Cara Scan Dokumen Dengan Printer Canon Ternyata Cuma Gitu


Cara scan dokumen di zaman sekarang ini sangat praktis dan mudah. Anda bisa menggunakan Printer Scanner yang multi fungsi, atau yang lebih portable lagi, anda bisa menscan dokumen dengan HP.  Sangat fleksibel, jadi jangan sampai ketinggalan. Untuk menambah ilmu kita, pada kesempatan ini bisakomputer.id akan membahas tentang salah satu metode scan dokumen yaitu cara scan dokumen dengan printer. So, jangan kemana - mana, scrol dan lanjutkan membaca.

Mungkin anda juga mengalaminya, betapa susahnya mencari alat scan atau scanner. Pengalaman saya, dulu untuk melakukan scan dokumen menjadi file digital harus pergi ke rental komputer atau percetakan, atau tukan print dan fotocopy, dan itu juga tidak selalu ada alat scaner di sana. Sekarang, Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat kita semakin mudah. Salah satu merk printer palin dikenal, Canon mengeluarkan banyak seri printer multi fungsi yang bisa juga digunakan sebagai scaner.

Untuk anda yang ternyata memiliki fasilitas printer scaner, sebaiknya anda layak bersyukur. Namun jangan khawatir apabila anda belum bisa menggunakannya. Karena sekarang, kita akan mengulas lengkap mengenai cara scan dokumen dengan printer canon. Yuk kita mulai saja langsung tutorialnya.

Cara scan dokumen dengan printer canon MP198


Ada banyak seri printer Canon yang sudah dilengkapi dengan alat scaner, dan cara penggunaanya sama persis. Jadi anda tidak perlu risau apabila seri printer anda tidak sama dengan yang ada di tutorial ini. Oke, berikut langkah singkatnya yang akan kita ikuti dengan pembahasan lengkapnya.
  1. Siapkan printer yang dilengkapi dengan scaner dan komputer PC atau laptop
  2. Siapkan juga dokumen yang akan anda scan
  3. Pastikan printer sudah terpasang (install) di kpmputer dan sudah terkoneksi dengan benar
  4. Hidupkan komputer dan printer anda
  5. Buka penutup scaner pada printer
  6. Letakan dokumen pada scaner dengan posisi telungkup (Tulisan ada di bawah) kemudian tutup kembali
  7. Pada komputer anda, jalankan program "Windows Fax and Scan"
  8. Klik "Preview" untuk melihat hasil sementara 
  9. Jika sudah klik "Scan" untuk memulai menscan dokumen
Nah, dalam pembahasan cara scan di printer canon kurang lebih akan kita lalui beberapa step diatas. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas satu persatu. 

1. Untuk point nomor 1 - 3 saya kira tidak perlu kita bahas panjang lebar, langsungs aja ke no 4, yaitu silahkan nyalakan komputer dan printer anda sekarang. 

2. Kemudian jika dua perangkat tersebut sudah siap, langsung saja buka penutup scaner yang ada pada printer anda. 

cara scan dokumen dengan printer

3. Selanjutnya, letakkan dokumen yang akan anda scan dengan posisi tertelungkup, atau tulisan berada di bawah. Dan bagian atas berada di sebelah kiri anda, hal ini agar hasil scan tidak terbalik. 

cara scan dokumen dengan printer

4. Langkah berikutnya tutup lagi penutup scaner tersebut.

cara scan dokumen dengan printer

Sampai di sini bisa kan ? Pastinya dong !!! Sekarang kita baru akan memulai cara scan dokumen dengan printer dari komputer. Di sini saya gunakan komputer Windows 7.

5. Selanjutnya, pindah ke komputer anda, jalankan program "Windows Fax and Scan", Klik Start Menu All program kemudian klik windows fax and scan.

cara scan dokumen dengan printer

Setelah muncul jendela "Fax and Scan" langsung saja klik "New Scan" untuk masuk ke menu scaner baru.

cara scan dokumen dengan printer


6. Kemudian akan muncul jendela Scaner di komputer anda.

cara scan dokumen dengan printer

7. Bagi anda yang ingin praktis, gunakan saja pengaturan default dari windows. Klik "Preview" apabila anda ingin melihat tampilan hasil scannya

cara scan dokumen dengan printer
8. Di sini anda bisa melakukan beberapa pengaturan untuk file hasil scan anda diantaranya. mengatur tipe file, seperti JPEG, PNG, dan juga file PDF. Ccan dokumen menjadi pdf bias dengan menggunakan metode ini, pilih tipe file PDF.

cara scan dengan printer canon

Setelah anda klik "Preview" kemudian anda sudah menentukan tipe file dan pengaturan lainnya. Klik "Scan" untuk memulai proses scan dokumen tersebut.

cara scan dengan printer canon

9. Tunggu hingga proses scan oleh printer selesai

cara scan dokumen dengan printer

10. Jika proses scaning selesai, akan ditandai dengan munculnya gambar hasil scan di kotak "preview" di jendela "fax and scan" seperti ini

cara scan dokumen dengan printer

Dengan demikian, proses scan dokumen sudah selesai, dan file otomatis akan di simpan di komputer anda. File hasil scan tersebut anda bisa cari di folder "Scaned Dokumen" di "my dokumen" di komputer anda.

cara scan dokumen dengan printer

Begitulah kira - kira cara scan dokumen dengan printer canon, anda bisa mencobanya langsung apabila anda sudah memiliki printer lengkap dengan alat scanernya. Hasilnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.


Apakah anda sekarang sudah punya gambaran ? Mudah sekali kan ? cara menscan dengan printer canon. Apablia anda memang tidak mempunyai printer scaner, ada banyak jalan menuju Roma. Gunakan saja HP android anda, jadikan scane. Mau tau gimana caranya ? Silahkan lanjut membaca artikel ini :
Mungkin sampai di sini saja dulu bahasan kita mengenai cara scan dengan printer canon, semoga bermanfaat untuk anda sekalian. Sekian dan jangan sampai ketinggalalan informasi teknologi dan tips belajar komputer hanya di bisakomputer.id. 

This Is The Newest Post

Berikan Komentar Anda Untuk Kemajuan Blog Ini. Terimakasih Sudah Berkunjung
EmoticonEmoticon