Cara Mengganti Tema Blog di Blogspot | Tutorial Blogger

Cara mengganti tema blog perlu dipelajari oleh setiap blogger. Ibarat rumah, tema atau template adalah tampilan luar dari mulai desain, warna, dan dekorasi ruang yang membuat rumah semakin menarik. Sama dengan blog, tema akan membuat blog kita menjadi semakin menarik dan enek dilihat. Oleh karena itu, melanjutkan pembahasan tutorial blog pada kesempatan pertama, sekarang kita akan meneruskan dengan belajar cara mengganti tema blog di blogspot.

Masih ingat kan ketika kita belajar membuat blog di blogspot dulu, ada satu step dimana kita diharuskan memilih sebuah tema atau template blog yang telah disediakan oleh blogger ? Yang lupa boleh baca lagi :

Baca : Cara membuat blog gratis di blogger

Template tersebut merupakan template standar yang disediakan oleh blogger. Kalau anda lihat, mungkin tampilannya tidak semenarik blog - blog yang ada sekarang. Nah, sekarang kita akan belajar soal ini, yaitu bagaimana cara mengganti template blogspot dengan template sendiri.

Caranya cukup mudah, kali pertama yang harus anda lakukan adalah login ke dashboard Blogger anda. Atau klik di sini www.blogger.com. Yuk sekarang step by step kita pelajari pelan - pelan.

Cara mengganti tema blog di blogspot dengan mudah


Salah satu cara memodifikasi blog agar terlihat lebih menarik dan profesional adalah dengan mengubah tampilan atau template. Berikut langkah - langkahnya :

1. Setelah anda login dan msuk ke dashboard anda klik, "Tema" pada menu sidebar sebelah kiri.


2. Bila anda menginginkan tema yang disediakan dari blogger, maka anda cukup mengeklik salah satu jenis tema yang sudah terdapat di sana.  Pilih salah satu yang anda inginkan. Blog saya juga masih menggunakan template bawaan blogger yang cukup ringan.



Kalau kita mengganti template dengan template yang disediakan blogger caranya seperti itu, dan sangat mudah. Sekarang bagaimana cara mengganti template blogspot dengan template sendiri. Maksud template sendiri itu, hasil dari download, atau beli, atau anda bisa bikin sendiri. Bukan yang kita contohkan diatas.

Cara mengganti template blog hasil download atau beli


Pertama anda harus menyiapkan template terlebih dahulu, anda bisa download template blogspot gratis, dan banyak sekali sebut saja www.arlinadzgn.com, atau https://bamz.co.id bila anda ingin membeli sebuah template. Dan banyak lagi yang lainnya anda bisa cari sendiri kemudian download dan simpan di komputer anda.

Nah setelah itu sekarang yuk kita coba tamplate tersebut di blog kita. Caranya seperti ini :

1. Ikuti langkah nomor 1 dan 2 di atas. Hanya saja pada saat anda sudah berada di posisi template klik di bagian "backup/pulihkan"

cara mengganti tema blog di blogspot


2. Kemudian setelah itu, klik "Choose file". Ada juga button download di sana, klik apabila anda akan menyimpan tema sebelumnya, yakni yang sedang anda gunakan. Apabila di kemudian hari anda akan menggunakannya kembali. Jika tidak langsung saja klik "chosee file"

cara mengganti tema blog di blogspot

3. Pilih template yang sudah anda download tadi di komputer anda.

cara mengganti tema blog di blogspot

Kemudian setelah itu, klik uploud.

cara mengganti tema blog di blogspot

4. Selesai, untuk melihat hasilnya anda klik saja lihat blog. Sekarang tampilan blog anda sudah berganti dengan template baru.



Demikian sedikit tutorial cara mengganti tema blog di blogspot agar lebih menarik. Selanjutnya tinggal mengatur elemen blog mana saja yang perlu diatur dan bagaimana caranya ? Kita akan simak pembahasannya pada kesempatan selanjutnya. Tetap ikuti terus tutorial belajar komputer dan blog hanya di bisakomputer.id.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Tema Blog di Blogspot | Tutorial Blogger"