Cara Membuat Garis di Microsoft Word Dengan Berbagai Teknik

Cara membuat garis di word bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik tergantung garis apa yang akan kita buat. Jika anda ingin membuat garis tepi kertas, seperti (Bingkai) maka anda bisa gunakan menu "border and shading". Apabila anda ingin membuat garis panah, anda bisa gunakan "shape", untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan cara membuat garis di microsoft word dengan berbagai teknik sekarang hanya di bisakomputer.id

Tadi sedikit telah kita singgung, tentang macam garis yang bisa kita buat pada microsoft word. Pada kesempatan ini kita akan belajar membuat beberapa macam garis yang biasanya dibutuhkan ketika kita menggunakan Microsoft Word.

Cara Membuat Garis di Microsoft Word 


Microsoft Word memang sebuah software yang sangat lengkap, kita tidak perlu menginport dari software lain ketika kita membutuhkan objek lain selain tulisan. Seperti garis, kita sudah disediakan dengan berbagai macam menu yang ada. Berikut beberapa diantaranya :

1# - Cara membuat garis tepi di word

Garis tepi adalah garis yang terletak setiap sisi pada tepi kertas. Biasanya garis ini digunakan sebagai aksesories tulisan, atau untuk memperindah hasil tulisan. Garis tepi juga bisa kita katakan bingkai. Kebetulan sekali, cara membuat garis tepi atau bingkai ini sudah kita bahas pada kesempatan yang lali, anda hanya tinggal memnacanya saja di sini :

Baca : Cara membuat bingkai di Microsoft Word

2# - Cara membuat garis pada kop di word

Kita lanjutkan saja dengan garis berikutnya, ini yang biasanya sangat sering digunakan. Khususnya untuk anda yang bekerja di dunia administerasi perkantoran tentu tidak akan asing dengan yang namanya KOP surat.

Ada beberapa cara membuat garis untuk kop surat di microsoft word. Bisa secara manual, dengan insert "Shape" atau bisa juga dengan "border". Berikut tekniknya :

1. Buatlah KOP surat pada lembar kerja word anda.
2. Blok semua tulisan pada KOP surat
3. Klik anak panah ke bawah pada icon menu border pada Ribbon menu "Paragraph" kemudian klik/pilih "Border & Shading"

cara membuat garis di microsoft word


4. Kemudian akan muncul kotak dialog "Border & Shading", tetplah pada tab "Border"
5. Pilihlah "style" garis dan ukuran (width) yang anda inginkan kemudian klik pada bagian "preview" bottom border ( garis bawah), kemudian klik OK

cara membuat garis di microsoft word

Hasilnya seperti ini :

cara membuat garis di microsoft word


Untuk cara kedua membuat garis KOP surat dengan shape, tidak kita berikan contoh di sini karena kita akan sekalian bahas dengan garis selanjutnya yaitu garis panah.

3# - Cara membuat garis panah di word 2007

Nah sekarang kita lanjutkan dengan cara membuat garis modifikasi, atau garis - garis lain yang tidak menggunakan menu - menu khusus. Di sini untuk membuat garis panah dan sejenisnya kita gunakan insert Shape.

Ada yang sudah tahu ?

Saya yakin pasti sudah banyak yang tau yaitu dengan insert shape yang ada pada ribbon menu, sama seperti ketika kita menyisipkan gambar, hanya saja yang kita klik bukan "Picture" tapi pada "Shapes"

Baca lagi : Cara menyisipkan gambar pada Microsoft Word

Berikut cara membuat garis dengan "Shapes"

1. Dari lembar kerja word anda, klik tab menu "Insert" dilanjutkand engan ikon "Shapes"
2. Pilihlah gambar simbol garis anak panah desngan bentuk yang anda inginkan.


3. Kemudian secara otomatis "pointer" anda akan menjadi tanda ( + ) yang artinya siap untuk menggambar garis tersebut.
4. Klik dimana anda akan membuat gambar lalu tahan dan geser ke arah mana saja anda ingin membuat garisnya, kemudian jika sudah lepaskan klik.


Berhasil, anda bisa mengedit (merubah) panjang, lebar dan juga style (warna) garis tersebut dengan melakukan klik dua kali pada garis untuk memunculkan menu desain.

Untuk cara membuat garis putus putus di office word caranya bisa anda pilih menggunakan border atau menggunakan insert "Shapes", untuk membuat putus - putus anda hanya cukup mengganti style nya saja menjadi putus - putus. Sangat mudah sekali bukan ?

Baca Juga :
Oke, sekian saja tutorial  cara membuat garis di microsoft word pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan kita akan sambung dengan tutorial Word selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Garis di Microsoft Word Dengan Berbagai Teknik"