Cara Login Wifi Id di Laptop dengan Praktis tanpa Ribet

Di era kemajuan tekhnologi yang semakin berkembang pesat, penyebaran informasi berjalan begitu sangat cepat dibandingan tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengakses berita dan informasi begitu sangat mudah dilakukan. Selain menerima informasi kita juga bisa ikut andil dalam membagikan beragam informasi kepada publik dengan mudah. Informasi tersebut bisa dengan mudah dibagian di sosial media yang sebagian besar orang sudah menjadikan sosial media sebagai kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi sebagai pengguna yang bijak dalam memanfaatkan kemudahan tersebut gunakanlah untuk hal yang positif dan bermanfaat.



Menggunakan layanan internet dengan memakai modem tentu akan lebih memudahkan kita mengakses internet tanpa dibatasi tempat dan waktu. Namun dengan memakai modem bisa memiliki kekurangan tersendiri yakni biaya yang lumayan tinggi. Untuk itu untuk tetap mendapatkan layanan internet dengan biaya yang terjangkau bisa memanfaatkan layanan Wifi id yang ada disekita kita.  Untuk yang daerahnya sudah terjangkau dengan layanan wifi id bisa memanfatkan agar laptop atau hp kita bisa terhubung dengan internet memakai wifi id. Ada beberapa cara login wifi id di laptop yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum terhubung dengan internet.

Wifi id merupakan salah  satu layanan internet yang ada di Indonesia yang dikeluarkan oleh perusahaan telekomunikasi terbesar yakni PT Telkom Indonesia yang memiliki layanan cukup cepat dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Keberadaan wifi id cukup banyak tersedia di tempat-tempat seperti Kafe, tempat makan, tempat nongkrong, dekat supermarket bahkan minimarket  dan beberapa tempat lainnya yang sering dijadikan tempat berkumpulnya orang-orang biasanya tersedia layanan wifi id. Kemudian bagaimana cara login wifi id di laptop yang dapat dilakukan dengan praktis?



Cara Masuk Widi Id di Laptop

Jika kamu pertama kalinya masuk ke area wifi corner kemudian mulai membeli voucher untuk dapat menggunakan layanan wifi id tentu akan merasa asing atau bingung tentang hal apakah yang harus dilakukan untuk dapat bisa memakai layanan wifi id. Untuk yang masih sungkan atau malu-malu bertanya pada orang sekitar yang sedang sibuk dengan laptopnya masing-masing, bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut ini untuk bisa terhubung dengan layanan wifi id. Berikut ini cara login wifi id di laptop dengan praktis tanpa ribet.

1. Sesampainya ditempat wifi id seperti galeri telkom atau plaza telkom, temui penjaga wifi corner yang menjual voucher yang dipakai untuk menggunakan wifi id. Kemudian beli voucher sesuai kebutuhan yang di inginkan dengan kebutuhan kamu. Carilah tempat yang kosong dan paling nyaman yang bisa dipakai untuk duduk secara leluasa. Bersikap biasa dan jangan panik jika kamu baru pertama kalinya mencoba menggunakan wifi id untuk mengakses internet.

2. Setelah memperolah tempat duduk yang nyaman barulah buka laptop kamu dan nyalakan kemudian carilah koneksi wifi untuk dapat terhubung dengan internet. Koneksi yang dimaksud ini yaitu wifi id corner yang ada disekitar dengan nama wifi id. Setelah menemukan wifi yang ada sambungkan hingga terhubung, untuk langkah pertama tidak membutuhkan sandi untuk masuk.

3. Meski sudah menyambungkan dengan koneksi internet masih terdapat tanda seru warna kuning. Hal ini karena voucher yang dipakai untuk dapat terhubung dengan internet masih belum dipakai jadi tidak usah panik terlebih dahulu, cara login wifi id di laptop masih dalam tahap awal jadi jangan panik.

4. Sembari menunggu terhubung dengan internet gosok terlebih dahulu voucher yang dibeli tadi dengan menggunakan tangan, dalam menggosok harus hati-hati jangan sampai kode vouchernya palahan jadi tidak terlihat. Dalam menggosok akan terlihat username dan passwor yang dipakai untuk terhubung.

5. Cara mengaktifkan wifi id di laptop berikutnya yang harus dilakukan yaitu mengecek dan memastikan tampilan di layar laptop terdapat pop up atau notifikasi bagian pojok kanan bawah dengan tulisan “additional log on information may be required” dengan tambahan simbol dua desktop komputer pada bagian kirinya. Nah, klik pop up tersebut sebelum pesan tersebut hilang. Kemudian kamu akan diarahkan ke salah satu browser di laptop kamu kemudian akan diarahkan pada menu untuk memasukan username dan password yang ada di voucher yang kamu beli tadi.

6. Jika pada saat memilih pop up “additional log on information may be required”  tidak terjadi apa apa maka bukalah salah satu browser yang ada di laptop bisa chrome, mozilla, opera ataupun safari untuk dapat terhubung dengan internet. Setelah salah satu browser yang kamu pilih terbuka, ketikan " wifi.id" di addres bar yang terletak di browser lalu tekan enter.

Tunggu beberapa saat sampai layar pada komputer kamu menampilkan menu untuk login ke wifi id, Cara menyambungkan wifi id ke lapto dilakukan dengan username dan password sesuai dengan kode voucher yang telah dibeli. Setelah itu kemudian login tekan tombol enter di komputer kamu.

7. Setelah memasukan username dan password dengan benar maka tampilan layar komputer kamu akan ucapan selamat di tampilan, hal itu menandakan bahwa kamu telah berhasil masuk.  Namun cara konek wifi id di laptop masih belum selesai tahap berikutnya yakni akan  menampilkan konfirmasi kesediaan untuk menggunakan internet secara bijak akan ditampilkan dilayar komputer. Tekan atau pilih lanjutkan. Tunggu beberapa saat sampai internet terkoneksikan dengan baik.

Jika cara diatas sudah dilakukan dengan benar, namun masih ada kendala yang menjadikan laptop kamu tidak dapat terhubung dengan internet. Mungkin ada beberapa trouble atau masalah yang bisa saja dihadapi para pengguna wifi id. Khususnya yang baru pertama menggunakan dan masih awam. Beberapa masalah yang mungkin bisa dihadapi oleh pengguna wifi id yang akan login dengan laptop.

Masalah yang terkait dan berhubungan saat login wifi id di komputer, antara lain.



1. Masalah Sistem.

Masalah sistem bisa saja dialami oleh setiap pengguna komputer yang akan login wifi id di laptop masing-masing. Hal ini tidak serta merta dialami oleh pengguna ada beberapa yang lancar dan yang lainya terhambat. Salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan clear history pada laman browser yang kamu pakai. Setelah dibersihkan laman history untuk  menghilangkan beberapa cache pada browser, kamu juga dapat mematikan dan menghubungkan kembali layanan internet yang ada. Jika sudah dilakukan masih beberapa kali namun tidak dapat juga terhubung, kemungkinan sistem wifi.id tidak support dengan laptop yang kamu gunakan.

2. Masalah Konektifitas jaringan

Masalah konektifitas yang terjadi tidak lepas dari eror jaringan internet, hal ini tidak bisa dihindari dan dapat memberikan dampak pada jaringan yang akan terhubung ke laptop kamu. Hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut bisa dengan cara memutuskan hubungan internet terlebih dahulu dengan cara memasukan ke dalam mode pesawat lalu kemudian dihidupkan kembali. Jika masih gagal juga cara yang dapat dilakukan dengan melakukan restrart di laptop yang kamu gunakan. Ini agar sistem operasi di Windows ataupun Mac dapat segar kembali untuk bisa terhubung dengan internet

Posting Komentar untuk "Cara Login Wifi Id di Laptop dengan Praktis tanpa Ribet"