Cara Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Sesuai Prosedur Yang Benar

Cara menghidupkan komputer sebenarnya sangat mudah sekali. Namun bagi anda yang pertama kali belajar komputer. Inilah hal penting yang harus anda ketahui. Pelajaran pertama praktek komputer setelah pengenalan bagian - bagian komputer adalah tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan petunjuk dan prosedur yang benar.

Cara Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Sesuai Prosedur Yang Benar


Oleh karena itu, pada kesempatan ini bisakomputer.id akan membahas materi belajar komputer yang sangat dasar tentang pengoperasian komputer yaitu cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar. Hal ini sangat penting sekali karena akan berpengaruh terhadap kondisi komputer anda.

Baca Sebelumnya : Cara Belajar Komputer Secara Otodidak


Langkah Menghidupkan Komputer


Berikut ini adalah cara menghidupkan komputer atau laptop dengan prosedur yang benar.

1. Pertama pastikan kabel power sudah terpasang dengan benar pada stabilizer atau UPS dan terhubung pada stop kontak listrik rumah anda
2. Hidupkan stabilizer atau UPS dengan menekan saklar pada posisi on
3. Hidupkan monitor komputer dengan menekan tombol power
4. Tekan tombol power pada CPU untuk menghidupkan komputer.
5. Tunggu hingga proses boating selesai dan komputer nyala dan masuk ke sistem operasi windows.
6. Komputer siap digunakan

Langkah tersebut juga sama ketika anda bukan pengguna kompuer PC, tetapi laptop. Cara dan prosedurnya sama saja. Hanya sedikit berbeda karena, laptop tidak memerlukan stabilizer atau UPS. Langkahnya lebih mudah,

Cara Menghidupkan Laptop


1. Buka monitor laptop dan pastikan baterai tidak dalam kondisi kosong
2. Carilah tombol power, biasanya terletak di bagian atas keyboard sebelah kanan atau kiri tergantung dari merk laptop
3. Tekan tombol power sekali, dan tidak perlu terlalu keras karena cukup sensitif. Bila laptop anda tidak nyala saat anda menekan tombol power bisa jadi baterai laptop anda kosong. Maka segera hubungkan dengan charger agar baterai terisi.
4. Tunggu hingga proses boating selesai dan laptop masuk ke sistem operasi windows.
5. Laptop siap digunakan

Kurang lebih begitu cara untuk menghidupkan komputer dengan benar. Tidak sulit, karena hampir semua perangkat komputer dihidupkan dengan cara menekan tombol power yang tersedia pada alat tersebut. Yang terpenting dan perlu diperhatikan adala tentang cara mematikan laptop atau komputer. Karena bila ini tidak dilakukan dengan prosedur yang benar bisa berdampak buruk pada komputer anda cepat atau lambat.

Cara Mematikan Komputer / Laptop Dengan Prosedur Yang Benar


Pembahasan kita kali ini adalah tentang cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai prosedur. Setelah tadi anda belajar cara menghidupkan komputer dengan benar, sekarang tinggal langkah - langkah mematikan komputer seduai dengan prosedur.

1. Ketika anda ingin mengahiri pekerjaan anda dan mematikan komputer, close semua program yang aktif di komputer anda.
2. Selanjutnya klik "start menu" atau tombol berlogo windows yang ada di pojok kiri bawah.
3. Pilih dengan cara klik "shut dwon" 

Tentang cara menmatikan komputer antara komputer PC atau laptop sama sekali tidak ada bedanya. Hanya saja mungkin perbedaan hanya pada tampilannya saja. Namun untuk langkah - langkahnya sama saja. 

Sudah tahukah anda sekarang bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar ? Silahkan anda praktekan pada komputer atau laptop yang anda miliki dan anda siapkan untuk belajar. Sekian dan semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Sesuai Prosedur Yang Benar"