Cara Scan KTP Dengan HP Android Gampang Banget !

Cara scan KTP dengan hp android sangatlah mudah. Apalgi sekarang kecanggihan hp Android sudah terbukti dan enaknya lagi. Tersedia berbagai macam aplikasi yang bisa dipasang di hp ini dan kita bisa dapatkan secara gratis. Contoh kasus untuk persoalan kita yan satu ini. Kebanyakan orang dipusingkan dengan scan dokumen. Terutama bila harus dilakukan dalam waktu cepat. Lalu apa yang harus kita lakukan ? Tenang, setelah anda baca tulisan ini, saya rasa anda akan tenang - tengan saja. Yuk sekarang kita akan belajar cara scan dengan android.

Pada umumnya scan dokumen dilakukan dengan menggunakan Scanner atau bisa juga dengan Printer Scanner. Namun seiring dengan kemajuan dan perkembangan Iptek, ternyata hp android bisa juga disulap menjadi scanner dengan kualitas yang tak kalah dengan mesin scanner. Kabar gembiranya teknik dan cara scan dokumen dengan hp android akan saya bagikan secara gratis kepada anda sekalian. Yuk kita mulai saja.

Cara scan KTP dengan HP Android praktis dan mudah


Sebelumnya, tahukah anda bagaimana hp anda bisa jadi alat scan ? Tentu saja menggunakan satu aplikasi yang bisa mempermudah dan secara spesifik berfungsi membuat hp kita seolah seperti alat scan. Ada banyak aplikasi scanner di hp android, namun sekarang kita hanya akan menggunakan satu macam aplikasi saja.

Untuk mempermudah kita dalam belajar, sekarang kita akan melakukan scan pada KTP. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah "Cam Scanner". Aplikasi ini bisa anda dapatkan gratis di Play Store. jadi silahkan download dan instal APP tersebut.


Siapkan dokumen KTP anda sekarang, setelah aplikasi terpasng (terinstall) dengan benar di hp anda. Langsung saja jalankan aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Mudah Scan Dokumen dengan Android Tanpa Printer

Seperti inilah tampilan aplikasinya, dan cara melakukan scan langsung saja tap di icon camera yang ada di pojok kanan bawah.


Setelah ini, hp anda langsung akan secara otomatis mengaktifkan kamera dan siap untuk menscan. Cara scan ktp dengan hp android yaitu dengan memotret KTP tersebut, usahakan ambil gambar dengan sebaik mungkin agar hasilnya juga maksimal.


Nah, di sini saya sudah "take picture" yang artinya sama saja dengan proses scanner. Nah disana terlihat ada transisi, sesuaikan geser agar gambarnya pas. Setelah itu tap tanda centang untuk eksekusi. Hasilnya seperti ini.


Di aplikasi ini juga telah disediakan fasilitas edit gambar dengan berbagai macam pilihan seperti lighten, magic colot, gray dan lainnya. Anda bisa pilih salah satu untuk meningkatkan kualitas gambar. Atau pilih original agar hasilnya lebih natural. Setelah itu klik tanda centang.


Dengan demikian sekarang anda sudah memiliki file hasil scan KTP di hp anda. Tinggal anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa langsung mengirim melalui email, wa, bbm atau aplikasi lain dari aplikasi scam scanner ini.  Tap dan tahan beberapa detik, akan muncul menu - menu diantaranya share file.

Dengan aplikasi ini, anda bisa menscan dokumen apa saja, tidak hanya KTP. Anda bisa gunakan untuk menscan ijazah, transkrip nilai, surat resmi dan lain sebagainya. Cara scan ijazah lewat android sama persis dengan cara yang sudah kita bahas ini.

Baca juga : Cara scan dokumen dengan Printer Canon

Emmm, agar lebih jelas bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk menscan dokumen lain. Coba deh anda tonton vidio yang sangat singkat berikut ini. Gak makan kuota banyak, tapi manfaatnya dapat anda rasakan di berbagai keadaan.




Oke, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Smoga tutorial singkat tentang cara scan ktp dengan hp android bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa share ke teman - teman anda, agar mereka bisa mendapatkan manfaat seperti anda. Sekian, dan tetap ikuti tutorial tips dan trik belajar komputer di Bisa Komputer. 

Posting Komentar untuk "Cara Scan KTP Dengan HP Android Gampang Banget !"