Cara Belajar Komputer Secara Otodidak Dengan Cepat

Cara belajar komputer ada banyak macam dan tekniknya. Tergantung bagaimana anda ingin dan nyaman melakukannya. Sebagian memilih untuk kursus komputer atau berguru pada seseorang yang sudah menguasainya dengan menjadikannya guru privat. Biasanya kedua metode ini memerlukan biaya, mahal atau tidak tergantung dari materi apa yang dipelajari dan seberapa lama waktunya. Namun tahukah anda bahwa kita bisa belajar ilmu komputer sendiri secara otodidak ? mau tau caranya gimana ? Simak tips dan triknya hanya di bisakomputer.id

Banyak metode cara belajar komputer dengan cepat yang ditulis di buku - buku, atau dishare di media sosial atau juga ditulis di blog. Namun terkadang kurang optimal hasilnya, sama sekali bukan karena isi atau caranya tidak berbobot namun karena faktor dari kita yang ingin belajar belum siap dan terkesan terburu - buru karena menginginkan bisa komputer dalam waktu cepat.

Komputer bukan ilmu yang sulit dipelajari, tapi bagi anda yang baru saja ingin memulai dari nol, dalam waktu cepat sedikit sulit karena memerlukan adaptasi dan juga beberapa hal pendukung lainnya. Oleh karena itu, penulis di sini ingin mencoba untuk berbagi metode yang pernah dilakukan dan memberikan hasil yang cukup baik dan masih saya terapkan hingga saat ini.

Cara Belajar Komputer Secara Otodidak 


Dalam pembahasan singkat ini, penulis mencoba untuk memaparkan beberapa tips yang mungkin bisa anda baca dan renungkan serta terapkan apabila anda ingin belajar komputer sendiri tanpa mengeluarkan biaya kursus, tanpa guru. Bisakah begitu ? Bisa sekali berikut beberapa tipsnya.

1. Keinginan (Niat)


Cara belajar komputer

Pertama yang harus anda perhatikan adalah diri anda sendiri. Seberapa butuh anda pada ilmu komputer ini. Seberapa pentingkah skil ini untuk anda miliki dan manfaatkan dalam kehidupan anda ? Jika anda merasa butuh dan anda memiliki gambaran akan manfaat yang banyak jika anda memiliki skil ini, maka itulah yang biasa sebut dengan niat. 

Ketika anda tidak memiliki niat yang kuat, saya pikir anda hanya akan ikut arus dan tidak lama anda akan berhenti belajar dan anda tidak mendapatkan ilmu apa - apa. Jadi cara belajar komputer yang pertama adalah pastikan dalam diri anda ada niat atau keinginan yang kuat.

2. Miliki Komputer Sendiri

Tidak ada cara lain agar belajar anda maksimal selain memiliki komputer sendiri di rumah anda. Inilah salah satu tips yang cukup efektif dan salah satu cara belajar komputer bagi pemula. Karena anda akan terbiasa hidup bersama dengan komputer. Mau tidak - mau anda akan menyentuhnya dan lama - lama akan mempelajarinya.

Cara Belajar Komputer Secara Otodidak

Komputer mahal ? Sebagian orang berkata demikian, namun itu dulu. Sekarang harga komputer tidak semahal dulu. Untuk anda yang benar - benar mulai belajar komputer dari nol, saya sarankan lebih baik anda membeli komputer 2nd saja. Karena selain harganya murah, secara kebutuhan juga pas, karena untuk pemula tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi canggih.

Jadi cara belajar komputer otodidak yang kedua adalah gunakan komputer pribadi. Dengan begitu anda akan lebih maksimal dalam belajar dan anda tidak segan - segan atau takut rusak karena komputer milik anda sendiri.

3. Dapatkan Materi Dari Mana Saja

Oke sekarang anda sebenarnya sudah siap untuk memulai belajar komputer otodidak. Namun karena anda tidak memiliki guru, jadi langkah selanjutnya adalah menyiapkan materi - materi yang akan anda pelajari. Pernah mendengar peribahasa yang mengatakan " Buku Adalah Gudang Ilmu" ? Nah mungkin tepat sekali dengan opsi yang sedang kita bahas.

Cara Belajar Komputer Secara Otodidak

Pergilah ke toko buku terlengkap, carilah buku yang anda butuhkan. Banyak sekali buku - buku tentang bagaimana cara belajar mengoperasikan komputer, mulai dari mengenal komponen komputer (hardware), perangkat lunak (Software) cara menghidupkan dan mematikan serta materi lainnya dari tingkat pemula hingga tingkat dewa.

Baca Informsi penting ini  : Mengenal Bagian - Bagian Komputer

Yang perlu diperhatikan juga dalam hal ini adalah cara belajarnya. Karena ini adalah ilmu praktis, jadi anda harus praktek secara langsung. Pengalaman saya dalam belajar komputer otodidak ini, tidak perlu membaca terlalu lama. Cukup baca sebentar kemudian langsung praktekan. Nah, apabila anda tidak memiliki komputer sendiri pasti akan repot untuk menerapkan tips ini. Jadi memang anda harus memiliki komputer sendiri.

4. Konsisten Dalam Belajar


Cara Belajar Komputer Secara Otodidak

Mungkin dapat dipastikan opsi ke empat ini adalah penentu keberhasilan anda dalam belajar. Tidak hanya belajar komputer, dalam hal apa saja, jika anda tidak memiliki konsistensi yang baik. Apa yang anda inginkan tidak bisa tercapai secara maksimal. 

Konsistensi dalam belajar komputer juga sangat penting. Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu atau menghabiskan waktu anda untuk belajar, cukup luangkan waktu satu hingga dua jam saja untuk belajar komputer, tapi dengan waktu itu anda mencoba untuk konsisten dan disiplin. Maka saya yakin anda akan bisa menguasai ilmu ini dalam waktu cepat.

4 Tips cara belajar komputer ini bukanlah hal yang mutlak, tapi hanya sekedar masukkan untuk anda yang kebetulan ingin belajar komputer secara otodidak seperti yang pernah saya lakukan hingga sekarang masih saya gunakan ketika ingin belajar hal baru seperti blog ini. 

Sebagai sarana belajar komputer online, belajar komputer untuk pemula dan sekaligus untuk saya belajar tentang blog dan website. Sekian semoga bermanfaat, tetap semangat dan nantikan update artikel selanjutnya hanya di bisakomputer.id.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Komputer Secara Otodidak Dengan Cepat"