Cara Screenshot di PC | Cara Print Screen di Laptop Atau Komputer

Cara screenshot di PC sedikit berbeda dengan ketika anda melakukan mengambil screenshot di HP. Namun dapat kita katakan mirip, karena PC komputer dan HP pada hakekatknya sama. Hanya saja, cara meng screenshot di pc dilakukan melalui tombol rahasia di Keyboard. Mau tau bagaimana caranya ? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar secara detail mengenai bagaimana cara mengambil screenshot pada layar PC atau Laptop.

Sebelumnya, saya yakin anda semua sudah mengetahui apa yang dimaksud screenshot kan. Screenshot adalah meng capture layar komputer menjadi sebuah file gambar atau image. Lalu tahukah anda megapa fitur ini ada di komputer (windows) ? Tidak terlalu penting untuk dibahas, yang jelas fitur screenshoot di PC bermanfaat untuk memudahkan seseorang mengambil gambar layar komputer untuk berbagai keperluan. Nah sekarang kita akan palajari bersama cara screenshot monitor pc atau laptop.

Cara Screenshot PC Windows 7


Ada tiga cara atau metode yang bisa anda lakukan untuk mengambil capture layar PC (komputer) atau laptop. Pertama secara langsung, kedua dengan snipping tools, dan ketiga menggunakan software lainnya. Sekarang kita akan bahas cara screenshot pada pc satu persatu.

1# - Cara Screenshot PC Secara Langsung

Ini adalah cara screenshot yang paling mudah, dikatakan secara langsung karena tanpa menggunakan aplikasi lain, hanya menggunakan beberapa tombol pada Keyboard, yaitu tombol "PrtScn/SysRq" (print screen) terkadang dengan "ctrl" atau dengan "Fn". Untuk lebih jelasnya berikut saya contohkan cara screenshot video di pc, seperti ini langkah - langkahnya.

1. Putar vidio yang ingin anda capture dan tekan "pause" di bagian yang ingin anda capture.
2. Tekan pada Keyboard "Ctrl" + "PrtScn/SysRq".
3. Jalankan program "Paint", lalu tekan "Ctrl + V"
4. Inilah hasil Screenshot vidionya

cara screenshot di pc

2# - Cara Screenshot di Komputer PC dengan Snipping Tools

Snipping tools adalah salah satu software default dari Windows. Untuk mengakses snipping tools anda bisa melalui Start menu >> All program >>Accessories >> Snipping Tools

cara screenshot di pc

Cara mengambil screenshot di pc windows 7 dengan menggunakan Snipping Tools cukup mudah, berikut langkah - langkah screenshot vidio di komputer dengan snipping tools.

1. Mainkan atau putar vidio, kemudian "pause" pada bagian yang ingin anda capture
2. Jalankan Snipping Tools
3. Kemudian tentukan pilihan dengan mengeklik tanda panah ke bawah disamping menu "New", di sini saya memilih "Rectangular Snip" artinya, kita bisa membuat kotak dimana layar tersebut yang akan kita screenshot.


4. Ketika kita memilih Rectangular Snip, maka kursor kita akan menjadi tanda (+) dan kita tinggal membuat kotak dimana akan kita capture layar. Setelah anda selesai membuat kotak, maka secara otomatis akan menjadi sebuah gambar. Klik icon save untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut di komputer anda menjadi sebuah file image.


3# -  Cara Screenshot di PC atau Laptop Menggunakan Software

Untuk cara yang satu ini, sama saja dengan cara nomor dua. Hanya saja kita menggunakan software lain, bukan default windows. Anda bisa gunakan berbagai macam software baik itu portable atau yang bisa anda pasang di PC atau Laptop anda. Namun saya sarankan, untuk Cara Screenshot di PC gunakan saja cara yang pertama atau yang kedua. Karena itu sudah cukup lengkap.

Baca Juga : Cara membuat blog gratis di blogger dalam hitungan detik

Oke, mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kepada anda di kesempatan ini. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkan. Sekian dan tetap ikuti terus tutorial - tutorial praktis cara belajar komputer hanya di sinaukomputer.id.

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot di PC | Cara Print Screen di Laptop Atau Komputer"