Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya Lengkap

Bagi kita yang sering menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-hari, pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak Microsoft Excel. Pengertian Microsoft Excel adalah aplikasi atau perangkat lunak atau disebut juga software yang merupakan salah satu bagian dari paket software Microsoft Office. Perangkat lunak ini memiliki jenis spreadsheet.

Pada awal pembuatannya, Microsoft Excel bukanlah bagian dari Microsoft Office, namun kini telah dijadikan satu paket. Aplikasi berbentuk lembar kerja ini juga turut dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation, terutama untuk pengguna sistem operasi Windows dan Apple Mac. Dalam aplikasi ini turut tersedia fitur pembuat grafik serta fitur kalkulasi dengan sifat progresif dan agresif.

Microsoft Excel juga termasuk aplikasi pengolah data secara otomatis yang berupa perhitungan dasar, pemakaian fungsi-fungsi, rumus, pengolahan tabel dan data, pembuatan grafik hingga manajemen data. Pemakaian rumus yang dimaksud dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya. 

Sementara pemakaian fungsi-fungsi berupa pemakaian rumus dengan tujuan untuk menghitung bentuk rumus matematika ataupun non matematika. Pengertian Microsoft Excel dan fungsinya termasuk dapat digunakan dalam menyelesaikan aneka keperluan administrasi, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Keperluan sederhana termasuk membuat perencanaan kebutuhan perusahaan, seperti perencanaan barang kebutuhan, harga serta jumlahnya. 

Pengertian Microsoft Excel

Hingga kini, Microsoft Excel telah sampai di versi 2013. Namun ada beberapa orang yang masih nyaman menggunakan versi lawas, seperti versi 2007. Walaupun versinya berbeda namun fungsinya tetaplah sama. Yang membedakan hanya fitur yang lebih baik dibanding versi terdahulu. 


Microsoft Excel bekerja menggunakan sistem workbook, dan di dalamnya terdapat worksheet atau disebut pula lembar kerja. Dalam worksheet inilah kita akan menggunakan kolom serta baris yang berbentuk kotak kecil-kecil atau sel-sel di mana kita memasukkan data. Pengertian Microsoft Excel dan fungsinya tergolong sangat banyak. Fungsi serta kegunaan Microsoft Excel di antaranya adalah membuat laporan keuangan, daftar nilai, daftar hadir, hingga melakukan operasi penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan cepat.

Tidak hanya itu, pengertian Microsoft Excel dan fungsinya juga mencakup menghitung kurs mata uang, membuat diagram batang, garis maupun lingkaran, membuat tabel dan grafik dari suatu perhitungan, membantu dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan logika, membuat presentasi menjadi lebih mudah dan praktis serta dapat menyajikan data secara rapi, tepat dan akurat. 

Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft Excel bisa menemukan pola dalam data secara cepat, tepat pada titik sasaran sehingga datanya valid, spreadsheet bisa diakses dari mana saja hingga adanya co-authoring melalui aplikasi website Microsoft Excel yang akan memudahkan kita dalam mengedit spreadsheet yang sama milik orang lain di lokasi berbeda.

Terdapat pula Excel add-in berupa The PowerPivot yang bisa didownload gratis dan menyediakan aneka teknologi inovatif seperti integrasi data secara efisien dari aneka sumber. Langkah langkah membuka Microsoft Excel juga sangat mudah. Kita cukup double klik pada ikon Microsoft Office yang berada di task bar atau desktop komputer. 

Setelahnya kita akan melihat worksheet yang masih kosong. Data-data dapat dimasukkan dalam kotak-kotak kecil yang terdapat dalam worksheet. Untuk menyimpan data yang telah dibuat, ketik bersamaan CTRL + S. Untuk membuka data yang telah dibuat, klik File dan pilih Open. Pilih drive penyimpanan tempat data disimpan, lalu klik Open.

