Cara Melihat Spesifikasi Komputer Windows 7 Dengan Mudah

Cara melihat spesifikasi komputer bisa dilakukan dengan banyak jalan. Salah satunya kita bisa melihatnya dengan masuk pada jendela DirexDiagnostic Tool. Dan yang paling simpel anda juga bisa langsung mengecek spesifikasi dari windows dengan masuk ke system operasi komputer tersebut. Untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini bisakomputer.id akan berbagi tips bagaimana cara cara melihat spesifikasi komputer pada windows 7.

Mengetahui spesifikasi komputer penting, terlebih lagi untuk anda yang ingin membeli sebuah komputer 2nd. Komputer bekas memang harganya cukup murah, namun kalau kita tidak bisa melihat dan mengecek spesifikasinya, bisa - bisa kita dibohongi orang. Bukan "berburuk sangka" tapi untuk jaga - jaga saja. Jadi baiknya anda simak pembahasan kita kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui spesifikasi komputer pada sistem operasi windows.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer di Windows 7

Kalau anda dulu pernah tau bagaimana cara melihat spesifikasi komputer di Windows XP, caranya juga tidak jauh berbeda ketika anda ingin melihat spesifikasi komputer di windows 7. Di sini saya akan beritahukan dua cara yang paling mudah, diantara berbagai banyak cara yang lainnya. 

1. Cara mengetahui spesifikasi komputer pada OS Windows

Cara pertama kita bisa mengintip spek komputer secara umum langsung dari windows. Tidak perlu menggunakan software atau tidak memakai perintah khusus. Caranya seperti ini :

1. Nyalakan komputer anda
2. Buka Windows Explorer, pelajari : Cara membuka Windows Explorer dari banyak jalan
3. Klik kanan "My Computer" lalu pilih "Properties"

cara melihat spesifikasi komputer

4. Dari sini anda bisa melihat system komputer anda secara umum

cara melihat spesifikasi komputer

Anda bisa melihat spesifikasi komputer anda seperti yang tertera dalam kotak merah pada gambar diatas. Walaupun tidak lengkap, namun setidaknya kita bisa mengetahui jenis proccessor yang digunakan dan berapa kapasitas RAM.

Baca : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

2. Cara Melihat Spesifikasi Komputer Menggunakan "Run"

Selain menggunakan jalan tersebut, cara melihat spesifikasi komputer windows 7 juga bisa dilakukan dengan melihat DirectX Diagnostic Tool. Caranya adalah dengan memasukan kode panggilan untuk memunculkan menu Diagnostic Tool tersebut. Berikut langkah - langkahnya :

1. Ketik kode "dxdiag" pada "Run" kemudiak Enter

cara melihat spesifikasi komputer

2. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tools yang berisi beberapa informasi. Pada tab "System" anda akan melihat spesifikasi komputer anda

cara melihat spesifikasi komputer

Klik "Nesxt" page apabila ingin melihat spesifikasi lain yaitu "Display", "Sound" dan juga perangkat "Input" keyboard dan mouse.

Nah, inilah salah dua cara melihat spesifikasi komputer tanpa software dan tanpa melihat isi perangkat komputer anda. Namun untuk lebih jelas dan detailnya anda cek juga merk - merk dari perangkat keras yang ada di dalamnya. Apakan sama spesifikasinya dengan yang ada di system dan penuturan dari penjual. Oke sekian, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Spesifikasi Komputer Windows 7 Dengan Mudah"