Pengertian Microsoft Word, Perkembangan, dan Manfaatnya

Perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang membuat hidup menjadi lebih mudah.Salah satu perkembangan teknologi yang semakin mempermudah berbagai kegiatan adalah perkembangan komputer.Microsoft adalah salah satu perusahaan software yang mengembangkan berbagai program bermanfaat. Salah satu program komputer yang dikeluarkan Microsoft dan sangat membantu adalah Microsoft Word. 

Pengertian Microsoft Word sendiri adalah sebuah program yang diciptakan untuk mengolah data dalam bentuk kata. Yang termasuk kata di sini meliputi pembuatan berbagai macam hal yang berkaitan dengan tulisan, surat-menyurat, dan sebagainya dengan dilengkapi berbagai format, kemudahan dalam mengetik, berbagai jenis huruf, pengaturan, dan berbagai kelebihan lainnya yang membuat melakukan pengetikan dan pembuatan dokumen dalam Microsoft Word lebih mudah dan cepat.

Apa itu MicrosoftWord ?


pengertian microsoft word
http://lifehacker.com

Pada awalnya, mungkin banyak yang mencari tahu pengertian Microsoft Office Word dan untuk apasoftware tersebut digunakan. Kini, semua orang tahu software macam apa Microsoft Office Word dan seberapa besar kegunaannya. Hampir sebagian pengguna komputer menggunakan software ini untuk melakukan berbagai kegiatan pengolahan kata.Software ini bahkan termasuk software yang wajib dimiliki oleh banyak pengguna komputer dengan sistem operasi Windows.Sebagai salah satu program komputer yang sangat bermanfaat, Microsoft Word kini merajai pasar software pengolahan kata di dunia.

Perkembangan Microsoft Word dari Masa ke Masa

Dalam perjalanan menciptakan program yang sangat memudahkan seperti sekarang ini, Microsoft mengawali penciptaan softwareMicrosoft Word dengan membuat sebuah program pengolahan kata pertama yang dapat membuat tampilan tulisan menjadi tebal dan menjadi huruf miring pada layar berbeda dengan kompetitornya yang hanya menampilkan kode dan warna untuk menandai bahwa tulisan tersebut tercetak miring atau tebal. Dengan konsep ‘apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan’ atau dalam bahasa inggris ‘what you see is what you get’ disingkat sebagai fitur WYSIWYG, Microsoft mampu menandingi kompetitor pengolah kata lainnya saat peluncuran perdana.

Kini berbagai manfaat Microsoft Word dapat kita nikmati seiring dengan terus dikembangkannya versi terbaru dari Microsoft Word yang kemudian hanya disebut dengan Word saja mulai peluncuran versi 2013.Berbagai fitur baru yang mempermudah pengguna terus dikembangkan.Berbagai kesalahan atau berbagai fitur yang tidak diperlukan terus diperbaiki dan disempurnakan.Sebagai perusahaan yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, Microsoft kini menjadi salah satu perusahaan software unggul di dunia.

Dalam perkembangannya, ada berbagai kelebihan dan kekurangan Microsoft Word yang terus dikembangkan dan diperbaiki. Salah satu kejadian yang menjadikan kesalahan termahal Microsoft adalah pada peluncuran Microsoft Word versi 3.0 untuk sistem operasi Machintosyang memiliki banyak fitur baru namun banyak bug yang membuat program menjadi tidak stabil. Pada saat ini, Microsoft mengirimi semua pengguna Microsoft Word versi 3.0 dan memberi salinan versi 3.01 yang jauh lebih stabil sebagai ganti rugi. 

Mulai awal tahun 1990, Microsoft berafiliasi dengan Windows membuat program pengolahan kata Microsoft Wordfor Windows. Mulainya afiliasi tersebut merupakan awal dari kukuhnya Microsoft Word sebagai perangkat lunak yang memimpin pasar perangkat lunak pengolah kata.Sebagian dari Anda mungkin saja menjadi saksi perkembangan sistem operasi Windows dan software Microsoft.

