Rabu, 13 Februari 2019

Mengenal Pengertian Dan Fungsi BIOS Pada Komputer


Pernahkah anda mendengar istilah BIOS ketika berbicara tentang komputer ? Biasanya hal ini berhubungan dengan cara install ulang sistem operasi yang digunakan. Maka ketika kita akan menginstall melalui CD atau Flashdisk, maka kita harus seting first boot device melalui sistem BIOS. Nah, apa itu BIOS ? Pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang pengertian BIOS dan juga fungsinya.

BIOS atau yang merupakan singkatan dari Basic Input Ouput System adalah suatu software atau perangkat lunak komputer yang ditulis dalam bahasa assembly. BIOS memiliki fungsi untuk mengatur hardware yang ada di komputer. BIOS biasanya ditanamkan disebuah chip ROM yang terbuat dari CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) yang terdapat pada motherboard. Ada sebuah baterai yang tertanam di motherboard bernama baterai CMOS yang berfungsi untuk menjaga tanggal agar settingan yang sudah diatur tidak hilang meskipun komputer telah dimatikan. 


BIOS disuatu komputer memiliki peranan yang cukup penting untuk memuat sistem operasi atau biasa disebut booting. BIOS juga memiliki tugas untuk mengatur instruksi khusus untuk menyalakan mikroprosessor. Salah satu tugas BIOS pada mikroprosessor adalah POST (Power On Self Test). POST berfungsi untuk mengatur dan menguji semua hardware yang ada didalam komputer. Adapun cara masuk sistem bios komputer yaitu pastikan bahwa laptop kamu telah dalam keadaan posisi mati. Kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan beberapa kombinasi tombol. 

Kombinasi tombol ini juga tergantung dari jenis PC pabrikan. Namun cara yang paling banyak digunakan adalah kombinasi tombol Ctrl + Alt + Esc. Ada beberapa jenis pabrikan komputer yang menggunakan F1 atau F2 untuk memasuki sistem BIOS komputer. 

Selain pengertian dan cara masuk ke sistem BIOS komputer kamu akan mengenal fungsi BIOS computer 

Fungsi BIOS Pada Komputer


1. Memberikan Perintah Dengan POST (Power On Self Test)

Sebelum kamu ingin menginstal sistem operasi komputer, kamu harus melakukan serta menguji sistem atau perangkat keras komputer (hardware) yang ada didalam komputer. BIOS juga memberikan info mengenai spesifikasi hardware komputer 

2. Memberikan Informasi Serta Mengatur Konfigurasi Komputer

BIOS juga memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenani bagaimana interaksi tiap perangkat penting yang terdapat di komputer. Selain itu, BIOS juga memiliki untuk mengkonfigurasi komputer. Biasanya konfigurasi tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja atau performa suatu komputer yang biasa dikenal sebagai overclocking. 

Cara Kerja BIOS Komputer


Setelah kamu mengenal fungsi BIOS komputer, BIOS memiliki cara kerja. Cara kerja BIOS dimulai pada proses inisialisasi. Dalam proses ini kita dapat melihat seluruh komponen hardware yang terdapat pada komputer. Kita dapat melihat jenis hardisk, kapasitas hardisk, jumlah memory RAM yang terinstal, dan masih banyak yang lainnya. Kamu juga bisa melakukan pengetesan RAM. Setelah semua komponen berhasil dicek dan ditest, kemudian BIOS akan melakukan sistem booting pada sistem operasi. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja BIOS komputer. BIOS merupakan sebuah alat cukup penting dalam sebuah komputer. BIOS dapat mengontrol penuh seluruh sistem operasi maupun hardware yang ada pada komputer. Bahkan dalam beberapa kasus komputer mati total, kamu bisa melakukan reset BIOS untuk mengatasi hal tersebut. Sebelum menginstal suatu sistem operasi, kamu juga perlu melakukan beberapa konfigurasi didalam sistem BIOS.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon