Pengertian Blog dan Website Serta Manfaat Dan Kegunaanya

Terciptanya jaringan internet memberikan dampak yang positif dan sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari. Jaringan yang memungkinkan masyarakat mengakses segala informasi dari berbagai penjuru dunia ini membuat sistem informasi memasuki babak baru. Salah satu media penyampaian informasi melalui internet adalah blog dan website. Pengertian blog dan website secara umum adalah sebuah media untuk menyampaikan informasi atau membuat tulisan yang kita buat dapat dibaca olah pengguna internet di seluruh dunia. Blog dan website menjadi salah satu media informasi yang dapat digunakan sebagai pengetahuan dasar. Penggunaan blog dan website juga sangat luas tergantung dari tujuan pemilik blog dan website tersebut. Blog dan website bahkan dapat menjadi media usaha yang cukup menguntungkan jika mengetahui bagaimana caranya.


Pengertian Blog dan Website
http://selfemploymentsavvy.com
Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai seluk beluk blog dan website serta apa bedanya, di sini dibahas secara lengkap mengenai keduanya. Definisi blog dan website serta manfaatnya akan dibahas tuntas. Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Blog?

Yang pertama dibahas dalam ulasan kali ini adalah pengertian tentang blog. Blog adalah sebuah aplikasi web yang dimuat pada halaman web dalam bentuk tulisan, urutan pembacaan tulisan tersebut biasanya disusun dari yang paling baru sampai dengan yang paling lama. Walaupun sebenarnya urutannya juga dapat diatur atau dibalik. Situs blog biasanya dimiliki oleh perorangan atau pribadi dan dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang sesuai dengan sistem pengaturannya. Blog biasanya digunakan sebagai ajang menuliskan aspirasi sesuai dengan tema dan tujuan pembuatan blog tersebut. Adapun tujuan dari pembuatan blog tersebut bermacam-macam. Ada yang membuat blog sebagai catatan harian atau diary. Ada yang menggunakan blog sebagai sarana publikasi untuk berbagai tujuan seperti untuk sarana kampanye politik, sampai dengan berbagai bidang yang berbau komersial.

Seperti yang telah disinggung dalam pengertian tentang blog, blog biasanya merupakan milik pribadi. Namun, blog juga sebagian dikelola oleh sekelompok orang dalam suatu organisasi yang terdiri dari beberapa penulis. Fasilitas yang diberikan situs blog tidak hanya sekedar dapat memamerkan tulisan saja. Di dalam blog, pembaca dan penulis dapat berinteraksi melalui kolom komentar. Tersedia juga buku tamu yang dapat membuat penulis mengetahui siapa saja yang mengunjungi blog miliknya. Ketersediaan kolom komentar dan buku tamu bersifat opsional. Kita juga bisa mengatur sebuah blog yang tidak mengizinkan pembaca untuk berinteraksi dengan penulis. Antara penulis blog satu dengan yang lain juga bisa melakukan interaksi dan membentuk sebuah komunitas. Blog-blog yang saling berkaitan dan membentuk sebuah kumpulan biasanya disebut dengan blogosphere.

Blogging atau melakukan aktivitas membuat blog termasuk dalam sebuah budaya populer. Untuk menjaga seorang blogger tetap dikenal, mereka harus menunjukkan eksistensinya dengan rajin melakukan pembaruan atau meng-update tulisan pada blog miliknya. Blog yang dirawat dengan baik juga akan terlihat dari kerapian halaman blog serta intensitas penambahan artikel setiap bulannya. Blog-blog yang terkenal biasanya sudah memiliki penggemar atau pembaca tetap yang menantikan tulisan atau artikel terbaru. Jika blog yang Anda miliki memiliki jumlah kunjungan yang besar, Anda dapat menjadikan blog miliki Anda sebagai salah satu sumber penghasilan. Ada berbagai cara mendapatkan uang dari blog yang Anda miliki dengan mengikuti program periklanan misalnya dengan menjadi partner Adsense, melakukan penjualan tautan, melakukan afiliasi, dan posting berbayar.

