Fungsi Microsoft Power Point dan Kelebihannya Lengkap

Perkembangan dunia teknologi dan informasi kini semakin canggih, salah satunya adalah munculnya komputer, laptop, dan lainnya yang akan membantu banyak manusia untuk melakukan berbagai pekerjaan. Selain adanya laptop yang bisa digunakan untuk mencari informasi, ada banyak aplikasi di dalamnya yang membantu anda melakukan pekerjaan. Fungsi Microsoft Power Point untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang akan anda lakukan.

fungsi microsoft power point


Microsoft Power Point ini yang biasanya digunakan dalam banyak hal khususnya bagi mahasiswa maupun orang-orang kantor yang akan melakukan sebuah presentasi. Mau tahu lebih banyak lagi tentang Microsoft Power Point? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentu saja apa pengertian dari Microsoft Power Point itu sendiri. Pengertian Microsoft Power Point adalah sebuah program atau aplikasi yang berada di dalam komputer ataupun laptop yang dimiliki oleh sebuah perusahaan besar yaitu Microsoft. Aplikasi Microsoft Power Point ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat berbagai macam rangkaian slide. 

Aplikasi Microsoft Power Point ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting dan banyak digunakan oleh orang-orang di kantor, dan juga seorang mahasiswa yang akan melakukan sebuah presentasi. Karena dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menampilkan banyak teks, gambar, bahkan video yang ada.

Baca Juga Yang Ini : Pengertian Microsoft Word Dan Perkembangannya

Mungkin bagi banyak orang yang baru saja mempelajari komputer, maka masih kebingungan tentang bagaimana cara membuka Microsoft Power Point. Nah jangan khawatir, bagi Anda yang merupakan pemula dan baru pertama kali membuka aplikasi ini, berikut inilah beberapa caranya:

1. Pertama, klik Start yang berada di pojok kiri bawah.

2. Kedua, klik All Programs.

3. Ketiga, carilah aplikasi Microsoft Office khususnya Microsoft Power Point yang ada di komputer atau yang ada di laptop Anda. 

Fungsi Microsoft Power Point

4. Keempat, aplikasi Microsoft Power Point pun akan terbuka. Jangan lupa jika setelah Anda ingin mengeluarkannya, maka simpanlah data-data yang telah Anda buat terlebih dahulu. Jika Anda ingin cepat, maka Anda bisa menekan tombol ctrl+s kemudian untuk mengeluarkan aplikasi Microsoft Power Point ini bisa menekan tombol alt+f4.

Bagian - Bagian Microsoft Power Point


Setelah Anda mengetahui bagaimanakah cara membuka Microsoft Power Point dan juga mengetahui bagaimana cara menutup aplikasi ini, maka yang selanjutnya harus Anda ketahui yaitu mengetahui apa sajakah bagian bagian Power Point supaya ketika Anda akan membuat sebuah dokumen untuk presentasi dapat membuat sebuah slide yang bagus dan juga menarik. Beberapa bagian-bagian yang ada di Power Point diantaranya adalah:

1. Office Button

fungsi Microsoft Power Point

Ini digunakan untuk menampilkan beberapa perintah maupun beberapa pilihan yang digunakan untuk mengolah slide yang Anda buat, kemudian untuk menambah slide, menambahkan gambar, maupun yang lain nya.

2. Quick Access Toolbar

fungsi Microsoft Power Point

Ini digunakan untuk menampilkan beberapa pilihan seperti menyimpan, kemudian mengembalikan dokumen atau back, dan lainnya.

3. Tab Menu

fungsi Microsoft Power Point

Ini digunakan untuk menampilkan beberapa bagian atau menu-menu yang ada pada aplikasi Microsoft Power Point.

4. Ribbon

fungsi Microsoft Power Point

Ini digunakan untuk menampilkan adanya beberapa menu-menu yang ada di dalam Microsoft Power Point. Namun Ribbon ini jauh lebih mudah dan juga praktis, bahkan Anda juga bisa melihat beberapa pilihan fitur yang bisa Anda pilih seperti huruf, objek, font, dan lain sebagainya.

5. Scroll Bar

fungsi Microsoft Power Point

Ini digunakan untuk menaikan atau menurunkan dokumen yang ada di Microsoft Power Point Anda. Bahkan Anda juga bisa melihat status bar atau berapakah slide yang sudah Anda buat di Microsoft Power Point Anda. 

Fungsi Microsoft Power Point dan Kelebihannya


Itulah beberapa bagian bagian Power Point yang tentunya harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini. Setelah Anda mengetahui ada apa sajakah bagian dari Microsoft Power Point ini, Anda juga harus mengetahui apa sajakah fungsi Microsoft Power Point ini? Berikut ini beberapa fungsi yang ada pada sebuah aplikasi Microsoft Office khususnya Microsoft Power Point, di antaranya sebagai berikut ini:

1. Membuat presentasi

Fungsi yang pertama tentu saja digunakan untuk membuat presentasi yang terdiri dari beberapa slide-slide. Anda bisa menambahkan kata-kata, gambar, animasi, dan yang lainnya sehingga hasil Power Point yang Anda buat menjadi lebih indah.

2. Mempermudah mengatur slide

Fungsi lainnya juga bisa membantu Anda untuk mempermudah mengatur slide yang Anda buat di Microsoft Power Point.

3. Dapat membuat presentasi softcopy

Fungsi yang ketiga yaitu dapat membuat presentasi dalam bentul slide-slide yang nantinya bisa Anda copy paste di beberapa komputer atau di laptop, dan perangkat-perangkat lainnya.

Itulah fungsi Microsoft Power Point yang bisa Anda ketahui. Namun dengan banyaknya fungsi dari Microsoft Power Point ini yang memudahkan banyak orang dalam membuat beberapa presentasi, namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan Power Point yang sering dirasakan oleh seseorang yang sudah sering menggunakan aplikasi ini, beberapa kelebihannya tentu membantu banyak orang membuat presentasi dengan aneka gambar, video, dan yang lainnya. Bahkan Anda bisa memberikan efek-efek yang lucu dan menarik serta aneka animasi yang Anda inginkan. Lalu apakah kekurangan dari Microsoft Power Point ini? Inilah penjelasannya.

Dalam menjalankan sebuah aplikasi tentu memiliki beberapa kelebihan maupun beberapa kekurangannya, salah satunya yaitu aplikasi Microsoft Power Point ini. Ada beberapa kekurangan yang ada pada aplikasi ini, di antaranya adalah:

1. Keterbatasan ukuran paper

Kekurangan yang pertama yaitu ada banyak seri dari Microsoft Power Point ini, namun di setiap seri yang ada di dalam aplikasi ini, memiliki kekurangan yaitu ukuran papernya yang digunakan. Namun Anda masih bisa mengeditnya atau mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda ketika akan dicetak.

2. Keterbatasan untuk mengedit

Kekurangan Microsoft Power Point yang kedua yaitu sangat berbeda dengan beberapa aplikasi-aplikasi lain, Microsoft Power Point ini hanya bisa digunakan untuk membuat slide presentasi dengan gambar, video, dan animasi saja. Tentu akan sangat membosankan, berbeda dengan aplikasi yang ada pada Adobe Photoshop dan aplikasi-aplikasi lainnya.

3. Pilihan sedikit

Kekurangan selanjutnya yaitu menu yang sangat sedikit. Seperti kurangnya tools untuk mengedit slide-slide, lalu pilihan mengatur gambar maupun video sesuai dengan keinginan. Mengatur ukuran kertas juga sangat sedikit.

Nah, itulah penjelasan-penjelasan yang bisa Anda ketahui seputar Microsoft Office salah satunya yaitu Microsoft Power Point atau aplikasi pembuat slide presentasi. Selain itu di atas juga sudah disebutkan mengenai apa pengertian dari aplikasi ini kemudian bagian-bagian yang ada di aplikasi ini, lalu fungsi Microsoft Power Point, dan juga kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Penting Juga Untuk Dibaca : Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai Microsoft Power Point yang ada di atas, bisa Anda jadikan sebagai sumber informasi penting mengenai sebuah contoh aplikasi pada komputer yang bermanfaat untuk membuat presentasi. Selamat membuat aneka slide-slide presentasi yang unik dan juga kreatif!

Posting Komentar untuk "Fungsi Microsoft Power Point dan Kelebihannya Lengkap"