Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Sekarang

Internet terdiri dari jaring-jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik. Jaring-jaring tersebut memiliki koneksi sangat luas dan tertata dengan jangkauan seluruh dunia melalui koneksi yang dilakukan oleh satelit. Jadi, internet adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan sangat luas. Jaringan internet ini dibagi menjadi beberapa macam. Adapun macam macam jaringan internet tersebut adalah sebagai berikut.

Jaringan Internet Berdasarkan Jangkauannya


Sebelum kita mencari tahu tentang macam macam jaringan internet, ada baiknya untuk mengetahui apa sebenarnya jaringan internet itu. Jaringan internet adalah gabungan dari suatu jaringan internet dengan beberapa perangkat komputer yang saling terhubung dengan jangkauan tertentu. Pengertian jaringan internet sudah dibahas pada bahasan diatas, kini saatnya kita mengetahui jenis jenis jaringan internet yang dibagi berdasarkan jangkauannya.

1. PAN

macam macam jaringan internet

PAN adalah kependekan dari personal area network. Sistem jaringan internet PAN adalah sistem jaringan internet yang paling sederhana yang terdiri dari perseorangan dengan batas jangkauan yang sangat pendek. Adapun batasnya adalah sekitar 10 m. Anda mungkin akan merasa asing dengan sistem jaringan ini, padahal, Anda mungkin memilikinya. Salah satu contoh sistem PAN adalah bluetooth yang ada pada berbagai fitur termasuk pada Smartphone yang Anda miliki.

2. HAN

macam macam jaringan internet

HAN adalah kependekan dari Home Area Network, jadi, seperti namanya, jaringan internet ini hanya menjangkau seluas rumah saja. Jaringan ini juga termasuk jaringan yang sangat jarang digunakan. Jaringan HAN ini biasanya ada pada internet yang dihubungkan dengan menggunakan alat bantu router yang dipasang di rumah untuk memberikan akses internet dengan jangkauan yang terbatas.

3. LAN

macam macam jaringan internet

Lebih luas dari HAN dan PAN, local area network atau LAN merupakan sistem jaringan komputer yang memiliki luasan jangkauan satu wilayah dengan ukuran kecil. Biasanya, cakupannya tidak lebih dari 1 km2. LAN biasanya digunakan sebagai jaringan internet yang digunakan dalam satu gedung. Jaringan ini dibangun dengan menggunakan kabel IEEE 802.3. Kabel ini adalah kabel spesial yang dapat menghubungkan satu perangkat komputer dengan sebuah jaringan. Contoh yang paling mudah dari jaringan ini ada pada fasilitas warung internet.

4. MAN

macam macam jaringan internet

Pengembangan dari jaringan LAN adalah jaringan MAN atau metropolitan area network. Jangkauan jaringan ini lebih luas dibandingkan dengan LAN. Kisaran luasan yang dapat dicakup adalah 10 sampai dengan 50 km2. Anda dapat dengan mudah terhubung dengan komputer yang berada di dalam satu provinsi dengan radius maksimal 50 km. Anda dapat berkirim informasi dengan sangat cepat menggunakan sistem jaringan ini, namun, jangkauannya yang masih terbatas menjadi salah satu kelemahannya. 

5. WAN

macam macam jaringan internet

Nah, jaringan internet yang paling luas adalah WAN atau wide are network yang cakupannya dapat mencapai seluruh negara. Jaringan ini disusun dengan menggabungkan beberapa LAN seperti halnya MAN. Hal yang membedakan adalah jumlah LAN yang dihubungkan lebih banyak dibandingkan dengan MAN.

Itu tadi ulasan mengenai jaringan internet yang dibedakan berdasarkan luasan atau jangkauan wilayahnya. Selain berdasarkan hal tersebut, Anda juga dapat membedakannya berdasarkan distribusi sumber informasi. Macam macam jaringan internet berdasarkan distribusi dari sumber informasi atau data yang ada dapat dibedakan menjadi dua yaitu jaringan terdistribusi.

Posting Komentar untuk "Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Sekarang"