Apa Itu Website?

Setelah mengetahui apa itu blog, kini saatnya kita beralih ke website. Definisi blog dan website kadang disamakan karena tujuannya dari keduanya memang memiliki kesamaan. Namun, ada hal mendasar yang membuat blog dan website berbeda. Blog dibuat dengan mendaftar ke sebuah media atau portal blog misalnya blogger dan lain sebagainya. Pendaftarannya biasanya gratis sehingga dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja. Untuk membuat sebuah website, cara yang dibutuhkan lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak biaya. 

Biaya dibutuhkan untuk membeli domain dan sebagainya. Website merupakan sebuah halaman web yang mana saling berhubungan antara satu dengan yang lain dan berisi kumpulan informasi yang dapat dibuat baik oleh perorangan, suatu kelompok, ataupun organisasi. Website memiliki alamat URL yang membuatnya dapat diakses melalui jaringan internet. Pada dasarnya, sebuah website dapat diakses secara bebas oleh pengguna internet. 

Namun, ada juga situs yang memberlakukan pembatasan terhadap pengunjungnya. Beberapa mewajibkan pengunjung untuk menjadi anggota sebelum dapat mengakses website tersebut, beberapa bahkan mengharuskan pengunjungnya membayar terlebih dahulu. Pembatasan tersebut diberlakukan atas berbagai alasan termasuk alasan keamanan, komersial, dan menghormati privasi. Contoh website dengan batasan diantaranya adalah layanan e-mail, beberapa situs berita, dan sebagainya.

Ada banyak hal yang dapat ditampilkan di sebuah halaman web. Berbagai informasi tersebut tidak hanya berbentuk tulisan saja, tetapi juga berbagai gambar, video, suara, serta gabungan beberapa diantaranya. Tujuan pembuatan website sendiri biasanya lebih bersifat serius. Tidak seperti blog yang dibuat lebih untuk  kesenangan pribadi dan mengutarakan pendapat pribadi, website biasanya dibuat dengan tujuan yang lebih besar. Website dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tujuan pembuatannya. Ada website pendidikan, website organisasi, website perusahaan, website milik pemerintah, website komersial, dan berbagai jenis website lainnya yang dapat dengan mudah Anda temukan melalui mesin pencari.

Apa Saja Manfaat dan Kegunaan Blog dan Website?

Ada banyak manfaat dan kegunaan blog dan website yang dapat Anda temukan. Manfaat dan kegunaan blog dan website terutama ada pada kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang ada. Dengan kehadiran blog dan website, kita dapat dengan mudah mencari tahu berbagai hal dan mempelajari kesemuanya. Adapun manfaat dan kegunaan blog dan website tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1.    Sumber informasi
Manfaat yang pertama dan paling utama adalah sebagai sumber informasi. Dengan kehadiran blog dan website, kita dapat dengan mudah mengakses informasi yang kita butuhkan. Kita dapat belajar banyak melalui internet dengan memanfaatkan blog dan website.
2.    Sarana beropini
Kita dapat dengan mudah mengutarakan opini kita ke publik dengan menggunakan sarana blog dan website. Hal ini akan membuat opini kita dapat diketahui oleh lebih banyak orang. Banyak kegiatan kampanye yang dilakukan melalui blog dan website agar mendapatkan respon yang lebih baik dan diketahui oleh lebih banyak orang.
3.    Salah satu cara mendapatkan penghasilan
Blog dan website juga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan. Anda dapat menggunakan blog sebagai sarana bisnis yang menguntungkan.


Nah itu tadi bahasan mengenai pengertian blog dan website serta manfaatnya. Dengan belajar mengenai blog dan website, semoga dapat membuat Anda mengerti dan menggunakan blog dan website dengan bijak. Ada banyak hal positif dan ilmu yang bermanfaat yang dapat Anda dapatan dari keduanya. Jangan salah gunakan hal tersebut untuk berbagai kepentingan yang tidak bermanfaat atau merugikan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Blog dan Website Serta Manfaat Dan Kegunaanya"