenis printer terbaru yang memiliki kualitas canggih pada saat ini.

Ada beberapa hal juga yang harus Anda ketahui sebelum membeli printer, agar Anda nantinya tidak akan salah dalam memilih dan timbul sebuah penyesalan, beberapa tips sebelum membeli sebuah mesin printer yaitu :

1. Memilih sesuai dengan kebutuhan.

Belilah printer sesuai dengan kebutuhan Anda, jika hanya dibutuhkan untuk mencetak saja, maka pilihlah yang biasa. Namun jika Anda ingin membeli sebuah printer yang digunakan untuk mencetak label, maka pilihlah mesin printer label dan lain sebagainya.

2. Meneliti kabel koneksi.

Tips yang kedua yaitu dengan mengecek kabel koneksi yang akan menghubungkan printer pada laptop maupun pada listrik. Karena semua laptop atau komputer tentunya memiliki koneksi USB yang berbeda-beda. Maka sesuaikanlah dengan kabel koneksi printer dengan laptop atau komputer Anda yang sesuai.

3. Memilih merek.

Tips yang ketiga yaitu memilih merek. Anda harus memilih mesin printer dengan merek yang nantinya akan memberikan hasil kualitas cetakan yang terbaik. Salah satunya yang sudah disebutkan di atas yaitu mesin printer dengan merek Canon.

4. Memilih harga.

Dalam membeli sebuah printer tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan biaya yang Anda miliki. Bukan hanya memilih sesuai dengan kebutuhan saja, namun Anda juga harus menyesuaikan dengan keuangan yang Anda miliki saat ini.

Baca Juga : Mengenal bagian - bagian printer dan fungsinya

Nah, demikianlah penjelasan mengenai salah satu benda yang memiliki cukup banyak manfaat bahkan sudah banyak digunakan di seluruh tempat seperti kantor, di kampus, di sekolah, di rumah, dan lainnya. Di atas juga sudah disebutkan beberapa merek dan juga jenis jenisnya.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Printer Lengkap Dengan Penjelasannya"