Mengenal Bagian Bagian Printer Dan Fungsinya Lengkap


Printer termasuk dalam alat yang penting karena saat ini manusia menggunakan berbagai benda yang berhubungan dengan aktivitas cetak mencetak seperti buku, foto, paper, skripsi, disertasi, tesis, dan lain-lain. Dalam pemakaian printer, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk printer, mulai dari bagian bagian printer hingga ke hal-hal lainnya yang menyangkut printer.

bagian - bagian printer dan fungsinya

Mengenal bagian bagian printer sangat penting untuk dilakukan agar pengguna dapat menggunakan printer sesuai dengan peruntukannya dan supaya dapat cepat mengetahui apabila printer bermasalah. Berikut adalah ulasan mengenai bagian bagian mesin printer yang harus diketahui sebelum menggunakan printer.

Mesin Printer Jenis Dot Matrix

Printer jenis Dot Matrix adalah printer yang terhubung dengan sistem komputer generasi awal. Printer ini menggunakan teknologi yang masih sederhana yaitu menggunakan pita sehingga memiliki banyak kekurangan. Printer Dot Matrix ini juga hanya dapat mengeluarkan warna-warna tertentu saja seperti warna hitam dan merah. Walaupun Dot Matrix adalah printer generasi awal, namun sampai saat ini printer jenis ini masih diproduksi karena sangat bagus untuk percetakan tertentu seperti cetak nota, kwitansi, bon, dan lain-lain yang berhubungan dengan karbon. Berikut akan diberi ulasan untuk lebih mengenal bagian bagian komponen printer dari jenis Dot Matrix.

Carriage Unit (CU)

Carriage Unit atau CU adalah sebuah tempat yang berfungsi sebagai Head Printer Dot-Matrix. CU membuat head printer dapat bergerak untuk mencetak tulisan dan melindungi head printer dari kotoran.

Paper Liliase Dot Matrix

Paper Liliase Dot Matrix memiliki fungsi sebagai pemindah kertas yang akan digunakan sebagai media print, baik itu kertas yang dapat digunakan untuk mencetak beberapa kali maupun kertas yang digunakan untuk mencetak sekali. Paper liliase Dot Matrix ini terletak di pojok kanan printer.

Paper Eject Assy

Paper eject Assy ini memiliki fungsi untuk mengontrol kertas yang keluar dari printer. Paper Eject Assy ini biasanya digunakan untuk jenis kertas yang dapat digunakan kembali.

Motor Streamer

Motor streamer merupakan salah satu komponen di dalam printer Dot Matrix yang memiliki fungsi untuk menarik head catridge. Pada motor streamer ini terdapat karet atau tali penariknya.

Spur Gear

Spur gear ini memiliki jumlah gigi yang berbeda-beda dalam setiap printer.

Knob

Knob memiliki fungsi untuk memutar kertas pada saat printer sedang mengatur kertas.

As Carriage

As Carriage merupakan landasan dari CU dan head printer untuk bergerak ke kanan dan ke kiri ketika sedang dalam proses mencetak.

Sandaran

Agar kertas dapat tertata dengan rapi, maka di dalam printer terdapat sandaran untuk membuat kertas dapat rapi.

Mesin printer jenis Dot Matrix ini memiliki hasil yang kurang halus namun dapat digunakan dalam pencetakan rangkap sehingga efisien. Karena keberadaannya yang sudah tidak sebanyak dulu, maka mengetahui komponen komponen printer beserta fungsinya pada printer Dot Matrix ini sangat penting agar tetap terpelihara dengan baik.

Mesin Printer Inkjet

Teknologi dalam mesin printer Inkjet ini lebih canggih dari pada printer Dot Matrix. Hal ini karena printer Inkjet tidak menggunakan pita dalam proses pencetakan, tetapi dengan menyemprotkan titik-titik pada kertas. berikut adalah bagian bagian komponen printer jenis Inkjet :

Print Head

Print head adalah komponen utama dari printer Inkjet. Dalam print head ini terdapat nozzles yang fungsinya adalah untuk menyemprotkan tinta pada kertas.