Mulai tahun 2010, perkembangan Microsoft Word semakin pesat.Dengan memperbaiki dan mengembangkan kelebihan dan kekurangan MicrosoftWord, perangkat lunak ini menjadi lebih ringan dan lebih mudah dijalankan. Hal ini karena pada versi yang bisa digunakan untuk sistem operasi Windows XP, vista, 7, dan 8 ini menghilangkan beberapa fitur yang tidak diperlukan.Selain itu, pada tahun ini, tampilan Microsoft Word semakin baik dengan grafis 3D yang semakin baik.

Mulai adanya format baru yaitu open document format atau .odf dan dapat langsung menyimpan dalam format pdf tanpa menggunakan tambahan tools. Yang lebih mudah lagi, pada versi ini sudah diintegrasikandengan Windowslife yang membuat kita dapat dengan mudah menyimpan dokumen di cloud.

Pada tahun 2013, berbagai perkembangan juga dilakukan sehingga membuat manfaat MicrosoftWord bagi para penggunanya menjadi semakin bertambah. Dalam versi yang diluncurkan tahun ini, Microsoft Office Word mulai dikenal dengan kata ‘Word’ saja sehingga memberikan kesan yang lebih sederhana. 

Tampilan antar muka yang disuguhkan oleh Windows ini memiliki tema metro hampir sama seperti tampilan Windows 8. Dengan menggunakan versi ini, Anda dapat menggeser gambar dengan lebih baik dan halus. Microsoft Word versi ini dapat digunakan untuk mengedit file yang disimpan dalam format pdf. Karena software ini terintegrasi juga dengan skydrive, maka penyimpanan data dan dokumen ke cloud menjadi lebih mudah.

Manfaat kehadiran Microsoft Word dalam sistem pengolahan kata

Sampai saat ini, Microsoft masih terus memperbaiki dan mengembangkan berbagai kelebihan dan kekurangan Microsoft Word agar dapat lebih mudah digunakan dan memiliki tampilan grafis yang semakin baik. Ada banyak manfaat Microsoft Word pagi para penggunanya.Hal ini karena keunggulan software pengolahan kata keluaran Microsoft yang sangat membantu penggunanya. Adapun beberapa manfaat menggunakan perangkat lunak ini dalam mengolah kata diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cepat dan efisien

Kemunculan MicrosoftWord dalam dunia pengolahan kata melalui sistem komputer membuat penyelesaian pekerjaan yang berhubungan dengan hal tersebut menjadi lebih cepat.Hal ini tentunya membuat segala kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut dapat dilaksanakan dengan lebih cepat pula. Dengan semakin berkembangnya software tersebut seiring dengan berjalannya waktu, penyelesaian sebuah dokumen menjadi semakin cepat dan semakin baik. Efisiensi waktu dalam bekerja juga semakin meningkat. Dengan demikian, berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan kata dan penataan dokumen dapat dilaksanakan dengan lebih rapi, cepat, dan efisien.

2. Mudah dan murah

Manfaat Microsoft Word yang kedua adalah mudah dan murah. Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan lebih cepat. Banyaknya fitur yang mendukung membuat pembuatan dokumen yang berkaitan dengan pengolahan kata menjadi lebih singkat. Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, pekerjaan juga menjadi lebih murah karena dapat dilakukan dengan lebih cepat.

3. Paperless 

Dengan semakin berkembangnya sistem internet dan terintegrasinya Microsoft Word dengan sistem internet, Anda dapat dengan mudah menyimpan banyak file pada cloud dan berkirim surat elektronik kepada rekanan kerja. Hal ini membuat kertas tidak lagi memiliki peran sangat penting.Andabisa mengurangi penggunaan kertas dan menyelamatkan lingkungan.

Materi dasar Ms Word :

Itu tadi pengertian Microsoft Word lengkap dengan perkembangan serta manfaatnya. Dengan kehadiran komputer dan berbagai perangkat lunak di dalamnya, berbagai pekerjaan dapat dikerjakan dengan semakin mudah.Perkembangan teknologi sejatinya memiliki dampak yang positif bagi peradaban manusia jika digunakan dengan benar dan sesuai etika.Salah satu perkembangan teknologi yang sangat baik dan membantu adalah ditemukannya sistem komputer dan perkembangannya hingga sekarang.

Posting Komentar untuk "Pengertian Microsoft Word, Perkembangan, dan Manfaatnya"