Cara Menampilkan File Hidden Pada Komputer Windows

Cara menampilkan file hidden atau tersembunyi pada komputer cukup mudah karena kita tidak memerlukan aplikasi tambahan. Namun sebelumnya sudah tahukan anda bagaimana cara menghiden atau menyembunyikan file di komputer ? Pada kesempatan ini, kita akan belajar tips dan trik singkat, cara menampilkan file yang tersembunyi pada windows Explorer di komputer.

Komputer atau laptop merupakan salah satu benda yang cukup pribadi untuk seseorang. Disana berisi banyak file - file yang penting dan terkadang ada yang bersifat rahasia yang tidak boleh sembarang orang melihatnya. Ketika komputer kita dipakai orang lain seperti anak atau sodara kita, kadang timbul kekhawatiran terhadap file tersebut.

Baca juga : Cara membuat kunci pada laptop dengan password

Ternyata hal itu bisa kita atasi dengan cara melakukan hidden file atau menyembunyikannya agar tidak terlihat sehingga akan aman. Lalu bagaimana cara menyembunyikan dan cara menampilkan file tersembunyi laptop tersebut ? Kita akan perlajari di bisakomputer.id sekarang.

Cara Menghidden Atau Menyembunyikan File di Komputer

Sebelum kita belajar bagaimana cara menampilkan file tersembunyi pada pc, terlebih dahulu kita akan belajar bagaimana cara membuatnya tidak kelihatan atau hidden file. Salah satu cara yang paling gampang dan sangat cepat adalah dengan merubah properties file tersebut. Berikut caranya :

1. Pilih dan cari file atau folder di komputer anda yang akan anda hidden
2. Klik kanan pada file tersebut kemudian dilanjutkan dengan klik "Properties"

cara menampilkan file hidden

3. Setelah keluar jendela "file Properties", kemudian beri centang pada kotak "hidden" lalu klik "Apply" kemudian dilanjutkan dengan klik "Ok"

cara menampilkan file hidden

Sekarang file tersebut akan hilang seperti tidak ada file di dalamnya. Padahal sebenarnya kalo kita cek di ukuran file akan terlihat. Nah sekarang, bagaimana apabila kita mau memunculkan kembali ?

Cara Menampilkan File Hidden Pada Komputer Atau Laptop


Untuk menampilkan file tersebut yang telah kita sembunyikan caranya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

Berikut langkah - langkah cara menampilkan file tersembunyi di windows 7

1. Dari jendela Windows Explorer, klik "Organize"
2. Kemudian klik "Folder and search Option"


3. Kemudian akan muncul jendela "Folder Option". Klik tab "View" dan beri titik bullet "Show hidden files" kemudian klik "Apply" dilanjutkan dengan klik "Ok"


Sekarang semua file yang telah anda hidden akan muncul, jadi apabila anda akan menyembunyikan file dengan cara ini. Saran saya, jadikan dalam satu buah folder dan ditempatkan pada direktori yang sama. Sehingga anda tidak bingung mencarinya. Demikian sedikit tips cara menampilkan file hidden pada jendela windows explorer windows 7. Semoga bermafaat.

Baca Juga : Cara membuka Windows Explorer dengan bermacam cara

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan File Hidden Pada Komputer Windows"