Ink Cartridges

Ink cartridges adalah tempat untuk menampung tinta. Ink cartridges ini berbeda-beda, terdapat jenis ink cartridges yang hanya dapat menampung satu warna saja tetapi ada juga ink cartridges yang dapat menampung dua warna.

Belt

Belt adalah penghubung antara print head dengan motor stepper yang berbahan karet.

Stabilizer Bar

Stabilizer bar adalah landasan dari print head untuk bergerak ke kiri dan ke kanan.

Paper Tray / Feeder

Paper tray adalah tempat untuk meletakkan kertas yang akan dicetak. Paper tray ini terdapat dua jenis yaitu paper tray yang hanya bisa menempatkan kertas dalam jumlah yang banyak namun ada pula paper tray yang hanya bisa menampung satu kertas saja sehingga dalam proses mencetak, kertas dimasukkan satu per satu ke dalam paper tray.

Rollers

Rollers berhubungan dengan paper tray, dimana rollers memiliki fungsi untuk menarik kertas yang ada di paper tray kemudian digulung ketika print head sudah siap untuk melakukan proses cetak.

Paper feed stepper motor

Paper feed stepper motor ini berfungsi untuk menggulung kertas yang berasal dari paper tray.

Power supply

Power supply adalah alat yang berhubungan dengan tegangan listrik yang digunakan oleh printer, yaitu untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC.

Interface Port

Karena printer berhubungan dengan komputer dan kerjanya dikendalikan oleh komputer, maka printer memiliki interface port yang fungsinya adalah menghubungkan printer dengan CPU yang merupakan otak dari komputer. Ada beberapa jenis interface port antara lain pararel port, usb port, serial port dan scsi port.

Selain mengetahui komponen komponen pada printer dengan jenis Inkjet ini, printer Inkjet ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
  • Hasil cetaknya lebih halus karena menggunakan sistem tinta yang disemprot atau disebut dengan teknologi dor on demand.
  • Memiliki resolusi yang tinggi yaitu 5760x1440 dpi.
  • Dalam pengisian tinta lebih efisien yaitu dengan menggunakan teknik infus.

Mesin Printer Laser

Printer Laser adalah printer dengan teknologi yang lebih canggih dari para pendahulunya. Printer laser ini memiliki perbedaan dengan Dot Matrix dan Inkjet yaitu menggunakan toner atau serbuk warna. Berikut adalah komponen komponen pada printer jenis printer laser :

Toner Cartridge

Toner cartridge ini memiliki beberapa bagian, antara lain :

Bubuk laser toner

Bubuk laser toner merupakan bahan atau isi dati toner cartridge

OPC Drum (Photoreceptor Drum)

OPC Drum ini berkaitan dengan data yang dikirimkan komputer yang nantinya akan dibentuk menjadi pola sesuai dengan permintaan komputer.

Wiper Blades

Wiper Blades merupakan pelengkap dari OPC Drum yaitu untuk membersihkan toner yang masih menempel pada OPC Drum.

PCR (Primary Charge Roller)

PCR ini memiliki fungsi untuk menetralkan permukaan OPC Drum yang bermuatan negatif karena laser.

Doctors Blades

Berfungsi untuk mengatur intensitas toner.

Dalam penggunaan mesin printer ini, mengetahui komponen komponen printer beserta fungsinya dapat memberikan manfaat bagi pengguna baik dalam pemakaian, perawatan maupun perbaikan ketika terjadi kerusakan atau error.

Baca Juga : Menguak sejarah printer komputer

Bagian bagian printer nantinya dapat berfungsi dan terawat dengan baik.jenis printer beserta dengan fungsinya, kemudian bagaimana tips sebelum membeli sebuah printer, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membelinya di toko resmi yang menjual printer yang original. Semoga penjelasan di atas dapat membantu dan juga dapat bermanfaat.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon