Perangkat Keras Komputer Beserta Jenis Dan Penjelasannya

Dunia saat ini berada di era mileneal, dimana segala sesuatunya selalu berhubungan dengan penerapan fungsi-fungsi bilangan biner, salah satunya dalam bidang teknologi.Teknologi terus mengalami perkembangan dan kemajuan.Bahkan saat ini, pemanfaatan teknologi sudah menyentuh ke setiap bidang aktivitas manusia, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, transportasi, industri, pertahanan, dan masih banyak lagi.Semua bidang tersebut menggunakan teknologi komputer dalam menjalankan kerjanya.

perangkat keras komputer

Oleh karena itu, karena semakin pentingnya keberadaan komputer bagi manusia, maka dipandang perlu mengetahui perangkat keras komputer. Mengetahui pengertian perangkat keras komputer ini sangat penting supaya Anda tidak hanya bisa menggunakannya saja, tetapi juga dapat mengetahui seluk beluk komputer itu sendiri, sehingga apabila terjadi sesuatu yang salah dengan komputer yang Anda gunakan dalam segala aktivitas, maka Anda dapat mengetahui dimana kerusakan tersebut mungkin terjadi. 

Perangkat keras komputer mengandung berbagai definisi atau pengertian, namun secara umum pengertian perangkat keras komputer adalah semua bagian dari komputer yang berupa bagian-bagian fisik.Namun apabila definisi atau pengertian dari perangkat keras secara lengkap adalah bagian-bagian fisik dari komputer yaitu bagian-bagian yang bisa dilihat secara kasat mata yang memiliki fungsi untuk memberikan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran dan digunakan oleh sistem di dalam komputer sesuai dengan perintah yang dijalankan oleh pengguna.

Perangkat keras dari teknologi komputer ini memiliki peran yang sangat penting dalam penggunaan teknologi komputer itu sendiri.Tanpa adanya perangkat keras dari komputer, komputer tidak bisa dijalankan sesuai dengan fungsinya.

Sebelum menggunakan komputer, maka disarankan untuk bisa mengerti terlebih dahulu perangkat keras komputer dan fungsinya.Mengetahui perangkat keras komputer dan fungsinya sebelum menggunakan komputer memiliki beberapa tujuan, antara lain :
  1. Pengguna dapat mengetahui dan memahami fungsi perangkat keras dari komputer tersebut.
  2. Pengguna dapat menggunakan perangkat keras dengan baik, sesuai peruntukannya.
  3. Pengguna dapat menjaga perangkat keras sebagai satu kesatuan dalam menjalankan komputer. 
Perangkat keras memiliki berbagai macam jenis, bentuk dan fungsi.Berikut adalah macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya.

Jenis Perangkat Keras Komputer Dan Penjelasannya


Perangkat keras dapat dibagi menjadi tiga jenis perangkat yaitu perangkat keras input (masukan), perangkat keras pemrosesan, dan perangkat keras output (keluaran). Berikut adalah penjelasan dari macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya.

1. Perangkat keras input (masukan)

Perangkat keras input ini memiliki pengertian yaitu segala sesuatu dari perangkat keras yang memberikan input atau masukan kepada sistem komputer untuk bisa diproses. Untuk mengetahui apakah perangkat keras tersebut termasuk dalam perangkat keras input atau bukan, maka Anda dapat mengetahuinya dari cara penggunaan perangkat keras tersebut. Perangkat keras input ini digunakan dengan cara ditekan, digerakkan atau juga dapat menerima masukan untuk diteruskan ke dalam sistem komputer. Perangkat keras input ini ada beberapa macam, yaitu :

Keyboard

Keyboard termasuk dalam perangkat keras penting dari sebuah perangkat komputer.Keyboard memberikan instruksi berupa huruf, angka dan simbol-simbol lainnya.bentuk dari keyboard ini adalah sebuah papan dengan deretan tombol yang memiliki gambar huruf, angka, atau simbol-simbol lain di atasnya. Keyboard ini memiliki fungsi untuk mengetik huruf, angka dan simbol yang kemudian akan dimunculkan dalam layar komputer. 

Sebelum teknologi komputer semaju saat ini, dahulu keyboard merupakan satu-satunya perangkat keras masukan komputer karena fungsinya yang sangat penting dari sebuah perangkat komputer.Namun saat ini, keyboard tidak hanya berbentuk papan lebar saja yang terpisah, namun sudah dapat disatukan dalam layar monitor pada komputer-komputer khusus atau komputer touch screen.

Mouse

Mouse merupakan perangkat keras input selanjutnya. Mouse merupakan suatu alat yang fungsinya adalah untuk menggerakkan pointer atau kursor yang tampak di layar monitor. Mouse ini nantinya akan menunjuk suatu fungsi atau sistem dalam komputer. Mouse digunakan pertama kali dalam sistem windows. 

Nama perangkat ini diambil dari nama hewan yaitu mouse atau tikus karena bentuknya yang seperti tikus, yaitu menempel pada suatu permukaan seperti meja kemudian digerakkan. Bentuk dari mouse ini terdiri dari dua tombol di sebelah kanan dan kiri yang keduanya memiliki fungsi berbeda.namun, semakin majunya teknologi, mouse tidak lagi sekadear terdiri dari dua tombol saja, tetapi dapat juga terdiri lebih dari dua tombol seperti tombol untuk scrool ke bawah dan ke atas.

Baca Detile : Fungsi Keyboard Dan Mouse Komputer

Scanner

Scanner adalah perangkat keras input selanjutnya. Scanner merupakan perangkat keras yang memiliki nama lain yaitu alat pemindai. Scanner ini memiliki kemampuan untuk mengubah suatu gambar analog menjadi gambar digital. Hal ini bisa dilakukan scanner dengan adanya cahaya dari dalam scanner yang akan memindai gambar analog kemudian melalui perangkat lain dapat diubah ke dalam gambar digital. Gambar ini nantinya dapat muncul di layar komputer.Scanner berbentuk seperti dua kotak yang ditumpuk, kemudian di bagian tengahnya terdapat sela-sela yang dilapisi kaca.

2. Perangkat Keras Komputer Pemrosesan

Perangkat keras komputer pemrosesan disebut juga dengan CPU atau prosessor.CPU ini merupakan otak dari sebuah komputer, tanpa CPU komputer tidak bisa dijalankan. CPU ini memiliki beberapa bagian, yaitu :

Control Unit (CU)

Control Unit (CU) adalah inti dari CPU. CU memiliki fungsi untuk mengatur sistem dalam CPU yang terdiri dari Sequencing Logic, Control Unit Register and Recorder, dan Control Memory.

Arithmetic Logic Unit (ALU)

Arithmetic Logic Unit merupakan bagian dari sebuah prosessor yang menggunakan penghitungan matematika dengan rumus logika untuk menjalankan fungsi komputer.

Register 

Register adalah tempat penyimpanan sementara yang ada di dalam CPU yang kemudian akan diproses oleh ALU.

CPU Interconnection

CPU Interconnection ini memiliki tugas untuk menghubungkan inti-inti dan mengatur lalu lintas data.

3. Perangkat Keras Komputer Output (Keluaran)

Perangkat keras output ini merupakan pengolah dari data dan informasi baik berupa data atau informasi fisik, elektronik, analog atau digital. Beberapa jenis dari perangkat keras output adalah :

Monitor

Layar monitor akan menampilkan hasil dari informasi yang telah diproses di bagian pemrosesan. Keluaran yang ditampilkan adalah gambar elektronik.

Speaker

Speaker mengeluarkan suara dari data dan informasi yang dikelola oleh CPU.

Printer

Printer berfungsi untuk mengeluarkan output berupa gambar atau tulisan dalam selembar kertas.

4. Perangkat keras penyimpanan

Perangkat keras penyimpanan disebut juga dengan memori merupakan tempat yang disediakan untuk menyimpan data. Data yang disimpan dapat berupa data yang akan diproses atau data yang telah selesai diproses kemudian disimpan. Perangkat keras penyimpanan ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu memori primer dan memori sekunder.

Memori primer adalah perangkat keras penyimpanan yang tidak bisa menyimpan data secara permanen walaupun kecepatan yang dimilikinya untuk menyimpan suatu data atau informasi sangat cepat. Memori primer ini adalah RAM.

Memori sekunder adalah perangkat keras penyimpanan yang dapat menyimpan data lebih lama dari pada memori primer. Data yang dapat disimpan oleh pernagkat ini adalah data yang sudah diolah dan dapat digunakan kembali. Memori sekunder ini antara lain adalah harddisk, SSD dan flashdisk.


Perangkat keras komputer harus dipahami untuk memudahkan Anda dalam menggunakannya dan dapat menggunakannya sesuai dengan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon