Inilah Bagian Bagian Komputer dan Berbagai Fungsinya Lengkap

Komputer merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan kita mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus.Di dalamnya kita dapat melakukan banyak hal mulai dari membuat dokumen, presentasi, berselancar di dunia maya, memutar lagu dan video, membuat grafik, menggambar, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan komputer.

Bagian bagian komputer sendiri terbagi menjadi dua kelompok besar.Bagian hardware dan bagian software. Di sini, kami akan bahas mengenai perangkat hardware penyusun komputer. Bagian bagian komputer dan fungsinya beserta gambarnya banyak dicari oleh masyarakat karena banyak yang ingin tahu sebenarnya apa saja penyusun komputer tersebut. Apasaja yang dibutuhkan agar seperangkat komputer dapat bekerja. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja bagian penyusun komputer dan apa saja fungsinya, di sini akan kami bahas dengan lengkap.

Bagian bagian komputer dan fungsinya


Dengan mengetahui berbagai bagian yang dibutuhkan membuat sebuah komputer, kita dapat belajar untuk merakitnya sendiri lho! Wah menarik sekali ya? Nah, sebelum belajar merakit komputer, tentunya kita harus belajar dan mengenal lebih dekat apa saja yang menyusun komputer terlebih dahulu. Kami membahas bagian bagian komputer lengkap, sehingga Anda dapat memahami tiap bagiannya dengan lebih mudah.Adapun perangkat penyusun komputer atau yang biasa disebut hardware terbagi menjadi 3 kelompok.3 kelompok tersebut adalah sebagai berikut.

1. Perangkat masukan atau inputdevice

Yang dimaksud dengan perangkat masukan adalah bagian perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai alat memasukan data.Adapun data yang dapat dimasukan ke dalam komputer dapat berupa tulisan, gambar, musik, video, dan sebagainya.Berikut adalah bagian bagian perangkat komputer yang termasuk perangkat masukan.

# Mouse


Mouse adalah alat yang digunakan sebagai penggerak kursor dalam perangkat komputer.Kursor tersebut dapat menjalankan perintah sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggerakan mouse tersebut kearah yang diinginkan dan meng-klik untuk memberikan perintah atau menyetujui perintah tersebut.Mousemenjadi perangkat yang harus ada dalam sebuah komputer.

# Keyboard

Keyboard digunakan untuk memasukkan perintah berupa teks dan angka ke dalam perangkat komputer.Keyboard juga dapat mengganti sebagian fungsi mouse dan memberikan berbagai perintah dengan mengombinasikan beberapa tuts.Keyboard juga sebuah perangkat komputer yang harus Anda.

Baca Juga : Fungsi Keyboard Dan Mouse

# Webcam


Webcam digunakan untuk melakukan kegiatan mengambil gambar langsung dengan komputer.Webcam juga dapat digunakan sebagai sara untuk melakukan panggilan video melalui internet.

# Scanner

Scanner digunakan untuk memasukan gambar ke dalam komputer.Fungsinya menyerupai alat fotokopi. Hanya saja gambar yang di salin akan masuk ke dalam komputer dalam bentuk file foto misalnya JPEG.

# Light pen

Light pen biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk menggambar langsung pada komputer.

# Touch screen

Semakin berkembangnya zaman, kini juga hadir touch screen atau layar sentuh yang dapat digunakan selain sebagai layar juga sebagai sarana untuk menginput data.Kita tinggal menyentuh bagian yang ingin Anda tuju tanpa perlu menggunakan mouse.Anda juga dapat memasukan data tanpa menggunakan keyboard fisik.Hal ini membuat penyelesaian pekerjaan menjadi semakin mudah dan cepat bagi beberapa orang.

# Joystick

Jika Anda senang bermain game, Anda dapat memainkan game di komputer menggunakan joystick. Anda dapat memasukan perintah yang diinginkan pada game yang Anda mainkan dengan menggunakan joystick tersebut.

# Barcode reader

Bagi para kasir, Anda pasti sudah mengenal barcode reader.Alat ini dapat membaca barcode dan memasukan dara yang sesuai dengan barcode tersebut ke dalam komputer.

2. Perangkat keluaran atau outputdevice

Yang dimaksud dengan perangkat keluaran adalah perangkat yang memiliki fungsi sebagai alat yang mengeluarkan data dari komputer.Bagian bagian komputer tersebut memiliki fungsi untuk menampung data yang diperoleh atau yang masuk ke dalam sistem komputer dan mengeluarkannya sesuai dengan bentuk dan perintah yang diinginkan.Adapun bagian bagian perangkat komputer tersebut adalah sebagai berikut.

# Monitor



Monitor adalah bagian yang harus ada dalam sebuah perangkat komputer. Monitor menampilkan gambar serta gambar bergerak yang menunjukkan berbagai hal yang sedang dikerjakan komputer. Tanpa monitor kita tidak dapat melakukan berbagai kegiatan menggunakan komputer.

# Speaker

Speaker adalah sistem keluaran yang mengeluarkan suara hasil dari olah data dalam komputer. Jika kita memutar video, maka suara dalam video tersebut akan terdengar melalui speaker. Ada berbagai jenis speaker yang dapat Anda pilih sesuai selera.Anda juga bisa menggantinya dengan headset jika ingin mendengarkan suara dengan lebih privat dan tidak mengganggu orang disekitar kita.

# Printer

Printer adalah alat yang mengeluarkan print out atau cetakan dari hasil olah data yang kita lakukan. Printerdapat mencetak berbagai jenis data baik berupa tulisan maupun gambar.

3. Perangkat pengolahan data atau CPU

Perangkat pengolahan adalah otak dari komputer.Tanpanya, kita tidak dapat melakukan berbagai kegiatan dengan komputer. Adapun bagian bagiancpu dan fungsinyaadalah sebagai berikut.

# RAM



RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory. RAM berfungsi sebagai alat penyimpan sementara pada sistem komputer pada saat sistem sedang berjalan. Ada berbagai jenis RAM yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

# Harddisk


Harddisk adalah alat dalam perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat tambahan yang digunakan untuk menyimpan data selain RAM. Ada banyak jenis harddisk yang dapat Anda pilih dengan berbagai daya penyimpanan yang dimilikinya.Anda bisa memilih sesuai dengan yang Anda butuhkan.

# Processor
Pada sebuah komputer, processor adalah otak dari komputer tersebut.Tanpa processor kita tidak dapat menjalankan perangkat komputer yang kita miliki.

# Motherboard



Motherboard berbentuk papan yang digunakan untuk menghubungkan semua perangkat dalam CPU.Motherboard adalah lempengan yang sudah didesain sedemikian rupa untuk menginstal berbagai perangkat keras penyususn CP menjadi satu dan bekerja bersama dalam menjalankan sebuah komputer.

# VGA card




VGA card memiliki fungsi untuk mengubah atau melakukan kegiatan menerjemahkan sinyal dalam bentuk digital pada sistem komputer ke dalam bentuk grafis yang kemudian muncul di layar monitor. Tanpa VGA, kegiatan dalam komputer tidak dapat muncul di layar monitor.

# Power supply




Power supply tentunya digunakan sebagai penyalur tenaga listrik untuk menyalakan atau menggerakan sistem komputer.

6# - Casing

Casing adalah wadah dari semua bagian bagian komputer yang tersusun dalam sebuah CPU.

Sebenarnya masih banyak bagian bagian komputer lainnya yang dapat disematkan sebagai penambah kerja komputer seperti USB port, CD atau DVD player, floppy disk port, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Mengenal macam dan jenis perangkat lunak komputer dan fungsinya

Namun dengan meng-install perangkat komputer yang di sebutkan di atas, komputer Anda sudah dapat dijalankan.Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai berbagai bagian hardware dari komputer.

Posting Komentar untuk "Inilah Bagian Bagian Komputer dan Berbagai Fungsinya Lengkap"