Cara Compress Foto Di Komputer Dengan Paint

Cara compress foto sebenarnya bisa kita lakukan dengan banyak cara. Di komputer ada banyak sekali software - software yang memiliki fitur ini. Salah satunya adalah aplikasi "Paint" dari windows. Program atau software ini merupakan program editing image yang cukup sederhana. Namun begitu ada banyak fitur yang bisa kita manfaatkan, salah satunya bisa kita gunakan untuk merubah ukuran atau bisa juga kompress foto atau image.

Pada kesempatan kali ini bisakomputer.id ingin berbagi tips dan trik tentang bagaimana cara kompres foto lewat paint di komputer atau laptop. Keunggulan aplikasi ini adalah kita tidak perlu menginstallnya dan aplikasi ini tergolong sangat ringan dan sederhana, sehingga sangat mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun.

Cara Compress Foto di Komputer Dengan Paint


Oke, tidak perlu panjang lebar lagi, karena tutorial ini juga sangat singkat. Karena pada kesempatan ini kita hanya akan membahas cara merubah ukuran foto atau kompress foto dengan aplikasi paint saja. Berikut langkah - langkahnya :

1. Siapkan komputer anda, nyalakan dan siapkan foto atau gambar yang ingin anda rubah ukurannnya (compress)
2. Jalankan program atau aplikasi paint. Klik start menu, ketik "paint" di kolom pencarian "search program and file"

cara compress foto

4. Setelah ketemu, langsung saja tekan enter, atau klinik pada hasil pencarian "paint"
5. Seperti inilah tampilan dari software paint

cara compress foto

6. Cara kompres foto di paint dimulai dengan insert foto atau image ke paint. Anda bisa drag file, atau anda bisa gunakan cara yang umum dilakukan.


7. Kemudian pilih file foto atau image yang anda inginkan kemudian klik open.


8. Oke, sekarang dari program paint pada toolbar meneu, klik "resize"


9. Setelah itu, akan muncul jendela untuk merubah ukuran foto. Ubah bullet pada "Pixcel" maka secara otomatis akan tampak ukuran aslinya. Cara kompres ukuran foto yaitu dengan mengurangi salah satu dari ukuran pixel tersebut. Maka seara otomatis ukuran yang satu akan menyesuaikan.


Setelah selesai klik "OK" dan jangan lupa save as gambar atau foto hasil compress anda. Untuk melihat perubahannya, anda bisa cek dengan melihat properties dari image tersebut.

Jika anda masih merasa belum jelas dengan tutorial yang saya berikan, langsung saja tonton vidio singkat bagaimana cara merubah ukuran foto, barangkali bisa menambah referensi kita. Check this out :


Mudah sekali kan ? Masih ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan untuk merubah ukuran foto atau image yaitu dengan software lain seperti photoshop, atau anda juga bisa compress seara online. Sekian dan semoga tips atau tutorial cara compress foto dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga :

Posting Komentar untuk "Cara Compress Foto Di Komputer Dengan Paint"