Cara Membuat Grafik di Word | Tutorial Ms Word

Cara membuat grafik di word cukup mudah karena fitur atau fasilitas ini telah tersedia di dalam software office pengolah kata ini. Berikut akan dibahas mengenai langkah - langkah membuat grafik dengan menggunakan microsoft word. Simak selengkapnya hanya di bisakomputer.id.

Grafik merupakan salah satu bentuk penyajian data dengan membandingkan dua variable atau lebih yang saling berkaitan satu sama lainnya dengan ditandai sebuah garis yang mencermikan atau mengimplementasikan hubungan variabel - variabel tersebut. Grafik dapat dibuat secara manual atau menggunakan komputer microsoft word & excel. Pada kesempatan ini, kita akan belajar cara membuat grafik di microsoft word.

cara membuat grafik di word

Microsoft Word sebagaimana sudah kita ketahui, merupakan salah satu software yang cukup kompleks untuk fasilitas di dunia perkantoran, pendidikan dan administerasi umum. Termasuk dalam penyajian data seperti grafik ini. Kita bisa membuat grafik dari data yang kita miliki dengan menu "insert chart" yang ada pada toolbar menu. 

Baca materi  : Bagian - bagian Microsoft Word dan fungsinya

"Insert Chart" merupakan fasilitas atau fitur insert atau membuat grafik yang ada pada microsoft word. Dengan menu ini kita bisa membuat berbagai macam chart, seperti diagram lingkaran, grafik garis, diagram batang dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan pelajari dulu cara membuat grafik garis di word.

Cara Membuat Grafik di Word Dengan Menu "Chart"


Untuk membuat sebuah grafik tentu anda harus memiliki data dua variabel yang saling berkaitan satu sama lain. Di sini saya berikan contoh data penelitian tentang panjang pegas dan beban yang diberikan. Biasaya data tersebut tersaji dalam bentuk tabel seperti ini :
cara membuat grafik di word
Silahkan siapkan data anda sendiri, atau boleh ambil data saya ini. Sekarang jalankan program Microsoft Office yang ada di komputer anda. Di sini saya gunakan office 2010.  Anda tidak perlu khawatir karena cara membuat grafik di microsoft word 2007 sama persis.

1. Pada lembar kerja baru ms word, klik tab menu "insert" kemudian klik "chart"


2. Setelah itu, akan muncul berbagai pilihan bentuk grafik seperti yang sudah saya katakan tadi. Untuk membuat grafik pilih salah satu jenis pada template "line"


3. Setelah anda klik "Ok" maka grfik akan langsung terbentuk dengan disertai munculnya jendela microsoft excel.


coba anda perhatikan, tidak perlu panik. Microsoft Excel di sini berfungsi sebagai pengolah angka yang nantinya akan dibuat grafik secara otomatis oleh Microsoft Word.

4.  Langkah selanjutnya adalah mengatur dan menyesuaikan data yang ada di Excel dengan data yang kita miliki. Caranya kita menghapus dua kolom yang tidak kita butuhkan di excel. Yaitu kolom Series 2 dan series 3. Blok semua data yang ada di kolom tersebut kemudian klik kanan pilih "delete" kemudian klik "table columns"


5. Sekarang tersisa dua kolom, edit dan sesuaikan isi dua kolom tersebut dengan data kita pada tabel.


6. Dengan merubah isi data tersebut maka secara otomatis gambar grafik akan menyesuaikannya. Coba lihat ini,


7. Setelah selesai seperti ini, "close" jendela microsoft Excel. Dan apabila anda ingin menedit datanya, maka klik pada gambar grafik, kemudian pilih "edit data"


Nah dengan langkah - langkah tersebut, maka grafik di microsoft word telah selesai kita buat. Dan anda tinggal mengedit layout atau tampilan grfik tersebut seperti menambah judul, atau memberi keterangan lainnya. Ini bisa anda lakukan dengan menu desain.

Tutorial terkait : 

Oke, sampai di sini dulu bahasan kita kali ini tentang cara membuat grafik di word dengan insert chart. Semoga bermanfaat. Dan jangan lewatkan tutorial - tutorial selanjutnya hanya di bisakomputer.id.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Grafik di Word | Tutorial Ms Word"