Microsoft Excel juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel ini di antaranya adalah pengorganisasian data. Manfaat terbesar dari Microsoft Excel ialah fungsi utama dalam mengatur sejumlah besar data secara teratur dan spreadsheet memiliki kelogisan serta grafik yang bagus. 

Dengan data yang terorganisir, akan mudah bagi kita dalam melakukan analisis serta mencerna hasil pekerjaan jika digunakan untuk membuat presentasi data visual berupa grafik dan lain-lain. Selain itu, formula dan fitur perhitungan Excel juga dapat menggunakan angka-angka secara hampir seketika. Perhitungan berkelompok akan dapat dilakukan secara jauh lebih mudah dibanding menggunakan kalkulator. Semuanya akan bergantung pada keterampilan serta pemahaman penggunaan Excel.

Dukungan pihak ketiga menjadi kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel selanjutnya. Excel telah dianggap sebagai standar paling baik dalam perangkat lunak spreadsheet serta dapat dinikmati pada sejumlah perangkat yang lain, termasuk tablet serta smartphone. Kebanyakan program spreadsheet lain juga memperbolehkan impor lembar Excel dalam format aslinya dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri untuk menjadi file Excel. 

Terakhir, Microsoft Excel juga terintegrasi dengan Office karena merupakan bagian dari Microsoft Office. Ini akan membuat spreadsheet Excel dapat ditambahkan dengan mudah pada Microsoft Word serta Microsoft Power Point agar dapat membuat presentasi laporan yang lebih dinamis. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari Microsoft Excel, selanjutnya akan kita lihat kekurangan-kekurangan dari perangkat lunak ini.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel selanjutnya adalah dalam hal mempelajari kurva. Pengguna Excel masih harus membutuhkan banyak latihan serta pembelajaran agar mahir dalam menggunakan perangkat lunak ini. Pengguna yang tidak atau belum terbiasa dengan sintaks Excel, baik dalam perhitungan maupun fungsi lain, maka bisa jadi akan merasa frustrasi atau kesal karena pemahamannya belum kuat. 

Program Excel juga tidak memiliki sarana yang dapat digunakan untuk memeriksa hasil perhitungan. Sehingga, kesalahan perhitungan dapat juga terjadi. Salah satu contoh yang fenomenal adalah laporan Tim Worstall dari Forbes yang melaporkan JP Morgan kehilangan uang hingga miliaran dollar lantaran kesalahan dari persamaan Excel yang digunakannya.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel selanjutnya ialah memakan waktu, yaitu memasukkan data secara manual dalam Excel dapat membutuhkan waktu sangat lama. Hal ini terutama apabila ada banyak data yang dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan guna memasukkan data secara manual ini bisa jadi tidak efisien. 

Terakhir adalah dari segi ongkos atau biaya akses. Menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel tidaklah gratis, terutama software yang asli. Versi Excel berbasis Cloud membutuhkan langganan terutama untuk Office 365. Edisi dekstop dari Excel dipatok harga beli lebih dari enam puluh dollar Amerika Serikat mulai Maret 2015. Ini menjadikan Microsoft Excel sebagai software berbayar yang cukup mahal harganya.

Demikian adalah kelebihan serta kekurangan yang ada pada perangkat lunak pengolah data Microsoft Excel. Software ini pasti sudah lekat pada kita yang terbiasa menggunakan komputer untuk kebutuhan pengolahan data-data berupa angka, seperti pekerjaan statistik dan lain-lain. Memahami sepenuhnya cara menggunakan Excel serta fungsi-fungsi yang biasa digunakan akan sangat membantu kita dalam mengoperasikannya untuk kebutuhan sehari-hari. 


Microsoft Excel biasa digunakan untuk kegiatan kantoran hingga perkuliahan yang membutuhkan pengolah angka melalui spreadsheet. Semoga informasi seputar pengertian Microsoft Excel, langkah-langkah dalam membuka programnya hingga aneka kelebihan dan kekurangan perangkat lunak ini bisa menjadi tambahan wawasan untuk kita semua.

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon