Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007 Itu Mudah

Cara membuat tabel pada microsoft word sangat mudah. Hanya dalam hitungan detik anda bisa membuatnya. Cukup menggunakan menu insert tabel yang ada di toolbar, mau tau selengkapnya ? Yuk sekarang kita belajar bersama bagaimana cara membuat tabel pada microsoft word di bisakomputer.id.

Tabel merupakan satu media atau cara penyajian data yang cukup baik. Dengan format tabel orang akan lebih mudah dalam membaca dan memahami apa yang kita maksudkan kepada mereka. Tabel biasanya digunakan untuk menyajikan data ilmiah atau untuk membuat satu kelompok - kelompok hal yang memiliki persamaan atau pebedaan. Yang pasti tabel ini penting, jadi kita harus bisa dan belajar cara membuat dan memodifikasi tabel pada Microsoft Office Word.

Mau langsung uji coba ? Sebentar !!!

Struktur tabel terdiri dari dua jenis. Yaitu kolom dan baris. Mungkin beberapa dari anda belum memahami yang mana yang dimaksud kolom dan mana yang dimaksud baris. Oke, kolom tabel adalah yang membujur horisontal, sedangkan baris adalah yang menurun kebawah. Lihat gambar di bwah ini terlebih dahulu sebelum kita mulai tutorial cara membuat tabel pada microsoft word 2007.



Cara Membuat dan Memodifikasi Tabel Pada Microsoft Office Word 2007


Oke, langsung saja kita mulai tutorialnya. Silahkan siapkan komputer anda dan bila perlu anda sediakan catatan.

1. Nyalakan komputer dan jalankan program Microsoft Office Word. Kebetulan Office yang saya pake 2007. Bagi anda yang menggunakan Office 2010 tidak perlu khawatir karena cara membuat tabel pada microsoft word 2010 sama persis seperti di Office 2007.

2. Dari lembar kerja Word klik tab menu "insert" dan pilih "table", anda bisa gunakan dua cara dalam hal ini. Pertama anda tinggal geser kursor membentuk tabel di atas kotak. (lihat gambar )

cara membuat tabel pada microsoft word

Anda cukup menyesuaikan berapa kolom yang akan anda buat dan berapa baris yang anda butuhkan. Kemudian anda klik saja sekali. Maka tabel anda sudah siap.

3. Cara ke dua, gunakan opsi "insert table"


4. Kemudian akan muncul jendela "insert tabel" silahkan masukkan angka berapa kolom dan baris yang ingin anda buat. Setelah itu klik "Ok"


Gampang sekali bukan ?

Memang hanya seperti itu saja cara membuat tabel pada microsoft word. Hanya saja, tampilan tabel yang kita buat perlu disesuaikan agar terlihat rapi dan menarik.

Banyak sekali fasilitas atau menu - menu yang bisa kita lakukan terhadap tabel yang sudah kita buat. Anda bisa menambah kolom, menambah baris, menghapus kolom atau baris, mengatur lebar kolom, dan juga memberi efek warna shading pada kolom.

Cara membuat dan mengedit tabel pada microsoft word


Membuat tabel sudah kita pelajari, namun mengedit tabel apabila kita pelajari satu persatu akan sangat banyak sekali. Silahkan anda coba anda improve sendiri. Di sini hanya beberapa hal saja yang akan kita bahas.

Mengatur layout dan tampilan tabel sekarang lebih mudah dengan menu yang sudah tersedia. Kita bisa membuat tabel dengan beragam tampilan yang sudah tersedia.


Select tabel dengan mengeklik transisi tabel di bagian ujung atas sebelah kiri. Ketika table sudah terblok maka secara otomatis akan tampil pengaturan layout di menu toolbar.


Anda bisa mengatur style dengan satu kali klik, memberi shading, dan lain sebagainya seperti telihat pada gamabr diatas.

Cara membuat kolom tabel pada microsoft word


Bila anda terlanjur sudah membua tabel dan telah berisi data - data, namun ternyata anda pikir jumlah kolom kurang. Tidak perlu anda ulangi, anda bisa menambahkan kolom di bagian mana saja. Berikut langkahnya.

Menyisipkan kolom di akhir atau di awal atau di tengah kolom lain

  • Arahkan dan letakan kursor di tas kolom terahir hingga kursor berubah menjadi anak panah ke bawah degan warna hitam.
  • Kemudian klik kanan > Insert > Insert Columns to the Right

  • Apabila anda ingin menambahkan kolom di depan, letakan kursor di atas kolom pertama, dengan cara yang sama seperti diatas hanya pilih menu "insert columns to the left"
  • Demikian pula apabila ditengah - tengah. Hanya ada akanan dan kiri saja. Maka kuncinya letakan kursor dengan benar.

Nah kita sudah belajar bagaimana cara membuat tabel pada microsoft word dan beberapa modifikasi dan pengaturannya yang belum semua kita pelajari. Lalu bagaimana cara menghapus tabel yang sudah dibuat ?

Cukup mudah, anda cukup select all seluruh tabel namun hingga ke bawah tabel. Caranya letakan kursor pada baris pertama kolom pertama kemudian geser (drag), hingga sampai di bawah tabel.

Setelah itu anda tekan tombol "delete" pada keyboard komputer anda. Sampai di sini saja dulu belajar microsoft word tentang cara membuat tabel. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga tutorial Microsoft Word yang lain seperti  :

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007 Itu Mudah"