Senin, 11 Februari 2019

Sistem Operasi Komputer Terbaik Yang Digunakan Hingga Sekarang


Sistem operasi komputer merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang mempunyai tugas untuk melakukan manajemen pada suatu sistem komputer. Sistem operasi biasanya disebut sebagai OS atau Operating System. Salah satu fungsi sistem operasi komputer adalah untuk mengatur hardware dan menjalani operasi dasar seperti pemrosesan data, penyimpanan data, dan berbagai fungsi sistem komputer lainnya. 

Banyak sekali macam macam sistem operasi komputer yang sering digunakan. Salah satu contoh sistem operasi berlisensi yang paling banyak digunakan adalah Windows. Sedangkan sistem operasi open source yang paling banyak digunakan adalah Linux. Windows dan linux adalah salah satu contoh sistem operasi komputer yang populer saat ini. Namun tahukah kamu, selain windows dan linux, masih banyak OS lainnya yang digunakan. Seperti Macintosh, UNIX, dan lain lain. 

5 Sistem Operasi Komputer Paling Populer Saat Ini


1. Windows


sistem operasi komputer

Pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi ini. Windows adalah sebuah sistem operasi komputer yang berada dibawah naungan perusahaan Microsoft Corporation. Windows memanfaatkan GUI atau singkatan dari Graphical User Interface sebagai tampilannya. 

Versi windows yang paling terkenal dan terpopuler pada zamannya adalah Windows XP. Selain Windows XP, terdapat juga versi windows yang terkenal saat ini seperti Windows 7, Windows 8 dan versi paling terbaru adalah Windows 10. Perkembangan sistem operasi windows sangatlah cepat. Windows selalu mengupdate fitur fitur nya agar selalu useful dalam penggunaannya. 

Keunggulan sistem operasi windows adalah lebih user friendly, mudah digunakan, perkembangan yang cepat, dan mudah diinstall. Walaupun memiliki banyak keunggulan, windows juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu nya adalah lisensi yang cukup mahal dibandingkan sistem operasi yang lainnya. Selain itu, windows masih memiliki keamanan yang kurang kuat dan lebih mudah terserang virus. 

Jika kamu memakai Windows 10 maka setiap bulan akan selalu update dengan memakan paket data yang cukup banyak. Jika kamu pengguna WiFi mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana dengan pengguna yang memanfaatkan tathering atau hotspot seluler ?

Walaupun sistem operasi yang berlisensi, masih banyak orang yang mengcrack lalu mendownload windows secara ilegal & gratis dari internet. Untuk itu, mari kita hentikan kebiasaan mendapatkan produk secara ilegal dengan membeli lisensinya. 

2. Mac OS


sistem operasi komputer
Mac OS atau yang biasa disebut Macintosh adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple yang hanya bisa digunakan oleh produk Apple. Jika dibandingkan dengan jumlah pengguna windows, Mac OS tentu kalah jauh. Tetapi kualitas dari Mac OS tidaklah kalah jauh dengan windows. Selain di komputer, MacOS juga terdapat di smartphone.

Perusahaan software raksasa, Apple Inc menciptakan Mac OS pertama kali pada tahun 1986. Pada awal dikembangkan Mac OS atau Macintosh Operating System diberi nama OS X. Beberapa orang yang turut serta mengembangkan Mac OS adalah Andy Hertzfeld, Bill Atkinson dan Jef Raskin. 

Walaupun kalah populer dari windows, Mac OS memili banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang paling menonjol adalah Graphical User Interface yang sangat menarik. Sistem keamanannya pun lebih kuat dan terjamin karena penggunaan yang berbasis UNIX. Selain itu, mudah digunakan dan lebih powerful. 

Tentu saja, setiap ada kelebihan, kekurangan pasti akan menyertainya. Beberapa kekurangan dari sistem operasi Mac OS adalah harga yang cukup tinggi dan mahal. Mac OS hanya diperuntukan untuk produk Apple. Perusahaan Apple memberikan harga yang cukup tinggi dibandingkan perusahaan yang lainnya. 

