Mengenal Bagian Bagian Microsoft Word Dan Fungsinya Lengkap

Bagian bagian Microsoft Word sudah sepatutnya dan bahkan seharusnya kita bahas sebelum kita masuk pada materi tutorial Microsoft Word. Sebab pengenalan terhadap bagian dari apa yang akan kita pelajari dapat memberikan gambaran awal terhadap materi yang akan kita kuasai. Oleh karena itu, ada baiknya pada kesempatan ini, bisakomputer.id akan membahas mengenai bagian bagian jendela microsoft word.

Pada kesempatan yang lalu, kita sudah membahas secara lengkap dan detail mengenai pengertian Microsoft Word dan juga pengetahuan mengenai perkembangan software tersebut hingga pada zaman sekarang ini. Dan kita dapati, software Microsoft Word layak untuk kita kuasai sebagai modal kita dalam berkarir.

Baca Lagi : Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office yang berfungsi untuk mengolah kata. Artinya fungsi dari software ini lebih spesifik pada pengetikan yang berupa tulisan, namun sangat kompleks dan profesional. Dapat kita katakan, semua kebutuhan dalam hal penulisan baik untuk surat, karya ilmiah, dan lain sebagainya terpenuhi dalam software microsoft word ini.

Untuk menjadikan Microsoft Word sehandal ini, tentunya terdapat banyak sekali menu - menu dan fungsi ikon dan juga desain jendela kerja yang membuat siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah. Apa saja bagian bagian lembar kerja microsoft word ini ?Mari kita bahas sekarang.

Bagian - Bagian Microsoft Word 2007 dan Fungsinya


Anda tidak perlu bingung karena Microsoft Word yang anda pakai tidak 2007, karena hampir semua seri memiliki bentuk dan susunan yang relatif sama. Hanya penggunaanya yang semakin dipermudah. Coba perhatikan gambar ini, inilah penampakan program Microsoft Word yang sedang kita bicarakan. Kalau anda lihat sekilas, hampir semua menu terdapat pada bagian atas.

bagian bagian microsoft word dan fungsinya

Bagi anda yang sudah terbiasa bekerja dengan Microsoft Word tentu tidak asing lagi dengan tampilan jendela kerja microsoft word. Nah jendela kerja ini kalau kita perhatikan terdapat bagian - bagian yang memiliki fungsi tertentu dan yang pasti berbeda - beda. Berikut kita jabarkan satu - persatu bagian bagian microsoft word 2007 dan penjelasannya.

1. Ttitle Bar

bagian bagian microsoft word dan fungsinya
Bagian yang diberi tanda kotak merah itulah "Title Bar". Title adalah judul atau nama dokumen yang sedang kita buka. Di sini saya membuka dokumen baru (lembar kerja baru) dan belum saya simpan atau saya kasih nama, jadi disana tertulis 'Document1"

2. Quick Access Toolbar

bagian bagian microsoft word dan fungsinya

Quick Access dapat kita katakan sebagai akses cepat. Terkadang untuk melakukan satu perintah tertentu kita harus melalui dua atau tiga kali klik menu. Oleh karena itu dibuatlah fasilitas ini untuk memudahkan akses. Sekali akses anda bisa langsung melakukan perintah yang dimaksud. Quick Access Toolbar ini bisa kita tambah dan kurangi sesuai keinginan kita.

3. Tab Menu
bagian bagian microsoft word dan fungsinya

Bagian bagian microsoft word yang selanjutnya di sana ada "Tab Menu". Dinamakan "Tab" karena masing - masing menu tersebut memiliki turunan menu yang sangat banyak. Anda bisa lihat pada gamnar. Pada Tab Menu "Home" terdapat kurang lebih enam kelompok menu. Dan di dalam masing - masing kelompok tersebut terdapat ikon menu yang lebih banyak lagi.

4. Ribbon Menu


Berikutnya mungkin ini yang tadi kita maksudkan turunan atau kelompok dari Tab Menu. Ribbon menu berisi banyak sekali menu yang langsung bisa kita akses. Berisi perintah - perintah diantaranya untuk mengatur, jenis huruf, warna huruf dan sebagainya.

5. Office Button


Yang tidak boleh terlewatkan dalam membahas bagian bagian microsoft word dan fungsinya yaitu tombol berlogo Microsoft Office yang dikenal dengan istilah Office Button. Tombol ini berisi menu - menu eksekusi finish seperti menyimpan dokumen, mencetak, dan juga membuka lembar kerja baru.

6. Lembar Kerja


Di sinilah kita bekerja. Inilah lembar kerja Microsoft Word yang berfungsi untuk tempat kita menulis dan merangkai kata sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masing - masing, lihat di bawah terdapat keterangan jumlah kata, nomor halaman dan juga bahasa yang kita gunakan dalam penulisan. Serta pada bagian samping kiri dan atas terdapat ruler atau skala.

7. Scroll Bar & Zoom


Selanjutnya disana ada Scroll Bar yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan halaman kerja kita ketika kita akan menuju pada halaman pertama atau halaman ke sekian. Juga terdapat menu pengaturan tampilan yang terletak di sebelah Zoom.

Lanjutkan materi tutorial Ms Word selanjutnya :

Demikian pembahasan yang cukup singkat mengenai hal yang cukup penting sebagai pengantar kita untuk belajar tutorial Microsoft Word pada sesi berikutnya. Semoga uraian singkat tentang bagian bagian microsoft word dan fungsinya bisa dipahami sebagai bekal kita untuk belajar yang lebih dalam lagi tentang microsoft Word. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bagian Bagian Microsoft Word Dan Fungsinya Lengkap"