2 Cara Membersihkan Sampah Di Komputer Yang Paling Praktis & Mudah

Cara membersihkan sampah di komputer bisa kita lakukan dengan menggunakan berbagai macam metode. Umumnya kebanyakan orang akan menggunakan software atau perangkat lunak untuk melakukannya. Namun tahukah anda, bahwa sistem operasi (windows) sebenarnya telah menyediakan untuk penggunannya sebuah sistem ini. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pembahasan berikut ini tentang bagaimana cara membersihkan file sampah di komputer paling mudah.

Sebelumnya, tahukah anda apa yang dimaksud sampah komputer itu ? Setiap kali kita melakukan sebuah perintah misalnya, membuka program, menginstall program atau menguninstall, menyimpan dokumen dan sebagainya, itu akan meninggalkan bekas berupa file yang kita istilahkan dengan "sampah komputer". Bila ini berlangsung sangat lama, maka secara otomatis sampah ini akan menumpuk, dan membuat komputer kita menjadi lelet.

Oleh karena itu, perlu kita bersihkan. Caranya ? Cara membersihkan sampah dalam komputer akan kita pelajari bersama pada kesempatan ini. Kita akan belajar dengan metode yang simpel dan mudah serta tidak membutuhkan software pihak ke tiga.

Cara Membersihkan Sampah Komputer Tanpa Software


Sudah sedikit saya jelaskan diatas, bahwa untuk membersihkan sampah di komputer kita bisa menggunakan sistem yang ada pada windows itu sendiri. Ada dua cara yaitu menggunakan tools Disk Cleaner, dan yang satunya dengan menggunakan perintah "Run".

# Cara menghilangkan sampah di komputer dengan Disk Cleaner

Dengan sistem yang sudah tersedia di windows kita bisa membersihkan sampah - sampah di komputer kita. Caranya cukup mudah. Jalankan program atau tools tersebut.

1. Klik start menu >> Accesories >> sistem tools >> Disk Cleanup

cara membersihkan sampah di komputer

2. Kemudian setelah itu, pilih Direktori mana yang akan anda bersihkan, mulai saja dari sistem "C", kemudian klik "Ok"

cara membersihkan sampah di komputer

3. Setelah itu program akan melakukan scaning untuk mencari file - file yang termasuk sampah di pada direktori tersbut.

cara membersihkan sampah di komputer

4. Lihat pada gambar diatas, di dalam kotak yang sudah saya tandai dengan kotak merah terdapat beberapa file. Beri tanda centang di semua file tersebut dan kemudian klik "OK'.

Nah itulah salah satu metode atau cara yang bisa kita gunakan untuk membersihkan file - file sampah di komputer. Sebenarnya ada satu lagi cara yaitu dengan menggunakan "Run". Caranya juga tidak sulit. Oke langsung saja kita lanjutkan tutorialnya.

# Cara menghapus sampah internet di komputer dengan "Run"

1. Dengan keyboard komputer anda tekan " windows + R".


2. Kemudian dari situ silahkan anda ketik "%temp% kemudian klik "OK". Setelah itu akan muncul file - file temporary di komputer kita. Select All ( CTRL + A) kemudian klik "Delet"


Nah, yang ini lebih praktis lagi kan. Di komputer saya memang tidak terlalu banyak filenya karena jarang dipakai.

Baca juga tutorial komputer lainnya seperti :


Mungkin demikian saja yang bisa saya bagikan kepada anda pada kesempatan ini. Mudah - mudahan tutorial komputer tentang cara membersihkan sampah pada komputer ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Sekian dan jangan lupa, baca juga tutorial lain yang tidak kalah penting.

Posting Komentar untuk "2 Cara Membersihkan Sampah Di Komputer Yang Paling Praktis & Mudah"