Jika windows memiliki sistem multitasking dapat menjalankan keperluan desain grafis dan gaming, maka untuk Mac OS tidak. Mac OS tidak cocok untuk digunakan keperluan gaming dan hanya cocok penggunaan seperti multimedia dan pemograman. 

3. Linux

sistem operasi komputer

Linux adalah sebuah sistem operasi open source gratis yang memiliki lisensi GNU dan merupakan turunan dari UNIX. GNU merupakan General Public License yang merupakan suatu lisensi untuk perangkat lunak legal. Dengan lisensi GNU, kamu dapat memperoleh serta memodifikasi open sourcenya.

Kamu bebas memodifikasi serta mengubah source kode linux. Salah satu linux yang populer adalah Ubuntu, Debian, dan lainnya. Linux biasanya digunakan oleh seorang programmer maupun hacker karena kelebihannya yang sudah disebutkan, yaitu bebas & gratis. 

Selain gratis, kelebihan linux adalah keamanannya yang lebih unggul dibandingkan sistem operasi lainnya karena bersifat multiuser. Selain itu, karena sifatnya open source, maka linux bebas dikembangkan oleh siapa saja sehingga memiliki banyak komunitas. 

Linux tidak membutuhkan space data yang banyak sehingga cocok untuk komputer atau PC yang memiliki space data yang terbatas. Linux juga jarang mengalami error atau crash dan penggunaannya yang lebih stabil. 

Salah satu kekurangan atau kelemahan sistem operasi linux adalah, user yang tidak terbiasa mengoperasikan linux. Karena fitur linux berbeda dengan sistem operasi lainnya. Selain itu, tidak semua program atau aplikasi support oleh linux. Instalasi yang agak ribet dan sulit jika dibandingkan dengan windows. 

4. UNIX

sistem operasi unix

UNIX merupakan sebuah sistem operasi komputer yang biasanya digunakan untuk keperluan sever dan workstation. UNIX memiliki sistem multitasking dan multiuser. UNIX pertama kali dikembangkan pada tahun 1965 melalui project yang bernama Multiplexed Information and Computing Service. Projects tersebut dibiayai oleh DARPA atau yang lebih dikenal oleh Defense Advanced Research Projects Agency.

Salah satu kelebihan UNIX adalah gratis dan sistem yang cukup stabil. Selain itu dapat digunakan dalam server maupun workstation. UNIX juga memiliki sistem multitasking dan multiuser. Multitasking dapat menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu, sedangkan multiuser dapat memiliki banyak pengguna. 

Kekurangan dari sistem operasi UNIX adalah tampilan yang kurang menarik. Jarang digunakan oleh orang banyak karena lebih sering digunakan untuk kebutuhan server dan workstation. 

5. DOS

sistem operasi komputer

DOS atau singkatan dari Disk Operating System adalah sebuah sistem operasi yang memanfaatkan sebuah perangkat Command Prompt. Karena memanfaatkan Command Prompt maka seluruh perintah sistem operasi DOS hanya bisa dijalankan dengan mengetik manual.

Jika MacOS memiliki GUI yang menarik dan mudah dalam menjalankan perintah, maka tampilan DOS sangat sederhana dan perlu memberikan perintah manual dengan baris teks. Fungsi DOS adalah untuk menjalankan berbagai aplikasi pengolah kata. 

DOS sampai saat ini masih ada dan dapat ditemui di sistem operasi windows. DOS cukup ringan untuk dijalankan dan proses perintah menjadi lebih cepat. Jika kamu ingin membeli laptop baru, pastinya kamu akan menemui beberapa spesifikasi laptop yang memiliki sistem operasi DOS.

Baca juga : Cara mudah mengatasi komputer lemot

Itulah 5 daftar macam sistem operasi komputer beserta penjelasannya. Sekarang kamu dapat mengetahui macam macam sistem operasi komputer, penjelasan, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon